10 Persyaratan Menjadi Bidan Yang Perlu Kamu Persiapkan

Anda harus memenuhi syarat untuk menjadi bidan jika ingin profesi ini sebagai pekerjaan masa depan. Sebab, seorang bidan memerlukan syarat-syarat tertentu agar bisa mendampingi calon ibu yang akan melahirkan dengan baik. Berikut beberapa persyaratan yang harus Anda miliki:

1. Mempersiapkan diri menghadapi perubahan hidup sebagai bidan

Syarat utama menjadi bidan adalah mempersiapkan diri terlebih dahulu, karena dengan menjadi bidan kehidupan anda tidak akan sama seperti dulu. Jika sebelumnya Anda lebih santai, maka setelah menjadi bidan akan banyak pekerjaan yang harus ditanggung. Hal ini akan disertai dengan tanggung jawab yang besar.

2. Pahami Dengan Baik Peran Seorang Bidan

Sejak berabad-abad yang lalu kiprah bidan telah ada dan berperan dalam mendampingi ibu hamil dalam proses persalinan. Jadi, peran penting seorang bidan adalah mendampingi ibu dalam proses kehamilan atau persalinan maupun setelah melahirkan.

3. Sehat Jasmani dan Jiwa

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Pasalnya pekerjaan seorang bidan mempunyai banyak pekerjaan dan terkadang harus menghadapi berbagai kondisi yang penuh tekanan.

4. Kehati-hatian Dan Perhatian

Menjadi seorang bidan juga harus penuh ketelitian dan perhatian. Anda harus memperhatikan kesehatan pasien. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa seorang bidan harus cerewet dalam merawat pasien.

5. Mampu Mengambil Tindakan Saat Kritis

Syarat lain untuk menjadi bidan adalah harus mampu mengambil tindakan di saat kritis. Pengambilan keputusan seperti ini terkadang diperlukan ketika menangani pasien yang melahirkan. Sebab tindakan ini akan berdampak pada proses kelahiran serta keselamatan ibu dan bayinya.

6. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Salah satu tugas seorang bidan adalah menyampaikan informasi kepada calon ibu dan ibu, sehingga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, perlu juga disampaikan pilihan melahirkan kepada calon ibu secara detail dan baik.

BACA JUGA   10 Syarat Menjadi Jurnalis Yang Perlu Dipenuhi

7. Menyelesaikan Pendidikan Kebidanan

Untuk menjadi seorang bidan harus menyelesaikan pendidikan kebidanan, minimal harus menyelesaikan program D3. Akan lebih baik lagi jika Anda dapat menyelesaikan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

8. Bergabunglah dengan IBI

IBI merupakan Ikatan Bidan Indonesia sehingga setiap bidan baru dapat resmi menjadi bidan dengan bergabung di IBI. Bergabungnya obligasi ini akan membantu seorang bidan dalam pekerjaannya serta memberikan perlindungan hukum.

9. Memiliki STR

STR merupakan Surat Tanda Pendaftaran yang wajib dimiliki oleh seorang bidan yang ingin membuka praktek sendiri. Surat ini akan memberikan kewenangan kepada Anda untuk membuka praktek atau perawatan di rumah bagi ibu dan bayi.

10. Memiliki pengalaman

Anda bisa mendapatkan pengalaman menjadi bidan dengan mengikuti program bidan atau menjadi asisten bidan. Magang bisa dilakukan saat masih dalam masa pendidikan. Sedangkan asisten kebidanan bisa Anda lakukan setelah mendapat ijazah kebidanan.

Menjadi seorang bidan bukanlah hal yang mudah. Semua syarat menjadi bidan di atas harus Anda perhatikan dan penuhi agar Anda bisa menjalani prosesnya dengan mudah dan lancar. Semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *