10 Pertanyaan Untuk Dosen Pembimbing Akademik Atau Dosen PA

Saat Anda mulai kuliah, pembimbing akademik adalah orang yang pertama kali Anda temui. Dosen pembimbing akademik akan menjelaskan banyak hal mengenai program studi yang Anda ambil, sistem pendidikan di perguruan tinggi terkait, aturan dan kebijakan PT, termasuk rencana studi Anda ke depan. Jika masih bingung, berikut jawaban pertanyaan untuk dosen pembimbing akademik.

Agar Anda dapat memulai perkuliahan dengan lancar, maka cari tahu jawaban dari berbagai pertanyaan dosen pembimbing akademik yang sering ditanyakan di bawah ini:

1. Apa yang dimaksud dengan dosen PA?

Pengawas akademik atau PA adalah dosen yang ditunjuk oleh rektor untuk membantu mahasiswa menyelesaikan program studi dengan lebih cepat dan efisien.

2. Bagaimana status dosen PA?

Dosen PA mayoritas merupakan dosen tetap PTN atau PTS, namun ada juga kampus yang memberikan kebijakan agar dosen PA diisi dengan dosen tidak tetap atau kontrak.

3. Apa peran pembimbing akademik?

Berperan besar dalam membimbing, mengarahkan dan mengatasi permasalahan mahasiswa agar tidak terhambat dalam menyelesaikan program pendidikan di kampus.

4. Apa tugas dosen PA?

Tugas dosen PA sangat beragam mulai dari memperkenalkan program studi, memberikan arahan terkait penyelesaian KRS, memberikan gambaran nilai mata kuliah dan rencana studi jangka pendek dan jangka panjang, memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa agar dapat membagi organisasi atau UKM. kegiatan dengan baik, pelaporan pemantauan perkembangan mahasiswa pada dekan, dan sebagainya.

5. Kapan bisa bertemu dengan dosen PA?

Biasanya dosen PA dapat bertemu dengan kelompok mahasiswa bimbingan minimal 4 kali dalam satu semester, yaitu menyelesaikan KRS, sebelum tengah semester, menjelang ujian akhir semester, dan memberikan motivasi kepada mahasiswa bila diperlukan.

BACA JUGA   Todaystopfans Byspotify com, Penjelasan Cara menggunakannya

6. Apakah ada pelatihan untuk dosen PA?

Dosen PA ibarat guru wali kelas di SMA yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik sehingga wajib mengikuti bimbingan dosen PA yang diberikan kampus. Hal ini bertujuan agar dosen PA lebih memahami tugas dan kewajiban mahasiswa yang dibimbingnya.

7. Apakah dosen PA menangani berbagai permasalahan akademik?

Jawabannya iya, dosen PA akan membantu mengatasi permasalahan kesulitan belajar Anda, sistem pembelajaran yang sesuai dengan program studi, menyelesaikan permasalahan dengan nilai buruk, bahkan berkonsultasi dalam pemilihan pembimbing skripsi.

8. Apakah bisa mendiskusikan hal lain dengan dosen PA?

Hal ini bersifat opsional tergantung keterbukaan antara dosen PA dengan mahasiswa, namun dosen PA wajib memantau perkembangan mahasiswa dan mendeteksi permasalahan mahasiswa. Permasalahan non-akademik juga bisa dibicarakan dengan dosen PA, misalnya kesulitan biaya kuliah.

9. Apakah wajib melaporkan hasil pembelajaran kepada dosen PA?

Ya, Anda wajib melaporkan hasil nilai seluruh mata kuliah satu semester kepada dosen PA agar Anda dapat mempersiapkan program KRS semester berikutnya dengan lebih maksimal.

10. Apakah pengisian KRS berikutnya dapat dilakukan tanpa berkonsultasi dengan dosen PA?

Tentu saja hal itu tidak bisa dilakukan karena KRS tidak akan disetujui tanpa persetujuan dosen PA yang membantu program studi Anda dengan memperhitungkan bobot SKS setiap mata kuliah.

Sekarang kamu sudah paham kan jawaban dari berbagai pertanyaan dosen pembimbing akademik yang sering ditanyakan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *