10 Syarat Menjadi Guru Yang Perlu Kamu Persiapkan

Setiap jenis profesi pasti memiliki tantangan tersendiri yang harus Anda taklukkan. Salah satunya tenaga pengajar atau guru, ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Berikut syarat menjadi guru yang perlu Anda persiapkan sedini mungkin.

1. Memiliki Ijazah

Syarat utama yang tentunya harus Anda penuhi adalah ijazah. Paling tidak, Anda harus memiliki gelar sarjana untuk jurusan pendidikan sesuai bidang yang ingin Anda tekuni. Syarat pendidikan ini paling penting karena jika tidak memiliki maka tidak bisa menjadi guru.

2. Sehat

Sebagai seorang guru, Anda harus sehat jasmani dan rohani. Pemilihan guru juga akan memperhatikan aspek ini. Anda harus bisa membuktikan bahwa Anda dalam keadaan sehat jiwa dan raga.

3. Mampu Bersikap Adil

Jika Anda ingin menjadi guru di masa depan, belajarlah bersikap adil. Sebagai seorang guru, Anda harus memperlakukan semua siswa dengan adil. Sikap ini mungkin sulit untuk diterapkan, jadi penting untuk mempraktikkannya sejak usia dini.

4. Buka

Anda juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang terbuka. Sebisa mungkin Anda harus bisa menerima pendapat orang lain. Anda harus bisa menerima sifat dan karakter setiap siswa. Anda juga harus mau menjadi pendengar yang baik bagi calon siswa Anda.

5. Bijaksana

Salah satu syarat menjadi guru yang juga harus dipenuhi adalah sikap bijak. Anda harus mempunyai sikap bijak dalam segala kondisi. Berlatihlah bersikap dewasa dan bijaksana dalam mengambil keputusan ketika berhadapan dengan siswa.

6. Bersabarlah

Anda juga harus melatih kesabaran. Melatih kesabaran tentu bukan hal yang mudah. Sebagai seorang guru nantinya kamu akan mendapat banyak ujian kesabaran, jadi persiapkan kesabaranmu mulai dari sekarang.

BACA JUGA   Cara Memperbaiki TV Sharp yang Tidak Ada Gambarnya

7. Ingin Terus Belajar

Syarat berikutnya yang harus Anda penuhi adalah kemauan untuk selalu belajar. Perlu anda sadari bahwa sebagai seorang guru anda harus selalu update informasi dan ilmu pengetahuan. Kesediaan belajar ini harus terus dimiliki demi masa depan anak didik Anda.

8. Memahami Karakter Siswa

Anda harus belajar memahami seperti apa karakter siswa. Berlatihlah membaca seperti apa karakter seseorang. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mendidik siswa Anda secara maksimal.

9. Bersikaplah konsisten

Sebagai seorang guru, konsistensi sangat diperlukan. Anda harus berlatih menjadi pribadi yang konsisten agar siswa Anda bisa mencontohnya kelak. Miliki pendirian yang tegas agar peran Anda sebagai guru tidak diremehkan.

10. Hal-hal yang Harus Diproses

Guru harus mengutamakan suatu proses di atas hasil akhir atau nilai yang telah dicapai siswa. Guru harus bisa mengapresiasi proses yang dilalui siswanya, bukan sekedar melihat hasil yang dicapai.

Itulah syarat menjadi seorang guru yang harus Anda penuhi. Sebagai seorang guru, Anda harus bisa memberikan contoh yang baik kepada siswa Anda nantinya. Jika profesi guru memang menjadi impian Anda, persiapkan segala persyaratan tersebut sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *