Agar Bisa Menekuni Profesi Ini, Penuhi Syarat Menjadi Akuntan Berikut!

Menekuni profesi akuntansi bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Profesi ini sangat populer di Indonesia dan merupakan salah satu jenis profesi yang memiliki gengsi tinggi. Agar Anda bisa menekuni profesi tersebut, berikut syarat menjadi seorang akuntan yang perlu Anda penuhi:

1. Tertarik pada Akuntansi

Syarat pertama untuk menjadi seorang akuntan tentunya adalah memiliki minat di bidang akuntansi. Ini merupakan kebutuhan penting yang sebenarnya tidak hanya berlaku bagi akuntan saja namun juga bagi profesi lainnya. Anda harus memiliki minat terhadap bidang yang akan Anda tekuni.

2. Pendidikan Sarjana

Untuk menjadi seorang akuntan, Anda harus lulus terlebih dahulu. Jurusan yang diambil tentunya adalah jurusan akuntansi. Namun saat ini tidak semua akuntan wajib lulusan sarjana akuntansi, bisa juga dari disiplin ilmu lain yang relevan.

3. Lulus Sertifikasi CA Indonesia

Jika ingin menjadi akuntan harus lulus sertifikasi CA Indonesia. CA adalah kependekan dari Chartered Accountant. Sertifikat CA nantinya akan diberikan kepada orang-orang yang telah memenuhi kualifikasi untuk bekerja sebagai akuntan profesional.

4. Memiliki Akurasi Tinggi

Syarat menjadi akuntan selanjutnya adalah memiliki ketelitian yang tinggi. Pekerjaan akuntansi ini sangat memerlukan ketelitian. Otomatis Anda harus teliti agar bisa menyelesaikan tugas akuntan dengan baik.

5. Memiliki Integritas

Anda juga harus memiliki integritas yang tinggi jika ingin bekerja sebagai akuntan. Akuntan membutuhkan integritas yang kuat agar dapat dipercaya oleh perusahaan atau instansi terkait yang menggunakan jasanya.

6. Mampu Melakukan Analisa

Sebagai seorang akuntan, Anda harus mampu melakukan analisis yang akurat. Nantinya akuntan tidak hanya menyiapkan laporan keuangan tetapi juga menganalisis laporan tersebut.

7. Jujur dan Bertanggung Jawab

Syarat lain yang perlu dipenuhi jika ingin bekerja sebagai akuntan adalah memiliki sikap jujur ​​dan rasa tanggung jawab. Kejujuran dan tanggung jawab sangat penting untuk dimiliki oleh seorang akuntan karena pekerjaannya erat kaitannya dengan laporan keuangan.

BACA JUGA   10 Alasan Menjadi Perawat Adalah Pilihan Yang Tepat

8. Mampu Bekerja Di Bawah Tekanan

Calon akuntan juga harus memiliki kemampuan bekerja di bawah tekanan. Akuntan mempunyai tugas berat dalam menyusun laporan dan menyiapkan penyelesaian pajak. Jadi Anda benar-benar harus bersiap menghadapi tenggat waktu yang ketat dan tekanan dari perusahaan dan klien.

9. Memiliki Keterampilan Numerik yang Baik

Akuntan harus memiliki kemampuan berhitung yang baik. Hal ini jelas karena tugas seorang akuntan erat kaitannya dengan perhitungan dan keuangan. Jadi akuntan harus teliti dan mampu menghitung dengan cermat.

10. Bisa Berpikir Logis

Tidak hanya memiliki kemampuan berhitung, seorang akuntan juga harus memiliki kemampuan berpikir logis. Kemampuan ini diperlukan agar akuntan juga dapat melakukan analisis dan evaluasi terhadap anggaran atau keuangan suatu perusahaan.

Itulah syarat menjadi seorang akuntan yang penting untuk Anda ketahui. Jika Anda benar-benar ingin menekuni profesi ini maka penuhi persyaratan berikut. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin agar bisa menjadi seorang akuntan yang handal dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *