Baru Lulus? Ini Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan Pesantren

Terkadang masyarakat kerap melabeli santri sebagai ustadz setelah lulus dari pesantren. Jangan langsung berpikir santri tidak bisa bekerja setelah lulus dari pesantren lho! Pasalnya, siswa mempunyai peluang untuk memiliki karir yang tidak kalah mentereng dibandingkan lulusan sekolah formal lainnya. Bisa sukses dunia dan akhirat sama-sama, kenapa tidak? Berikut rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk lulusan pesantren.

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Pesantren Masa Kini

Di pesantren modern tidak hanya diberikan ilmu agama saja, santri juga dibekali dengan ilmu umum, kepemimpinan, kewirausahaan, dan lain-lain. Tidak perlu bingung dan ragu masa depan bisa direncanakan dengan baik, maka berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan pesantren, yaitu:

1. Hari

Jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ilmu yang bermanfaat dan ingin memberikan sumbangan amal, maka jadilah seorang khatib atau penceramah.

2. Guru agama

Cocok bagi Anda yang ingin mengajarkan ilmu akademik terkait agama di sekolah negeri maupun sekolah khusus Islam. Entah itu guru agama honorer atau PNS, kamu bisa mengawali pengabdianmu dari sekarang!

3. Staf administrasi organisasi Islam

Anda bisa menjadi anggota staf administrasi di organisasi Islam, kantor atau toko yang kualifikasinya lebih umum. Lulusan Pondok Pesantren Sederajat SMA/SMK bisa menjalankan kegiatan administrasi perkantoran, ulet dan teliti dalam membuat jadwal rapat hingga korespondensi dengan klien, kenapa tidak?

4. Penulis

Suka duka kehidupan selama di pesantren bisa kamu tuliskan di blog pribadi yang akhirnya dimonetisasi atau diterbitkan bukunya sendiri lho!

5. Penerjemah

Jika Anda ahli dalam bahasa Arab dan Inggris, maka Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk bekerja sebagai penerjemah mandiri atau bergabung dengan kelompok penerjemah bahasa asing tertentu.

BACA JUGA   Cara Copy Chat WhatsApp ke HP Lain

6. Editor

Bagi Anda yang bersekolah di pesantren modern dengan menerapkan bahasa Arab dan Inggris, Anda bisa bekerja sebagai editor di publikasi, majalah, televisi nasional, dan media online kekinian.

7. Pembawa acara

Keterampilan berbicara dan komunikasi di pesantren dapat membantu Anda menjadi presenter religi, penyiar dan seseorang yang bekerja di dunia hiburan.

8. Pegawai Negeri Sipil

Tentu saja Anda harus mengikuti rekrutmen yang diadakan oleh instansi pemerintah dengan memastikan Anda melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, minimal D3 atau S1 sesuai prosedur.

9. TNI/POLRI

Lulus pesantren modern yang memiliki sistem pendidikan MA atau sederajat SMA/SMK, maka tetap bisa menjadi anggota TNI/POLRI asalkan memenuhi persyaratan lain, misalnya syarat fisik, lulus tes dan lain sebagainya.

10. Pengusaha

Lulusan pondok bisa berwirausaha sesuai minat masing-masing, misalnya beternak sapi, bertani, berjualan online shop, dan lain sebagainya.

Nah, siapa bilang lulusan pesantren tidak bisa bekerja di masa depan? Anda mempunyai peluang kerja yang cocok untuk lulusan pesantren asal ada tekad dan kerja keras melakukan pekerjaan halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *