Biar Paham, Ini 10 Perbedaan Kedokteran Dan Pendidikan Dokter

Tertarik untuk melanjutkan studi di bidang kedokteran atau kesehatan? Mengambil jurusan pendidikan kedokteran dan kedokteran bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menemukan keduanya di Fakultas Kedokteran. Yuk, cari tahu apa saja perbedaan kedokteran dan pendidikan kedokteran sebagai bahan pertimbangannya!

1. Pengertian Kedokteran

Kedokteran merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan dan seni yang membahas tentang penyakit dan cara penyembuhannya. Cakupannya sangat luas berkaitan dengan kondisi tubuh manusia secara keseluruhan dan berbagai jenis penyakit yang mungkin menyerang.

2. Pengertian Pendidikan Kedokteran

Ini adalah cabang ilmu kedokteran yang kompleks. Bidangnya masih kesehatan dan kedokteran namun tujuan programnya berbeda dari sebelumnya. Disini mahasiswa akan diajak untuk menguasai seluruh topik kesehatan manusia secara menyeluruh dan fokus pada penguasaan teori kedokteran.

3. Sasaran Pendidikan Kedokteran

Program pendidikan kedokteran ditujukan untuk mahasiswa. Artinya, yang bisa mengikuti program ini adalah mahasiswa S1. Program ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang nantinya ingin berprofesi sebagai dokter.

4. Sasaran Program Kedokteran

Lain halnya dengan program kedokteran yang sasarannya adalah para profesional. Bidang studi ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah lulus atau telah menyelesaikan program pendidikan kedokteran. Cakupan bidangnya jauh lebih luas dan praktiknya langsung, tidak hanya sebatas teori.

5. Ruang Lingkup Pendidikan Kedokteran

Perbedaan pendidikan kedokteran dan kedokteran paling mudah dilihat dari ruang lingkup atau cakupannya. Untuk bidang pendidikan kedokteran memang cakupannya lebih kecil karena khusus memberikan pendidikan teori.

6. Ruang Lingkup Program Kedokteran

Jika dibandingkan dengan program pendidikan kedokteran, program kedokteran ini mempunyai cakupan yang jauh lebih luas. Ruang lingkupnya telah mengarah pada profesionalisme. Tidak hanya sebatas belajar teori namun juga langsung mempraktekkan dan mengobati pasien.

BACA JUGA   Wow, Pemprov Sulteng Bakal Bangun Stadion Megah dan Sport Center di Hutan Kota

7. Tahapan Pendidikan Kedokteran

Proses yang harus dilalui mahasiswa selama menjalani program pendidikan kedokteran cukup panjang. Mulai dari semester pertama hingga kelulusan. Dilanjutkan dengan masa co-ass yang terdiri dari beberapa jenis tahapan lagi.

8. Tahapan Program Kedokteran

Untuk program kedokterannya sendiri tahapannya memang tidak terlalu banyak. Hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya terasa lebih lama karena cakupannya yang lebih kompleks.

9. Fokus pada Pendidikan Kedokteran

Dalam program pendidikan kedokteran, Anda akan lebih fokus pada diri sendiri. Artinya, Anda lebih fokus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan Anda sendiri di dunia medis.

10. Fokus Program Kedokteran

Berbeda dengan program kedokteran yang jauh lebih fokus pada pasien. Sudah melayani pasien secara langsung, program ini akan lebih fokus pada pengobatannya.

Itulah perbedaan antara kedokteran dan pendidikan kedokteran. Pada dasarnya jika ingin menjadi seorang dokter harus melalui dua proses tersebut. Pertama, Anda harus menempuh pendidikan kedokteran kemudian menjalani program kedokteran agar bisa menjadi dokter profesional dan bekerja di rumah sakit yang merawat pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *