Biar Tidak Salah, Pelajari Tugas Moderator Dalam Seminar Ini

Dalam sebuah seminar terdapat beberapa pihak yang bertugas menjalankan fungsinya masing-masing. Selain pembicara dan peserta, terdapat moderator yang berperan penting dalam jalannya seminar. Berikut tugas moderator dalam seminar yang perlu dipahami dengan baik:

1. Seminar Pembukaan

Moderatornya adalah pihak yang membuka seminar. Moderator akan memulai seminar atau diskusi agar peserta dan pembicara dapat langsung mengikuti acara. Kelancaran acara seminar akan sangat bergantung pada pembukaan yang dilakukan oleh moderator.

2. Memperkenalkan Pembicara

Usai membuka seminar, moderator akan memperkenalkan narasumber kepada seluruh peserta. Hal ini penting dilakukan agar peserta dapat mengetahui siapa saja yang akan memberikan materi pada seminar tersebut.

3. Menyampaikan Garis Besar Isi Seminar

Sebelum seminar dimulai, moderator akan menyampaikan garis besar isi seminar. Moderator inilah yang akan memberikan informasi mengenai diskusi dan tujuan diadakannya seminar. Informasi ini akan sangat membantu peserta untuk lebih mudah memahami materi seminar dengan baik.

4. Memberikan waktu kepada narasumber atau narasumber

Seorang moderator juga bertugas memberikan waktu kepada narasumber atau pembicara. Waktu yang dimaksud di sini adalah waktu pemberian materi dan diskusi terbuka. Sebelum diundang oleh moderator, narasumber tidak akan bisa membuka materi.

5. Berikan Sinyal Berhenti kepada Pembicara

Selama berlangsungnya seminar yang disampaikan oleh pembicara, moderator harus diam dan mendengarkan. Jika waktu pembicara sudah habis, moderator bertugas memberi isyarat. Sederhananya, moderator harus memperingatkan pembicara agar segera mengakhiri seminar.

6. Menjaga Seminar Tetap Tenang

Peran moderator dalam seminar sangat penting karena berkaitan langsung dengan kelancaran seminar. Seorang moderator mempunyai tanggung jawab untuk menjaga ruang seminar tetap tenang. Jika ada peserta yang membuat keributan maka moderator wajib menanganinya.

BACA JUGA   Berapa sih insentif daerah dalam program PGDS?

7. Ruang Pertanyaan Terbuka

Dalam sebuah seminar biasanya akan ada sesi tanya jawab bagi para pesertanya. Sesi ini akan dibuka oleh moderator. Peserta seminar baru bisa mulai menanyakan apakah moderator sudah membuka kesempatan.

8. Mengendalikan Suasana Seminar

Seorang moderator juga harus menguasai suasana atau kondisi seminar. Apabila ada pertanyaan peserta yang menyimpang maka moderator wajib memberikan peringatan. Selain itu, moderator juga harus memastikan pertanyaan peserta dijawab secara lengkap oleh pembicara.

9. Menyampaikan Kesimpulan Seminar

Moderator bertugas menyampaikan kesimpulan dari seminar yang baru saja berlangsung. Kesimpulan ini menjadi poin penting yang harus disampaikan agar peserta dapat memahami garis besar seminar yang baru saja mereka ikuti.

10. Penutupan Seminar

Seminar dibuka oleh moderator, begitu pula penutupannya. Moderator bertugas menutup seminar dengan cara yang menyenangkan dan efektif tanpa ribet.

Itulah tugas moderator dalam seminar yang penting untuk diketahui. Jelas bahwa moderator mempunyai banyak tugas dalam sebuah seminar. Kelancaran seminar tidak dapat tercapai tanpa seorang moderator yang menjalankan tugasnya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *