Rekomendasi Website Freelancer Indonesia Tahun 2023

Website Freelancer Indonesia – Pekerja lepas atau freelance belakangan menjadi profesi yang banyak diidamkan anak muda. Fleksibilitas adalah salah satu alasannya.

Dengan menjadi pekerja lepas kita bisa memilih pekerjaan yang disukai. Selain itu, kita juga punya kemampuan mengatur berapa tarif untuk menggunakan jasa kita sebagai pekerja lepas.

Freelancer bisanya menawarkan jasanya di sosial media seperti instagram, facebook dan youtube. Namun ada juga yang menggunakan website freelancer untuk mendapatkan job.

website freelancer indonesia

Ada banyak website pekerja lepas di internet, tapi kebanyakan berasa dari luar negeri. Karena menggunakan website dari luar negeri, kemungkinan client yang didapat juga orang luar negeri.

Hal tersebut menjadi masalah bagi sebagian freelancer Indonesia yang kurang mahir berbahasa Inggris. Karena akan menyulitkan ketika berkomunikasi dengan client.

Selain itu, situs freelance luar negeri juga memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Hampir mustahil bagi freelancer indonesia pemula untuk mendapatkan job di sana.

Rekomendasi Website untuk Freelacer Indonesia

Untungnya sekarang ada website freelancer Indonesia yang dibuat oleh orang Indonesia dan digunakan oleh orang Indonesia. Sehingga freelancer pemula yang kurang mahir berbahasa Inggris tidak lagi kesulitan berkomunikasi dengan client. Berikut ini daftar situs webnya.

Freelancer.co.id

freelancer.co.id
freelancer.co.id

Freelancer.co.id adalah versi regional Indonesia dari situs web freelancer.com. Situs web tersebut sangat cocok digunakan sebagai website  frelancer Indonesia.

Freelancer.co.id bertujuan untuk membantu pekerja lepas atau “freelancer” untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka, sekaligus membantu pelanggan menemukan penyedia jasa yang tepat untuk kebutuhan mereka.

Ada banyak job yang bisa kita tawarkan di freelancer.co.id,  mulai dari desain grafis, penerjemah, penulisan artikel, hingga pemrograman komputer.

Bayaran dari job di freelancer.co.id lumayan besar, bisa mencapai $600 atau sekitar 9 juta rupiah untuk satu project. Meski begitu, besarnya bayaran yang didapat tergantung project yang kita kerjakan dan kesepakatan dengan client.

Sribu

sribu

Sribu atau Sribulancer sudah menjadi website andalan freelancer Indonesia. Platform freelancer ini didirikan sejak tahun 2014 lalu, dan sudah melayani jutaan pelanggan.

Sribu dan Sribulancer tadinya dua platform yang berbeda, awalnya sribu berfokus pada pekerjaan desain grafis, sedangkan sribulancer membuka peluang untuk semua bidang pekerjaan.

Sribu termasuk platform freelance populer, ada banyak pelanggan yang mencari pekerja disana. Jadi para freelancer punya peluang penghasilan besar diplatform ini.

Sribu memberikan 3 opsi memulai project bagi client, yaitu Kontes, Buat Job, dan Paket. Jika client memilih memulai project dengan cara kontes, maka para freelancer akan berlomba-lomba mengerjakan projec tersebut lalu client akan memilih satu yang terbaik.

Sedangkan jika client memilih mengunakan cara Buat Job, para freelancer yang bersedia mengerjakan project tersebut diminta mengirim lamaran ke client, alu client yang menentukan siapa yang pantas mengerjakan projectnya.

Cara paket adalah ketika client menggunakan paket layanan yang disediakan oleh freelancer tertentu. Jika tertarik menggunakan platform ini, silakan kunjungi sribu.com.

Fastwork

fastwork
fastwork

Fastwork.id adalah sebuah platform online yang menyediakan jasa freelance. Platform ini dapat digunakan oleh perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa dari para freelancer.

Selain itu, Fastwork juga membuka kesempatan untuk mendaftar sebagai freelacer di platfromnya secara gratis.

Salah satu keunggulan dari Fastwork adalah adanya fitur yang memungkinkan para freelancer dan perusahaan untuk mencari dan menemukan jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Fitur ini sangat berguna bagi para perusahaan yang ingin mencari jasa freelance tetapi tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk melakukan pencarian secara manual. Fitur ini juga bisa memberi peluang lebih besar kepada freelancer untuk mendapatkan job.

Di platform ini para freelancer dapat mengelola portofolio dan profil mereka. Hal ini  berguna bagi para freelancer yang ingin menunjukkan kualifikasi dan pengalaman mereka kepada perusahaan yang membutuhkan jasa mereka.

Sistem pembayaran Fastwork juga aman dan terpercaya. Freelancer dapat menerima pembayaran melalui platform ini dan perusahaan dapat membayar jasa yang diterima dengan aman dan terpercaya.

Projects.co.id

projects.co.id

Di kutip dari laman resminya projects.co.id adalah “Project and Digital Product Marketplace” atau tempat transaksi secara online antara owner (pemberi kerja/ pengguna jasa) dan worker/freelancer khususnya Freelancer Indonesia (pekerja/tenaga ahli).

Projects.co.id juga menyediakan tempat untuk terjadinya transaksi penjualan product digital antara seller (penjual product) dan buyer (pembeli product). Projects.co.id bertindak sebagai “Mediator, Fasilitator dan Penjamin”  agar terjadi hubungan kerja yang win-win antara owner dengan worker.

Platform online ini meggabungkan dua konsep yaitu transaksi project antara owner dan worker, juga transaksi jual beli produk digital.

Jadi diprojects.co.id kita tidak hanya bisa menawarkan jasa, kita juga bisa menjual produk digital seperti akun media sosial atau item game.

Alternatif Website Freelancer Indonesia

Website freelancer indonesia memang memudahkan kita untuk mendapatkan client dengan jobs yang mudah, tetapi kekurangannya bayaran di web-web tersebut cenderung kecil jika dibandingkan platform serupa di luar negeri.

Berikut ini beberapa alternatif webiste freelancer jika kamu ingin mencoba peruntungan dan persaingan di pasar internasional:

  1. Upwork: Upwork adalah platform freelance terbesar di dunia, menyediakan jasa dari beragam bidang seperti desain grafis, penulisan, pembuatan website, dan lainnya. Upwork menyediakan fitur yang memungkinkan perusahaan dan freelancer untuk menemukan dan bekerja satu sama lain dengan mudah.
  2. Freelancer.com: Freelancer.com adalah platform freelance yang menawarkan beragam jasa dari para freelancer di seluruh dunia. Platform ini menyediakan fitur yang memungkinkan perusahaan dan freelancer untuk menemukan dan bekerja satu sama lain dengan mudah.
  3. Fiverr: Fiverr adalah platform freelance yang menyediakan jasa yang dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari $5. Platform ini menyediakan beragam jasa seperti desain grafis, penulisan, dan pembuatan website.
  4. PeoplePerHour: PeoplePerHour adalah platform freelance yang menyediakan jasa dari para freelancer yang terverifikasi. Platform ini menyediakan fitur yang memungkinkan perusahaan dan freelancer untuk menemukan dan bekerja satu sama lain dengan mudah.
  5. Guru.com: Guru.com adalah platform freelance yang menyediakan jasa dari para freelancer yang berpengalaman dan terverifikasi. Platform ini menyediakan fitur yang memungkinkan perusahaan dan freelancer untuk menemukan dan bekerja satu sama lain dengan mudah.
  6. Toptal: Toptal adalah platform freelance yang hanya menyediakan jasa dari para freelancer yang berpengalaman dan terverifikasi. Platform ini menyediakan jasa dalam bidang teknologi seperti pengembangan web dan mobile, desain UI/UX, dan pemrograman.

Semua website freelancer di atas memiliki keunggulan masing-masing. Silakan kamu pilih salah satu atau beberapa situs web yang paling cocok dengan mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *