CARA MENGATASI TEGANGAN G2 SCREEN YANG HILANG PADA TV

Buat voltase tampilan ||: Seperti yang sudah kita ketahui, tampilan/tegangan G2 harus ada di TV. Normalnya tegangan layar bervariasi antara 180-400 vdc, jika tegangan turun atau bahkan hilang maka akan menyebabkan tv menjadi redup dan gelap.

Hilangnya voltase layar G2 disebabkan oleh beberapa keadaan

  • Flyback rusak. Untuk mengetahui apakah flyback rusak, Anda dapat melepas kabel display dari PCB RGB dan kemudian memeriksa voltase display. (jika vcc sekitar 180-400vdc berarti Flyback normal, jika jatuh kemungkinan Flyback rusak)

  • Kapasitor pendek. Ada kapasitor yang terhubung ke ground dengan nilai sekitar 472/3kV. Kerusakan pada kapasitor ini dapat menyebabkan tegangan G2 turun.

  • G2 pendek dengan Ground. Masalah seperti itu dapat diatasi dengan menembakkan botol, Anda dapat memeriksa artikel saya sebelumnya tentang cara menembakkan botol. Atau bisa menggunakan cara lain, lepas dulu soket PCB RGB pada tabung CRT, cabut kabel G2 dan dekatkan kabel ini ke G2, lalu hidupkan TV.

Jika G2 hilang karena salah loncatan, agar tegangan screen tidak padam, kita bisa membuat tegangan alternatif dari yoke horizontal. Berikut skemanya

Rangkaian diatas merupakan tegangan bolak-balik yang diambil dari kabel yoke horizontal berwarna merah yang dirangkai seri dengan dioda dan 2 buah resistor. Banyak teknisi TV CRT menggunakan rangkaian di atas untuk mengatasi drop tegangan layar G2.

TERIMA KASIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *