10 Alasan Menjadi Psikiater Adalah Pilihan Yang Tepat

Psikiatri merupakan program peminatan yang kurang diminati dibandingkan jurusan spesialis lainnya, seperti Ilmu Penyakit Dalam, Bedah dan lain-lain. Bukan tanpa alasan Anda memilih mengambil jurusan psikiatri setelah mendapatkan gelar dokter umum nantinya. Agar Anda semakin yakin untuk mengambil dokter spesialis ini, berikut referensi alasan menjadi psikiater yang wajib Anda perhatikan.

Alasan menjadi psikiater bisa memberikan Anda inspirasi

Tidak semua orang menganggap alasan menjadi psikiater sesuai dengan minatnya selama menempuh pendidikan Kedokteran Umum. Sebelum berpikiran negatif terhadap PPDS atau Program Pendidikan Dokter Spesialis Psikiatri, simak alasannya berikut ini:

1. Prospek kerja di Indonesia

Indonesia masih kekurangan tenaga psikiater di berbagai daerah, bahkan ada provinsi yang belum memiliki psikiater sama sekali. Potensi Anda untuk segera bekerja sebagai psikiater di bidangnya sangat besar setelah lulus PPDS nanti.

2. Dapat bekerja di rumah sakit pemerintah atau swasta

Anda bisa bekerja di rumah sakit pemerintah atau swasta di Indonesia, bahkan memiliki peluang karir di luar negeri.

3. Dapat membuka klinik sendiri

Setelah lulus dan mendapatkan gelar sebagai psikiater berlisensi, Anda bisa membuka klinik untuk menangani gangguan jiwa secara medis.

4. Gaji yang cukup tinggi

Rata-rata gaji psikiater di Indonesia berkisar antara 8-12 juta rupiah, bahkan bisa lebih tergantung profesionalisme dan kebijakan di lapangan.

5. Dapat menjadi penulis atau peneliti aktif

Ada banyak psikiater yang aktif menulis di blog atau membuat buku tentang pengobatan gangguan jiwa atau masalah yang berkaitan dengan kejiwaan seseorang. Anda juga bisa menjadi peneliti aktif yang menghasilkan jurnal ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

6. Dapat berkarir di bidang akademik

Seorang psikiater dapat memilih karir di bidang akademik sebagai guru atau dosen di bidang yang sama.

7. Memiliki kepribadian yang relevan dengan profesinya

Alasan memilih profesi ini karena memiliki minat yang tinggi terhadap pengobatan medis gangguan jiwa dan perilaku seseorang. Anda juga memiliki kepribadian yang relevan dengan profesinya seperti analisis, pemahaman verbal, penalaran, kepekaan terhadap masalah, dan lain-lain.

8. Dapat membantu orang lain yang memerlukan pertolongan

Anda ingin menjadi psikiater karena ingin membantu orang lain yang mengalami masalah kejiwaan agar dapat hidup normal kembali melalui metode pengobatan dan pemberian obat-obatan.

9. Adanya pelatihan tambahan

Psikiatri Forensik, Psikiatri Kecanduan, Psikiatri Anak dan Remaja, Psikiatri Geriatri, dan Psikiatri Psikosomatik merupakan pelatihan tambahan yang dapat Anda ikuti setelah menjalani profesi yang dapat memberikan manfaat bagi penderita gangguan perilaku atau kejiwaan.

10. Dapat membantu program pemerintah mengenai kesehatan jiwa

Gangguan jiwa bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan diperkirakan Indonesia juga rawan mengalami kasus yang sama seperti di luar negeri. Penting sekali untuk memiliki seorang psikiater yang dapat membantu penanganan kesehatan mental agar masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang lebih bahagia.

Beberapa alasan menjadi psikiater dapat menjadi referensi bagi Anda yang tertarik untuk mengambil Program Kedokteran Umum yang diikuti PPDS Psikiatri di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *