10 Fungsi Moderator Dalam Debat Yang Penting Dipahami

Acara debat masih sering diadakan. Dalam kesempatan debat biasanya ada satu topik yang diangkat dan kemudian peserta diminta menyampaikan gagasannya masing-masing. Acara ini juga memerlukan peran moderator agar dapat berjalan dengan lancar. Berikut fungsi moderator dalam suatu debat yang penting untuk dipahami:

1. Membuka Acara Debat

Tugas pertama yang harus diemban oleh seorang moderator adalah membuka perdebatan. Sama seperti moderator seminar, tugas moderator debat adalah memulai acara. Jika tidak diprakarsai oleh moderator, perdebatan tidak akan dimulai.

2. Memperkenalkan Peserta Debat

Selanjutnya moderator akan memperkenalkan peserta debat. Tentu saja peserta debat yang terlibat harus saling mengenal terlebih dahulu. Moderator akan menyampaikan identitas singkat peserta yang mengikuti debat.

3. Jelaskan Aturan Debat

Tugas selanjutnya yang perlu dilakukan moderator adalah menjelaskan aturan debat. Sebuah acara debat pasti mempunyai aturan tersendiri. Aturan-aturan inilah yang nantinya akan mengontrol perdebatan agar berjalan dengan baik dan lancar. Moderator bertugas menjelaskan semua aturan debat secara detail.

4. Menyajikan Topik Debat

Fungsi moderator dalam suatu debat memang sangat penting dan bisa dikatakan bahwa suatu debat tidak dapat berlangsung tanpa kehadiran seorang moderator. Seorang moderator akan bertugas menjelaskan topik perdebatan yang akan diangkat. Pemaparan ini harus dibuat jelas dan ringkas agar mudah dipahami oleh peserta debat.

5. Memberikan Kesempatan Bagi Peserta Debat

Selanjutnya moderator akan memberikan kesempatan kepada peserta debat untuk mulai menyampaikan pendapatnya. Sebelum moderator mulai mengajukan pertanyaan, peserta debat tidak boleh memulai pembicaraan.

6. Mengendalikan Debat agar Berjalan Sesuai Aturan

Moderator juga menjalankan fungsi penting sebagai pengontrol jalannya debat. Moderator akan mengontrol debat agar dapat berjalan lancar sesuai aturan yang telah ditentukan. Jika ada hal-hal yang mengarah pada pelanggaran aturan, maka moderator harus segera mengambil tindakan.

7. Mengarahkan Peserta Keluar dari Topik Debat

Seringkali peserta debat keluar dari topik utama yang diperdebatkan. Jika hal ini terjadi, moderator bertugas mengarahkan peserta kembali ke topik yang diangkat. Pendapat atau pendapat peserta harus tetap sesuai dengan topik perdebatan.

8. Memperingatkan Peserta yang Melanggar Peraturan

Moderator harus memberikan teguran kepada peserta debat yang mulai melanggar peraturan. Dalam sebuah acara debat, seringkali peserta akan melanggar aturan sesuka hati. Agar lebih terkontrol, moderator harus memberikan teguran secara tegas.

9. Menarik Kesimpulan Debat

Setelah waktu debat selesai, moderator bertugas menarik kesimpulan dari debat. Moderator harus mampu menyampaikan kesimpulan akhir dari program debat yang baru saja dipimpinnya.

10. Menutup Debat

Selain membuka perdebatan, moderator juga harus menjalankan fungsi menutup perdebatan. Moderator perlu menutup perdebatan dengan baik dan ringkas. Selain menyampaikan kesimpulan, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh debater yang telah berpartisipasi.

Itulah fungsi moderator dalam debat. Ajang debat ini tentu tidak akan berjalan lancar jika tidak ada peran moderator di dalamnya. Pastikan ada moderator yang berkompeten dalam debat demi kelancaran acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *