10 Persyaratan Menjadi Apoteker Yang Perlu Kamu Persiapkan

Apakah Anda tertarik menjadi apoteker? Sudah tahu apa saja syarat menjadi apoteker? Menjadi seorang apoteker bukanlah perkara mudah, Anda harus memenuhi persyaratan dan menyelesaikan pendidikan di jurusan yang sesuai. Oleh karena itu, Anda harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang dengan memenuhi syarat-syarat berikut untuk menjadi seorang apoteker:

1. Menyelesaikan Pendidikan Farmasi

Untuk menjadi seorang apoteker tentunya harus menyelesaikan pendidikan yang sesuai yaitu jurusan farmasi setingkat sarjana. Untuk menyelesaikan pendidikan ini harus menempuh di jurusan farmasi minimal 3,5 tahun dan maksimal 6 tahun.

2. Menyelesaikan Pendidikan Profesi Apoteker

Apabila Anda telah memperoleh sertifikat Sarjana Farmasi, maka Anda perlu menyelesaikan pendidikan profesi apoteker. Masa pendidikan ini bisa mencapai 2 tahun atau lebih cepat jika Anda termasuk siswa yang jenius.

3. Mendapatkan izin praktek sebagai apoteker

Selanjutnya Anda harus mengurus Surat Tanda Registrasi atau STR yang Anda peroleh melalui uji kompetensi. Ujian kompetensi diselenggarakan setahun sekali oleh lembaga yang bertanggung jawab dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

4. Tidak Buta Warna

Selain syarat pendidikan, Anda juga harus dinyatakan sehat secara fisik, terutama tidak buta warna. Hal ini dibuktikan dengan surat pemeriksaan dan hasil tes yang dikeluarkan oleh Puskesmas dan Rumah Sakit.

5. Akurat, Jeli dan Terorganisir

Selain itu, syarat menjadi apoteker adalah ketelitian, kejelian, dan organisasi. Anda harus teliti dan jeli melihat detail serta terorganisir dalam menjalankan suatu kegiatan.

6. Peneliti yang Baik

Seorang apoteker juga harus menjadi peneliti yang baik karena apoteker adalah peramu obat, sehingga tidak bisa sembarangan mencampur bahan. Karena kesalahan sekecil apa pun bisa merugikan pasien.

7. Tidak Mengidap Penyakit Menular

Sebab dalam pekerjaannya apoteker akan bertemu banyak orang sehingga tidak bisa tertular penyakit menular. Jika Anda mengidap penyakit menular, kemungkinan besar Anda akan menulari orang lain.

8. Memiliki Kecerdasan dalam Matematika

Seorang apoteker juga harus pandai matematika. Karena Anda akan melakukan banyak pekerjaan dengan menghitung dan menerapkan matematika. Jadi, mulai sekarang perkuat pemahaman Anda terhadap pelajaran yang satu ini.

9. Memiliki Keterampilan Komunikasi dan Mendengarkan

Seorang apoteker juga harus memiliki kemampuan komunikasi, karena dalam bekerja Anda akan berkomunikasi dengan banyak orang, baik pasien maupun rekan kerja.

Selain itu, kemampuan mengelola dan melatih staf juga sangat penting, karena nantinya Anda bisa memimpin tim peneliti atau menjalankan bisnis sendiri.

10. Mampu bekerja sesuai Kode Etik Profesi

Tanggung jawab merupakan sikap penting bagi seorang apoteker sekaligus integritas terhadap kode etik profesi. Saudara harus selalu berhati-hati dalam menjalankan tugas dan selalu menjaga kerahasiaan informasi penelitian yang dilakukan.

Wah, banyak syarat menjadi apoteker yang harus kamu penuhi. Namun jangan takut karena jika niat semuanya akan dipersiapkan dengan baik dan Anda akan menjadi apoteker yang profesional. Semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *