Ada 10 Pertanyaan Tentang Sekretaris Yang Ada Dan Jawabannya

Sekretaris merupakan pekerjaan yang disukai sebagian orang karena dapat bekerja di ruangan yang nyaman. Selain itu, karakter seseorang yang teliti, rapi dan mampu berorganisasi dengan baik sangat cocok untuk menjadi seorang sekretaris. Jika ingin menjadi sekretaris, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengambil jurusan SMK dan S1 Administrasi Perkantoran. Jika Anda masih ragu dan bingung, coba cari tahu berbagai pertanyaan seputar sekretaris dan jawaban singkatnya.

1. Sebutkan pengertian sekretaris?

Seorang profesional administrasi yang bertugas mengelola tugas-tugas kantor dan tugas tambahan lainnya.

2. Lulusan mana yang diutamakan menjadi sekretaris?

SMK jurusan Administrasi Perkantoran berpeluang menjadi sekretaris atau tenaga administrasi di perkantoran, namun sekretaris di perusahaan ternama memberikan kualifikasi yang lebih tinggi, minimal S1.

3. Apa tugas sekretaris?

Sekretaris mempunyai tugas menjawab telepon, mengatur dokumen, mengatur surat masuk dan keluar, mengatur kantor, menyiapkan rapat, dan lain-lain.

4. Karakter apa yang cocok menjadi sekretaris?

Untuk menjadi sekretaris yang profesional, ciri-ciri yang sangat diutamakan antara lain rajin, teliti, mempunyai kerapihan yang tinggi, pandai berkomunikasi, dan mampu mengatur waktu dengan baik.

5. Apakah sekretaris tidak pernah meninggalkan kantornya?

Sekretaris memang bekerja di kantor, namun sekretaris mungkin perlu melakukan pekerjaan di luar kantor, misalnya mempersiapkan rapat di luar kantor, menyiapkan akomodasi perjalanan dan lain sebagainya.

6. Berapa gaji sekretaris per bulan?

Rata-rata gaji sekretaris pemula diatas UMR atau bisa lebih tinggi untuk kategori sekretaris profesional bisa lebih dari 5-10 juta rupiah per bulan.

7. Apa fungsi sekretaris?

Sekretaris mempunyai fungsi sebagai pejabat eksekutif dalam perusahaan, pejabat penghubung dan penasihat manajemen.

8. Apakah sekretaris harus menguasai bahasa asing?

Sekretaris memang harus pandai berkomunikasi, mudah bergaul dan tanggap dalam melayani klien atau kebutuhan komunikasi antara karyawan dengan pihak luar. Selain harus menguasai bahasa Indonesia dengan baik, sekretaris juga sebaiknya menguasai bahasa asing jika perusahaan mempunyai hubungan dengan pihak asing.

9. Apakah seorang sekretaris harus berpenampilan cantik?

Rata-rata sekretaris dijabat oleh perempuan, namun ada juga laki-laki yang menjadi sekretaris. Penampilan yang menarik dan rapi memberikan kesan pertama yang baik karena sekretaris dapat berkomunikasi dengan pihak lain bahkan dapat bekerja sebagai resepsionis.

10. Apa saja tips agar lolos seleksi sekretaris?

Pastikan Anda memiliki persiapan diri yang baik, wawasan yang luas, kompetensi sebagai sekretaris, dan mempelajari perusahaan dengan cermat agar dapat menjawab serangkaian pertanyaan dengan lancar.

Pertanyaan seputar sekretaris serta jawaban diatas dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan yang relevan dengan peluang karir ini. Menjadi seorang sekretaris handal yang memiliki skill mumpuni, maka Anda akan mendapatkan gaji yang besar setiap bulannya sesuai dengan kinerja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *