Apa Keuntungan Mengikuti PPG? Sebagai Guru Wajib Tau Nih

Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG ternyata sangat penting untuk diikuti lho! Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang guru, pastikan sudah mengetahui apa saja manfaat dari program ini. Berikut beberapa keuntungan mengikuti PPG yang penting untuk Anda ketahui:

1. Memiliki Kompetensi Lebih

Tujuan utama PPG adalah membekali guru dengan kompetensi yang lebih. Setelah mengikuti program ini, Anda akan menjadi guru yang lebih kompeten. Kompetensi mengajar semakin lengkap dan meningkatkan kualitas Anda.

2. Menerima Gelar Tambahan

Setelah menyelesaikan PPG, Anda akan mendapatkan gelar tambahan. Jika Anda sudah menjadi sarjana pendidikan, maka Anda akan mendapatkan gelar S.Pd. Jadi, setelah menyelesaikan PPG kamu akan mendapatkan tambahan title Gr di bagian belakangnya.

3. Potensi Besar Menjadi PNS

Diangkat menjadi PNS mungkin merupakan impian sebagian besar guru. Jika mengikuti program PPG, maka peluang menjadi PNS jauh lebih besar. Anda juga tidak perlu lagi mengikuti seleksi SKB atau kompetensi bidang jika sudah mengikuti PPG.

4. Adanya Tunjangan Sertifikasi

Guru yang pernah mengikuti PPG bisa lebih mudah mendapatkan tunjangan sertifikasi. Tunjangan dari pemerintah ini sangat bagus dan dapat menambah penghasilan sebagai seorang guru.

5. Melanjutkan Sekolah dengan Dana Pemerintah

Salah satu keuntungan mengikuti PPG adalah Anda dapat melanjutkan pendidikan dengan biaya pemerintah. Anda tidak perlu menanggung sendiri biaya pendidikan jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

6. Dapatkan Sertifikat Keahlian

Setelah bergabung dengan PPG, Anda akan mendapatkan sertifikat keahlian. Sertifikat tertulis ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas Anda. Anda juga akan terlihat sebagai guru yang profesional dan memiliki gelar yang lebih tinggi.

7. Menjadi Guru Garis Depan

Program PPG akan membantu Anda menjadi guru garda terdepan. Maksudnya guru mempunyai peran yang lebih besar dan biasanya menawarkan gaji yang jauh lebih tinggi.

8. Memperoleh Pengalaman

Bergabung dengan program PPG akan meningkatkan pengalaman Anda. Tidak hanya materi, Anda juga akan mengikuti kegiatan praktek dan praktek lapangan. Ini akan menambah pengalaman Anda.

9. Menambah Relasi dan Rekan Kerja

Melalui program PPG, Anda bisa bertemu banyak orang baru. Anda bisa mengenal guru lain dan memperluas koneksi Anda. Hal ini penting karena akan mempengaruhi kemajuan karir Anda sebagai guru di masa depan.

10. Kesempatan Menjadi Guru SILN

Guru yang mengikuti program PPG dapat berkesempatan untuk mendaftar menjadi guru SILN. SILN merupakan Sekolah Luar Negeri Indonesia yang bergengsi. Tidak sembarang guru bisa masuk sekolah.

Banyak keuntungan mengikuti PPG yang bisa didapatkan seorang guru. Jika Anda ingin menjalani karir ini dalam jangka panjang, maka berusahalah semaksimal mungkin agar kompetensi terus meningkat. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program PPG yang kaya manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *