Bagusnya CV Tulis Tangan Atau Ketik? Berikut Penjelasannya

Melamar pekerjaan di era globalisasi bukanlah suatu hal yang mudah mengingat persaingan yang semakin ketat. Anda harus bisa menarik perhatian tim HRD perusahaan target sejak awal melalui CV yang menarik. Selain menulis lamaran kerja, Anda perlu memperhatikan CV yang akan dikirimkan. Sebenarnya bolehkah menulis CV dengan tulisan tangan atau diketik agar peluang diterima lebih tinggi? Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini!

Memahami Pentingnya CV Diketik Daripada CV Tulisan Tangan

CV yang ditulis tangan tidak disarankan mengingat CV tersebut melampirkan informasi profil lengkap Anda. Berbeda dengan surat lamaran kerja yang ditulis tangan, CV harus diketik dan dicetak dengan kualitas yang baik. Jangan juga membeli CV yang sudah difoto copy, karena CV yang sudah jadi biasanya diberikan kepada PNS atau pegawai BUMN.

Kini Anda sudah mengetahui CV yang paling direkomendasikan dengan tulisan tangan atau ketikan sehingga HRD bisa menghubungi Anda untuk wawancara. Bahkan dalam CV yang diketik, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Tuliskan nama, tanggal lahir, agama, kewarganegaraan, status perkawinan, dan tempat tinggal saat ini

Bagian-bagian penting dalam CV ini harus kamu cantumkan secara lengkap dan jujur ​​ya.

2. Meliputi pendidikan dari awal sampai akhir

Anda harus menyertakan data pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga belajar di tingkat perguruan tinggi dengan gelar tertentu.

3. Data lainnya

Dalam CV yang diketik, Anda juga bisa mencantumkan tinggi dan berat badan, alamat email, nomor telepon, dan pengalaman kerja.

4. Dapat melampirkan sertifikat lainnya sesuai ketentuan

Bagi lulusan baru yang belum pernah memiliki pengalaman kerja, kesempatan magang atau pernah mempunyai prestasi tertentu terkait posisi yang dilamar, dapat dicantumkan dalam CV.

5. Perhatikan teks yang diketik

Gunakan font yang jelas, spasi 1,5 atau 2 dengan ukuran standar pabrikan ya! Hindari penggunaan teks berwarna yang terlalu mencolok sehingga membuat CV Anda terlalu ramai dan tidak menarik, kecuali Anda melamar posisi tertentu yang mensyaratkan bahwa CV Anda dapat menggunakan kreativitas.

6. Jangan lupa endingnya

Pastikan Anda mencantumkan nama dan tanda tangan pada CV yang diketik dengan rapi.

7. Sertakan foto berukuran 3 x 4 atau 4 x 6 yang bagus

Untuk memberikan kesan formal, Anda harus menyertakan foto mengenakan kemeja putih dan blazer hitam dengan ekspresi wajah tersenyum ramah dengan latar belakang foto berwarna biru, merah, atau putih. Tampilan visual yang apik tetap menjadi kunci agar kamu diterima menjadi karyawan di perusahaan terkait ya!

CV yang ditulis tangan atau diketik dan paling relevan untuk melamar pekerjaan sudah tidak lagi membingungkan Anda, bukan? Pastikan kamu memilih CV yang diketik lebih kredibel dan formal dibandingkan CV tulisan tangan karena CV berbeda dengan surat lamaran kerja ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *