Berikut Ini Ada 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK

Beberapa lulusan SMP yang memutuskan untuk melanjutkan ke SMK sangat ingin langsung bekerja. Mungkin Anda seorang lulusan SMK yang berharap bisa segera mendapatkan pekerjaan. Jika Anda lulus dari jenjang SMK, maka Anda bisa melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda di sekolah. Pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan SMK?
Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMK di Indonesia

Ingin lulus langsung bekerja, SMK memiliki beragam keahlian yang bisa dipilih sesuai minat masing-masing. Jika Anda memilih lulusan SMK langsung bekerja dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka pertimbangkan rekomendasi pekerjaan berikut yang cocok untuk lulusan SMK:

1. Teknisi otomotif

Jenis pekerjaan lulusan SMK jurusan otomotif misalnya bisa langsung melamar pekerjaan di bengkel.

2. Desain grafis

Cocok bagi lulusan SMK yang mengambil program Multimedia baik bekerja pada orang lain maupun menawarkan jasa mandiri. Lagipula, era digital membutuhkan desainer grafis yang bisa bekerja paruh waktu jika memutuskan untuk kuliah.

3. Kasir

Lulusan akuntansi dapat melamar pekerjaan sebagai kasir atau staf keuangan di toko atau perusahaan yang menerapkan staf keuangan minimal SMK Akuntansi.

4. Admin media sosial

Anda bisa bekerja sebagai admin media sosial toko online yang banyak diminati oleh lulusan SMK, apalagi menguasai editing video, membuat konten dan lain sebagainya.

5. Pemasaran penjualan

Program Pemasaran atau Marketing merupakan salah satu keahlian yang bisa dipilih di jenjang SMK. Nantinya Anda bisa bekerja sebagai SPG atau SPB, perusahaan sales marketing, promotor, dan lain-lain. Anda yang dibekali dengan skill sales, komunikasi yang baik atau skill sales lainnya, bisa mendapatkan gaji dan bonus yang besar jika target penjualan terpenuhi.

6. Layanan Pelanggan

Bekerja sebagai CS di toko online, outlet telekomunikasi, toko, dan lain-lain, kenapa tidak? Administrasi Perkantoran, Pemasaran atau jurusan lainnya bisa mencoba peluang menarik ini.

7. Resepsionis hotel

Kamu bisa bekerja sebagai resepsionis atau pegawai hotel jika kamu mengambil jurusan Perhotelan di SMK.

8. Masak

Jurusan Catering sangat cocok bagi Anda yang hobi memasak, berjiwa kreatif dan bercita-cita menjadi juru masak yang baik di masa depan.

9. MUA

Menjadi Make Up Artist setelah lulus SMK jurusan Makeup, kenapa tidak?

10. Penjahit

Karir sebagai penjahit hingga perancang busana bisa Anda pilih setelah Anda lulus dari SMK jurusan Desain Busana. Jika ada kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang S1 yang relevan dengan perkembangan zaman, tidak masalah.

Yuk coba peluang kerja yang cocok untuk lulusan SMK sesuai dengan keahlian dan minat kamu masing-masing! Mau kerja part time atau pilih full time karena tidak tertarik dengan pendidikan tinggi, kamu tetap punya peluang bersaing dengan lulusan lain karena punya keahlian yang mumpuni kan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *