Coba Contoh Email Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Kamu Nih

Resign atau mengundurkan diri merupakan hal yang lumrah terjadi di dunia kerja. Ada banyak alasan mengapa seorang karyawan memilih untuk mengundurkan diri, misalnya ingin melanjutkan pendidikan, ingin mendapatkan pengalaman di bidang baru, tidak ada perkembangan karir yang pesat, atau alasan-alasan lain yang masuk akal. Jika Anda memang ingin meninggalkan pekerjaan lama Anda, maka pastikan Anda mengetahui contoh email pengunduran diri yang sopan dan baik di mata HRD atau atasan perusahaan.

Poin Penting Dalam Menulis Surat Pengunduran Diri dan Contohnya

Memberikan surat pengunduran diri secara langsung atau menulis email ke HRD bisa menjadi pilihan yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Hanya saja, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat pengunduran diri, misalnya saja Anda sudah menyampaikan pengunduran diri Anda kepada atasan Anda sebelumnya, sampaikan alasan Anda dengan baik serta ucapkan terima kasih dan permintaan maaf. Gunakan bahasa yang baik dan sopan agar image positif tetap terjaga sehingga hubungan dengan perusahaan lama tetap baik.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menulis surat pengunduran diri yang tetap santun dan penuh hormat, maka simak contoh email pengunduran diri berikut ini:

Jroot, 25 Juni 2022

Sayang,
SDM PT. Jaya Sejahtera
Jalan Deposito, Cilandak, Jakarta Selatan

Salam sejahtera,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Roy Kusumo
NIK : 20190602678
Jabatan : Staf Akuntansi dan Perpajakan Divisi Keuangan

Melalui surat ini saya menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan staf akuntansi dan pajak bagian keuangan PT. Makmur Jaya mulai tanggal 25 Juni 2022 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan sesuai kebijakan perusahaan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada PT. Makmur Jaya yang telah memberikan kesempatan untuk bergabung, belajar dan berkembang pada tahun 2019 hingga tahun 2022. Banyak sekali hikmah, pelatihan dan pengalaman positif yang saya peroleh selama bergabung dengan perusahaan.

Saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan, staf dan rekan-rekan PT. Makmur Jaya karena saya memutuskan untuk tidak menjadi bagian perusahaan karena saya pindah domisili ke luar pulau. Jika ada kesalahan dan kesalahan selama saya bergabung dengan perusahaan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya, saya sangat berharap PT. Makmur Jaya dapat berkembang pesat di masa depan. Atas perhatian Bapak/Ibu HRD Pt. Makmur Jaya, terima kasih.

Salam sejahtera,
Roy Kusumo

Contoh email pengunduran diri di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi jika Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari kantor lama Anda. Tentu Anda sudah melalui pemikiran panjang, pertemuan dengan atasan untuk membahas pengunduran diri jauh-jauh hari. Pastikan Anda mengajukan pengunduran diri terlebih dahulu agar perusahaan dapat bersiap mencari pengganti posisi tersebut. Jadi, apakah Anda yakin ingin resign dari pekerjaan lama Anda?

Catatan: Seperti bagian yang saya tandatangani di bawah ini, tidak diubah karena suratnya terkesan formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *