Iklan RCTI Ini Dipertanyakan Warganet, Gunakan Drone atau Helikopter Remot

LIKEIN, – Sebagian netizen di Media Sosial (Sosmed), masih mempertanyakan, iklan salah satu media TV Indonesia, Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) tahun 2000-an yang dianggap misteri, menggunakan drone atau helikopter jarak jauh.

Siapa yang tidak kenal dengan RCTI yang merupakan salah satu stasiun TV swasta sekaligus jaringan TV pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 21 Agustus 1987 di Jakarta.

Namun pada tahun 2022, dua iklan stasiun TV tersebut dipertanyakan oleh netizen di postingan Media Sosial jadul.

Iklan

Postingan tersebut menampilkan iklan RCT yang memperlihatkan beberapa orang di tengah sawah dengan kamera bergerak dari laut menuju pantai lalu menuju gubuk tempat orang berkumpul untuk menonton TV.

Hal serupa juga terjadi pada iklan lainnya, dua orang anak sedang menonton pertandingan sepak bola di TV di tengah lapangan sepak bola dengan kamera bergerak ke arah anak tersebut kemudian terbang keluar gedung dengan tulisan “EURO 2008”.

Video iklan yang diposting akun Momentjadul pada Jumat 1 Juli 2022 itu mendapat 26,4 likes dan menuai banyak pertanyaan dari warganet.

Warganet

Menurut salah satu akun bernama zalmadad, teknik penembakannya dilakukan dengan menggunakan helikopter.

“Dulu difoto pakai helikopter lalu zoom in zoom out 🚁🚁🚁,” ucapnya.

Namun, ijoule_zulfiqar mengatakan, jika menggunakan helikopter, pasti ada hembusan angin yang membuat rambut orang dalam video tersebut bergerak.

“Kalau helikopter harusnya rambut cewek berkibar atau bergerak ya🤔,” tulisnya.

mudef_gentana, menduga, pengambilan gambar tersebut dilakukan dengan menggunakan helikopter mini yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, sehingga angin yang dihasilkan tidak membuat rambut sang aktor tergerak.

“Itu membuat helikopter mini…. dulu ada…,” ujarnya.

Menurut harryveego, mereka mungkin menggunakan drone, karena drone sudah ada sejak tahun 1890an, katanya pada tahun 90an banyak iklan rokok yang menggunakan teknik tersebut untuk pengambilan gambar.

“Teknologi drone sudah ada sejak tahun 1980an. Meski belum secanggih sekarang, namun pada tahun 90an drone banyak digunakan untuk memotret pemandangan lanskap dari langit. Iklan rokok banyak digunakan pada tahun 90an,” imbuhnya.

Drone

Mengutip dari Wall Street Journal, Drone merupakan pesawat tak berawak yang awalnya muncul pada tahun 1849 untuk menyerang balon udara musuh dan mulai digunakan oleh warga sipil pada tahun 2006.

Drone pada tahun 2006 belum mempunyai jenis yang banyak seperti saat ini, pada saat itu drone hanya digunakan untuk keperluan inspeksi militer dan keamanan setelah mendapat izin dari federasi administrasi penerbangan.

Melansir dari tekno foresteract, kini drone memiliki banyak kegunaan dan bentuk, salah satunya adalah Quadcopter yang memiliki empat baling-baling dan tidak memiliki kepala sehingga mudah untuk dipindahkan.

Yang kedua, Trick Drone, merupakan Quadcopter, namun lebih kecil sehingga bisa bergerak lebih leluasa.

Helikopter Jarak Jauh

Melansir dari streetdirectory, helikopter kendali jarak jauh ini diciptakan oleh seorang dokter di Jerman bagian barat, Dr. Dieter Schlunter, pada tahun 1968.

Mirip dengan drone, helikopter jarak jauh ini harus mendapat izin terbang di wilayah tertentu, setelah mendapat izin dari Federasi Administrasi Penerbangan pada tahun 2006.

Helikopter jarak jauh juga hadir dalam berbagai bentuk, yaitu:

  1. Mikro/nano : Diameter baling-baling 15-30 cm
  2. Mini RC : Diameter baling-baling 30-60 cm
  3. RC Kecil : Diameter baling-baling 60-110 cm
  4. RC Reguler : Diameter baling-baling 110-150 cm
  5. RC Besar : Diameter baling-baling lebih dari 150 cm

Meski kedua alat tersebut sudah dipertimbangkan, namun hingga saat ini teknik pengambilan gambar iklan RCTI masih belum diketahui. (Qadri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *