Ini 9 Pantai Paling Hits di Cianjur Selatan, Nomor 6 Surga Tersembunyi

PENAMAS.ID, CIANJUR – Wisata Pantai menjadi destinasi yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke selatan Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Banyak obyek wisata bahari indah, eksotik dan populer yang ditawarkan pantai Cianjur Selatan.

Wisata pantai di kawasan Jawa Barat ini juga patut diacungi jempol. Pasalnya, keindahan panorama alam yang terdapat di sejumlah pantai di Cianjur mampu membuat Anda berdecak kagum.

Berikut ini daftar pantai terbaik di sekitar Cianjur yang mempunyai panorama indah dan sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Apra

Pantai Apra, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. (Foto: Din)

Pantai Apra terletak di Kecamatan Sindang Barang, pantai ini akan menyambut anda ketika tiba di pesisir pantai Cianjur Selatan. Lokasinya paling dekat dengan pusat kota Cianjur.

Pantai Apra merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di Cianjur yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur.
Ombak di pantai yang satu ini tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan pantai lain di Cianjur Selatan. Jadi cukup aman bagi Anda yang ingin bermain air di pinggir pantai.

Setiap tanggal 21 hingga 25 setiap bulannya, di Pantai Apra dikenal dengan musim impun (larva ikan). Penangkapan impun dengan menggunakan alat tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Ikan-ikan kecil ini sering ditangkap oleh wisatawan dan warga sekitar. Rasanya sangat gurih dan nikmat, apalagi disajikan dengan nasi hangat.

2. Pantai Sereg

Pantai Sereg, Sindangbarang, Kabupaten Cianjur

Masih di Kecamatan Sindangbarang, Pantai Sereg bisa menjadi pilihan destinasi wisata liburan panjang. Pasalnya, pantai ini berada satu jalur dengan objek wisata lainnya.

Pantai ini mempunyai garis yang cukup panjang, di sebelah utara merupakan tempat yang tepat untuk duduk bersantai sambil menikmati suasana pantai. Pasalnya, di bagian ini banyak terdapat pohon kelapa yang rindang.

Untuk berenang, Anda bisa mengunjungi bagian tengah atau barat. Kedua bagian ini memiliki pantai yang cukup landai sehingga cukup aman untuk berenang.

Meski tidak terlalu banyak aktivitas rekreasi yang bisa dinikmati, namun pantai ini layak untuk dikunjungi. Pemandangan alamnya sangat indah dan udaranya cukup sejuk.

3. Pantai Potong Karang

Suasana Pemandangan Laut Karang Potong

Menikmati pantai dari atas bukit bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Karangcut.

Pantai Karangcut bisa dibilang merupakan pantai paling populer di Cianjur. Julukan ini tidak berlebihan. Pengelolanya, Pantai Karangcut, dibangun sedemikian rupa sehingga pemandangan akan membawa Anda ke pulau dewata Bali.

Jadi, kalau berfoto di sana, mungkin orang-orang tidak akan percaya kalau kamu ada di Cianjur.

4. Pantai Cemara (Cipanglay)

Pantai Karangcut, Sindang Barang, Kabupaten Cianjur (Foto : @karangcutoceanview)

Selain itu, dengan adanya pepohonan pinus, pantai menjadi lebih sejuk dan bisa digunakan untuk berkemah.

Pesona keindahan matahari terbit tak perlu diragukan lagi saat Anda berkunjung ke sini. Namun tak sampai disitu saja, Anda juga akan disuguhkan pemandangan matahari terbenam yang menggoda. Jadi, Anda bisa mengunjunginya dari pagi hingga sore hari.

Jika sudah memasuki hari libur, pantai ini menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak diburu wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

5. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. (foto: ist) ini

Pantai Jayanti memiliki ombak yang sangat besar dan deretan bebatuan.

Meski ada larangan berenang di Pantai Jayanti bagi wisatawan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati liburan di salah satu pantai terkenal di Jawa Barat ini.

Pantai Jayanti menawarkan beragam pilihan rekreasi yang akan membuat liburan Anda penuh warna. Salah satu yang paling sering dilakukan wisatawan adalah naik perahu nelayan ke tengah laut.

Perahu ini bisa disewa dengan harga yang sangat terjangkau. Perlu diingat bahwa dibutuhkan nyali yang besar untuk naik perahu. Untuk melindungi diri, Anda bisa mengenakan jaket pelampung yang disediakan di lokasi.

Ada juga beberapa penginapan di dekat Pantai Jayanti yang bisa Anda sewa dengan harga bersahabat, yaitu sekitar Rp 50.000 per malam.

6. Pantai Lugina

Pantai Lugina, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Jika yang Anda cari adalah surga tersembunyi, maka Pantai Lugina yang berada di Desa Tanjungsari, Kecamatan Agrabinta, bisa menjadi destinasi Anda.

Di pantai ini Anda bisa menikmati deretan pohon kelapa, pasir, dan ombak.

Suasana inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Keheningan dan pasir pantai yang bersih menjadi tempat melepas penat dan beristirahat.

Di sana, Anda bisa berfoto dengan latar belakang deburan ombak. Atau, Anda bisa menggelar tikar di bawah pohon bersama orang-orang tercinta lalu menyantap makan siang Anda di sana.

7. Pantai Batu Kukumbung

Pantai Kukumbung, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur.

Konon batu-batu yang melapisi pantai ini merupakan tempat kedudukan Prabu Siliwangi. Ya, Pantai Batu Kukumbung konon merupakan peninggalan Prabu Siliwangi, ada juga yang konon merupakan jejak kaki Prabu Siliwangi. Itu sebabnya banyak orang yang menganggapnya “sakral”.

Terlepas dari mitosnya, Pantai Batu Kukumbung memang menarik untuk dijadikan tempat wisata. Anda bisa duduk di atas bebatuan untuk mendapatkan foto yang bagus, serta melakukan berbagai aktivitas termasuk memancing dan berenang.

Anda bisa menikmati makanan dari warung-warung lokal dan menyaksikan matahari terbenam dari bangku-bangku yang nyaman di Pantai Batu Kukumbung.

Kota Cianjur menjadi destinasi yang tepat baik untuk backpacking maupun wisata pantai mewah. Anda tinggal memilih jenis wisata apa yang Anda inginkan dan memeriksa pantai yang sesuai dengan model wisata yang Anda inginkan.

8. Pantai Cahaya Laut Agra

Pantai Sinarlaut, Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Pantai ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Namun wisata indah ini bisa Anda jadikan referensi saat berada di Cianjur.

Suasananya yang asri dan tenang sangat cocok bagi anda yang sedang sendirian. Ditambah lagi, segarnya udara akan membuat Anda betah dan berlama-lama berada di pantai menawan ini.

Selain itu, Anda juga bisa bermain dan bersantai di hammock yang sengaja dipasang pada tur ini. Suara deburan ombak akan menjadi backsound yang bisa Anda nikmati saat bersantai.

Untuk menuju pantai ini perlu perjuangan ekstra, karena jaraknya yang cukup jauh dari jalan utama dan kondisi jalan yang kurang bagus apalagi saat musim hujan. Namun, Anda akan terkesima dan terpesona saat sampai di destinasi yang satu ini.

9. Pantai Ciujung

Pantai Ciujung, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur.

Pantai Ciujung merupakan salah satu pantai yang tergolong baru di Cianjur. Namun tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga atau teman untuk menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Ciujung memiliki pemandangan yang masih asri dan anda juga bisa menyaksikan warna oranye yang mempesona saat matahari terbenam.

Jadi bisa dipastikan mengunjungi pantai ini bisa menghilangkan penat dan stres Anda setelah melalui aktivitas berat.

Itulah pantai-pantai terindah di Cianjur yang wajib Anda kunjungi. Dengan mengunjungi beberapa destinasi tersebut Anda akan bisa menikmati indahnya pesona laut di kota ini.

Untuk itu, Anda bisa mengajak keluarga berlibur atau sekedar jalan-jalan mencari ketenangan dari hiruk pikuk aktivitas perkotaan. (keriuhan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *