Kamera Analog: Apa Kelebihannya dari Kamera Digital?

Getters, belakangan ini kamera analog kembali menjadi tren di kalangan pecinta fotografi lho! Baik fotografer profesional maupun pemula berbondong-bondong kembali menggunakan kamera jenis ini untuk mengabadikan momen spesial.

Usut punya usut, ternyata hasil kamera jenis ini mempunyai keindahan tersendiri dibandingkan kamera jenis lain. Wah menarik ya, Getters!

Jika saat ini Anda mulai tertarik menggunakan kamera jenis ini dan ingin mengetahui lebih lanjut, simak artikel di bawah ini.

Kamera Analog Adalah…

Kamera Analog Adalah...

Secara teknis kamera analog termasuk kamera yang tidak memiliki fungsi digital karena tidak memiliki sensor untuk dapat menangkap dan menghasilkan gambar dalam bentuk digital.

Jenis-jenisnya Ada apa?

Tipe kamera ini sebenarnya ada banyak sekali, dan berikut beberapa tipe yang wajib Anda miliki, minimal satu!

kamera SLR

Keunggulan dari tipe ini adalah lensanya yang sangat bagus sehingga dapat mengurangi kesalahan saat pengambilan gambar sehingga foto yang dihasilkan sangat jernih. Selain aman digunakan, kamera ini juga tidak memerlukan baterai dan sangat mudah dibawa kemana-mana. Memiliki kamera Untuk ini, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp. 4.500.000,-.

Refleks Lensa Kembar

Keunggulan TLR adalah foto yang dihasilkan tetap bagus saat memotret objek bergerak sehingga sangat cocok untuk memotret foto candid. Harga kamera ini berkisar Rp 5.500.000.

Kamera Pengintai

Biasa disebut kamera pengintai karena memiliki perangkat pengintai. Keuntungan dari pengintai adalah dapat digunakan daun jendela kecepatan untuk menghasilkan bidikan yang bagus meskipun objek di sekitar redup atau minim cahaya. Harga dari kamera Ini berkisar antara Rp. 1.500.000,-.

Arahkan dan Bidik Kamera

Meski analog, namun cara kerjanya otomatis sehingga shutter speed, terpisah, dan fokus tidak lagi diperlukan. Kamera Ukurannya juga kecil sehingga sangat cocok untuk dibawa kemana saja. Menggunakan kamera ini juga sangat nyaman. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 250.000.

Keunggulan Kamera Analog Dibandingkan Kamera Digital

Keunggulan Kamera Analog Dibandingkan Kamera Digital

Jika Anda ingin membeli kamera jenis ini, berikut beberapa kelebihannya yang bisa Anda andalkan.

  • Resolusinya sangat besar dibandingkan tipe lainnya.
  • Kamera analog juga tidak membutuhkan baterai karena cara kerjanya masih manual sehingga tidak perlu memikirkan baterai akan habis saat mengambil gambar.
  • Komponen elektronik pada kamera analog juga sangat kuat dan tahan lama karena tidak sesensitif kamera digital.
  • Hasil gambar yang dibuat juga sangat jernih tanpa ada apapun kebisingan mengganggu.

Cara Kerja Yang Sangat Unik

Cara Kerja Yang Sangat Unik

Karena sifat dan cara kerjanya yang sangat manual, secara sederhana kamera ini akan merekam dan menangkap objek atau gambar dengan menggunakan film. Fungsi utama film adalah memotret objek dengan menggunakan cahaya.

Setelah objek berhasil difoto, maka objek akan disinari cahaya dan akan dicetak menggunakan kertas foto khusus untuk jenisnya kamera ini. Kertas khusus ini memiliki beberapa warna seperti hijau, kuning, biru, dan merah yang mengandung molekul mikrokapsul di dalamnya.

Molekul kapsul akan membantu cahaya terekspos lebih otomatis. Dan hasilnya, foto yang dicetak akan sangat jernih dan bagus.

3 Rekomendasi Kamera Analog yang Wajib Anda Miliki

Jika Anda tertarik membeli kamera analog yang bagus dan mudah digunakan untuk pemula, berikut beberapa rekomendasi yang wajib Anda miliki versi GeTI Incubator!

Kamera Canon AE-1

Tipe ini paling populer sepanjang masa karena fiturnya yang sangat spektakuler dan dapat diandalkan. Canon AE-1 mampu membuat film dengan kualitas tertinggi dan memotret gambar yang sangat fokus dan menakjubkan. Canon AE-1 juga memiliki finder yang super jernih dan terang.

Nikon FE-2
Sumber: bukalapak.com

Nikon FE-2 adalah yang pertama menggunakan fitur ini bidang fokus rana untuk membuat sinkronisasi menargetkan objek dengan kecepatan sinkronisasi kilatan 1/250 detik. Nikon FE-2 juga memiliki sistem pengukuran integral 60/40.

  • Kamera Analog Pentax K1000
Kamera Analog Pentax K1000

Pentax ME mempunyai kemampuan mengontrol pencahayaan secara otomatis sehingga dapat diatur kecepatan rana secara otomatis. Kamera Pentax ME juga memiliki pencahayaan yang sangat akurat ketika digunakan untuk memotret di malam hari.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai seluk beluk kamera analog yang mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis kamera lainnya. Jika kamu memang suka memotret dan ingin menghasilkan banyak uang dari kegiatan yang satu ini, khususnya di bidang fashion, yuk ikuti kelas “Uang Utama Dari Bisnis Fashion Photography” bersama GeTI Incubator sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *