Lulusan SD? Ini 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SD

Pelaporan data BPS atau Badan Pusat Statistik menunjukkan, terdapat total 49,39 juta penduduk usia kerja Indonesia yang tamat SD ke bawah per Agustus 2021. Padahal pendidikan bukan menjadi tolak ukur seseorang untuk menghasilkan uang atau bukan, kamu satu-satunya yang tamat SD. akan lebih sulit mendapatkan pekerjaan dibandingkan pesaing yang berpendidikan tinggi. Pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan SD?

Lowongan Kerja yang Bisa Menerima Lulusan Sekolah Dasar di Indonesia

Latar belakang bukanlah acuan, namun hanya segelintir lulusan SD yang berhasil menjadi orang besar atau wirausaha. Bukan berarti sarjana pasti sukses, namun lulusan SD peluang kerjanya lebih sempit. Berikut pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD kebawah, yaitu:

1. Pekerja rumah tangga

Sektor informal yang bisa Anda pilih jika Anda hanya tamatan SD tanpa keahlian khusus. Toh gaji anggota rumah tangga di Indonesia berbeda-beda menurut UMK, bahkan gaji anggota rumah tangga bisa mencapai 3-4 juta rupiah per bulan.

2. Tukang kebun

Anda bisa memilih pekerjaan sebagai tukang kebun di perumahan, sekolah, instansi atau perkantoran.

3. Layanan kebersihan

Rata-rata, cleaning service membutuhkan karyawan lulusan SMP atau SMA, namun ada juga yang menetapkan lulusan SD boleh menjadi CS.

4. Penjaga keamanan

Anda bisa memilih pekerjaan sebagai satpam asalkan mematuhi prosedur atau mengikuti pelatihan sesuai kebijakan pemberi kerja.

5. Petugas toko

Biasanya pegawai toko yang bertugas mencatat barang masuk dan keluar, menghitung keuangan atau kasir dan manajemen lainnya membutuhkan pegawai yang minimal tamatan SMA/SMK. Namun, Anda bisa menjadi pegawai asisten toko atau gudang sesuai dengan kebijakan pemilik toko.

6. Pekerja konstruksi

Rata-rata pekerja bangunan mempunyai tingkat pendidikan sekolah dasar, bahkan ada yang lebih tinggi. Jika Anda ingin menjadi seorang profesional seperti tukang, maka Anda harus memiliki pengalaman mumpuni selama bertahun-tahun.

7. Mitra ojek

Anda bisa memilih pekerjaan yang cocok sebagai rekanan ojek yang tidak memerlukan kualifikasi tertentu selama Anda memiliki kendaraan dan SIM.

8.TKI

Banyak TKI asal Indonesia yang bekerja di sektor informal hanya berpendidikan setingkat sekolah dasar.

9. Si juru masak

Anda tidak harus memakai ijazah formal, keterampilan dan pengalaman memasak bisa membuat Anda bekerja sebagai juru masak.

10. Pengusaha

Lulusan SD bisa jadi wirausaha asal punya modal, tekad, dan motivasi tinggi lho! Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa mempekerjakan lulusan yang lebih tinggi atau profesional lainnya.

Saat ini, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok. Bukan hanya pekerjaan yang cocok bagi lulusan SD, lulusan SD yang kreatif, mau bekerja keras, dan memiliki pemikiran adaptif bisa menjadi juaranya. Anda tetap bisa berkarir sebagai desainer grafis, konten kreator, wirausaha, dan lain-lain asalkan mau mempelajari hal baru. Jika bisa melanjutkan pendidikan dengan mengikuti paket B dan C, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *