Makin Mahir

Ingin melamar pekerjaan impian tapi masih bingung bagaimana cara membuat resume untuk melamar pekerjaan? Kurangnya pengalaman bisa menjadi salah satu faktor yang membuat Anda bingung bagaimana cara membuat curriculum vitae untuk melamar pekerjaan.


Namun tenang saja, untuk rekan-rekan kerja semuanya, pada artikel kali ini Kinar akan memberikan referensi contoh curriculum vitae bagi yang belum pernah bekerja, bagi freshgraduate seperti Anda yang ingin melamar pekerjaan. Contohnya seperti apa? Simak artikelnya sampai selesai, jangan di skip ya. Sehingga dapat dijadikan contoh curriculum vitae yang baik dan benar.

Pengertian Curriculum Vitae

Seperti dilansir dari situs lektur.id, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian biografi adalah gambaran tentang segala sesuatu yang pernah dialami (dijalani) oleh seseorang. Biografi juga bisa diartikan biografi.

Artinya, curriculum vitae adalah dokumen yang menguraikan secara rinci tentang curriculum vitae seseorang, mulai dari data diri (nama, alamat, domisili, tanggal lahir, dan lain-lain) hingga riwayat pendidikan dan pekerjaan.

Dalam dunia kerja, curriculum vitae ini lebih dikenal dengan nama Daftar Riwayat Hidup atau biasa disingkat CV. CV ini menjadi salah satu syarat wajib dalam melamar pekerjaan. Setiap lowongan kerja mewajibkan calon pelamar kerja untuk membuat dan mengirimkan CV terbarunya untuk proses seleksi kerja.

Mengapa Saya Harus Mengirim Curriculum Vitae?

Pertanyaan berikutnya yang mungkin Anda tanyakan, mengapa Anda melamar pekerjaan menggunakan curriculum vitae?

Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah HRD di perusahaan belum tentu mengenal pelamar kerja, bahkan bisa dibilang Anda tidak mengenalnya sama sekali. Maka untuk dapat mengenal calon pelamar kerja maka diperlukan suatu dokumen yang menceritakan tentang biografi pelamar kerja untuk mencari kecocokan dengan kriteria lowongan yang dibuka.

Kedua, karena pelamar kerja biasanya jumlahnya banyak, bisa puluhan orang, bahkan untuk perusahaan besar seperti BUMN bisa ratusan, cara paling mudah untuk melakukan perkenalan adalah dengan mengirimkan dokumen curriculum vitae. HRD hanya perlu menghabiskan waktu rata-rata 6 detik untuk memindai CV dan menilai apakah pelamar kerja lolos seleksi selanjutnya. Dengan cara ini ratusan pelamar bisa diseleksi hanya dalam satu hari.

Tips Membuat Contoh Curriculum Vitae yang Baik dan Benar

Nah, karena curriculum vitae (CV) sangat penting untuk proses seleksi kerja, oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara membuat CV yang menarik. Berikut tips menulis CV untuk Anda.

  1. Pendek



  2. Menulis curriculum vitae tidak seperti menulis cerita pendek bukan? Tuliskan data diri Anda yang penting untuk diketahui, terutama pada bagian kriteria (kualifikasi) pelamar kerja. Hindari penulisan data yang tidak relevan dengan kriteria yang Anda cari untuk memudahkan HR mengidentifikasi Anda lebih detail. Daftar riwayat hidup dapat disajikan dalam 1 lembar kertas A4 atau Folio saja.




  3. Detail Data Pribadi



  4. Sebagai biografi, jelas bahwa curriculum vitae harus memuat data diri secara detail. Data diri yang bisa Anda tulis adalah nama, alamat, kota tempat tinggal, umur, nomor telepon dan email. Jangan lupa sertakan foto diri Anda dengan gaya formal. Jika dirasa perlu, tambahkan informasi pendukung lainnya seperti Jenis Kelamin (Gender), dan gunakan nama email yang sesuai dengan nama Anda, jangan terlihat alay atau tidak profesional.




  5. Keterampilan Menulis



  6. Bagian ini sangat penting bagi HR untuk menilai apakah Anda merupakan orang yang cocok dengan jenis pekerjaan yang dicari perusahaan. Jadi pada bagian ini Anda perlu menuliskan skill atau hard skill yang Anda miliki beserta tingkat penguasaannya. Dengan menuliskan tingkat penguasaan skill, HR akan bisa menilai apakah Anda nantinya bisa melakukan pekerjaan di kantor atau tidak. Pelajari cara penulisan dan contoh hard skill dalam CV yang baik dan benar.





  7. Sertakan Pendidikan



  8. Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah Anda harus menuliskan jenjang pendidikan yang telah Anda lewati. Jenjang pendidikan tersebut dapat berupa jenjang pendidikan formal dan nonformal. Untuk jenjang pendidikan formal cukup ditulis 2 jenjang terakhir, misalnya SMA dan Universitas, SMP dan SD tidak perlu. Sedangkan untuk jenjang pendidikan nonformal, Anda dapat menuliskan riwayat pelatihan/workshop/kursus jika keahlian tersebut relevan dengan lowongan kerja yang Anda lamar.




  9. Jelaskan Pengalaman Kerja/Organisasi



  10. Sebenarnya bagian terpenting dalam CV atau curriculum vitae untuk melamar pekerjaan adalah bagian pengalaman kerja. Nah, sekarang bagaimana jika seorang freshgraduate ingin melamar pekerjaan? Tenang, Anda bisa membuatkan contoh curriculum vitae bagi yang belum pernah bekerja dengan menyertakan contoh pengalaman di organisasi, kepanitiaan, atau magang.


Contoh Curriculum Vitae

Oke, tanpa panjang lebar lagi, berikut 3 contoh resume untuk yang belum pernah bekerja yang bisa Anda tiru.

Contoh Curriculum Vitae Melamar Pekerjaan

contoh curriculum vitae untuk melamar pekerjaan
Sumber: contohsuratin.com

Contoh curriculum vitae tanpa pengalaman kerja

Contoh curriculum vitae tanpa pengalaman kerja
Sumber: nusagate.com

Contoh Curriculum Vitae Tulisan Tangan untuk Lulusan SMK

contoh curriculum vitae tulisan tangan untuk lulusan SMA
Sumber: cakeresume.com


Penutupan

Nah itulah tadi contoh curriculum vitae bagi yang belum pernah bekerja yang bisa Anda tiru dan praktikkan saat melamar pekerjaan. Jika anda masih bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik, ID Makin Mahir telah membuatkan aplikasi CV Maker bagi anda yang ingin membuat CV siap pakai, gratis. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot membuat curriculum vitae. Semoga anda tidak bingung lagi, dan selamat mencoba bagi anda yang ingin melamar pekerjaan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *