Makin Mahir

di sebuah wawancara kerja, kesan pertama sangat menentukan keberhasilan proses wawancara kerja. Kandidat yang dapat memberikan kesan baik pada HR sejak memasuki ruangan hingga akhir proses wawancara akan berpeluang lebih besar untuk diterima bekerja. Ini termasuk perkenalan diri. Sesi ini merupakan sesi wajib yang pasti diminta oleh HR untuk membuka pembicaraan.

Sayangnya, para kandidat yang telah melakukan persiapan matang seringkali merasa gugup dan tidak berhasil melewati fase ini hanya karena diminta melakukan perkenalan diri dalam wawancara bahasa Inggris. Nah, agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama, berikut 5 hal tersebut Contoh perkenalan diri saat wawancara kerja dalam bahasa inggris agar proses wawancara kerja bahasa inggris anda berjalan dengan lancar.


Tips dan cara memperkenalkan diri

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui cara melakukannya terlebih dahulu pengenalan diri dalam bahasa inggris saat wawancara kerja agar proses perkenalan dapat berlangsung dengan lancar dan tidak gugup. Berikut hal-hal yang wajib Anda sampaikan:

  1. Katakan halo
  2. Berikan senyuman ramah
  3. Masukkan data pribadi Anda (nama lengkap atau nama panggilan saja sudah cukup)
  4. Ceritakan kepada kami tentang latar belakang pendidikan Anda
  5. Sebutkan semua keahlian Anda

Contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kini Anda bisa menyusun sendiri kalimat perkenalan diri yang akan Anda sampaikan dalam sesi wawancara kerja. Contoh perkenalan diri saat wawancara kerja dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut:

1. Contoh perkenalan diri untuk wawancara kerja magang

Saya Ratna Wulandari, sebagian besar teman saya memanggil saya Nana. Saat ini saya adalah seorang mahasiswa di Universitas Jogjakarta dimana saya sangat aktif di senat mahasiswa. Sebagai perwakilan kelas saya, saya telah membantu menyelenggarakan berbagai acara penggalangan dana. Hal ini sangat membantu saya merasa nyaman menangani urusan keuangan, itulah alasan saya pikir saya akan cocok menjadi staf keuangan di perusahaan Anda. Saya akan senang jika Anda bisa memberi saya kesempatan dalam program magang perusahaan Anda”

2. Contoh pengenalan diri freshgraduate yang belum punya pengalaman

Nama saya Riski dan saya lulusan baru Akademi Bisnis Bandung. Saya belajar Manajemen Sumber Daya Manusia karena saya sangat menikmati bekerja dengan orang-orang dan saya terpesona dengan peran orang-orang dalam membangun dan perusahaan yang beroperasi. Meskipun saya bukan lulusan bahasa Inggris, tetapi saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai (baik tulisan maupun lisan), karena saya mengelola Blog Bahasa Inggris pribadi di www.makinmahir.id. Saya mencari perusahaan yang dapat meningkatkan passion saya sehingga saya dapat memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan”

3. Contoh perkenalan diri dengan pengalaman kerja

“Selamat siang pak/bu. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih telah diundang dalam wawancara kerja ini. Perkenalkan diri saya Diah Indira Lestari, anda bisa memanggil saya Diah, namun saya lebih suka dipanggil Indi .Saya lulusan Ilmu Ekonomi jurusan Manajemen Bisnis, Universitas Negeri Malang pada tahun 2016. Dalam 3 tahun terakhir, saya telah melakukan pekerjaan dengan baik sebagai Customer Service di Bank Kemerdekaan. Saya telah melayani rata-rata 200 nasabah setiap bulan selama saya pekerjaan terakhir dengan 95% diantaranya memberikan feedback yang positif. Sekarang, saya mencari lebih banyak tantangan di sini dan semoga saya dapat meningkatkan keterampilan saya lebih baik lagi dan memberikan kontribusi besar di perusahaan Anda.”

4. Contoh pengenalan diri dengan pengalaman berorganisasi

Nama saya Andi Zuhri, lulusan Universitas Negeri Salatiga tahun 2015. Saya mempelajari organisasi ekonomi untuk seminar di perkuliahan, dan melakukan penelitian tentang struktur organisasi, budaya, dan kepemimpinan melalui studi kasus di perusahaan internasional. rasa ingin tahu, dan saya suka bepergian 3 sampai 4 kali baik dalam negeri maupun luar negeri setiap tahunnya, untuk mengeksplorasi budaya, dan bertukar budaya dengan penduduk setempat. Negara terakhir yang saya kunjungi adalah India, negara yang maju secara ekonomi. Selain itu, saya juga memiliki minat dalam mempelajari bahasa Spanyol dan Perancis, dan mencoba mempraktikkan bahasa-bahasa tersebut secara langsung dengan berkomunikasi dengan koordinator mahasiswa dari negara-negara tersebut di kampus saya.”

5. Contoh perkenalan diri bagi lulusan baru SMA/SMK

“Selamat pagi pak, perkenalkan diri saya. Nama saya Nadia. Saya tinggal di Jl. Cempaka No. 43 Purwakarta. Saya lulusan SMK jurusan multimedia. Saya adalah orang yang antusias terhadap perkembangan multimedia. teknologi. Saya mempunyai pengalaman sebagai ketua tim pada kompetisi animasi 3D tingkat nasional. Saya di sini mencari tantangan dalam mengembangkan kemampuan saya di bidang multimedia. Saya berharap kemampuan saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan”


Penutupan

Itu 5 Contoh perkenalan diri saat wawancara kerja dalam bahasa inggris. Semoga dapat membantu anda dalam menyusun kata-kata perkenalan diri yang sesuai dengan karakter dan keadaan anda.

Ingatlah bahwa perkenalan diri bukanlah bagian yang paling menentukan dalam wawancara. Namun jika Anda gagal di sesi awal ini, bisa dipastikan seluruh proses wawancara akan terasa tidak nyaman. Hal ini juga akan membuat Anda tidak bisa menjalani seluruh proses wawancara kerja dengan baik yang bisa berakibat pada kegagalan wawancara kerja.

Jika Anda merasa belum cukup siap untuk menghadapi wawancara kerja, Anda bisa melakukan latihan simulasi wawancara kerja bersama HR Recruiter dalam Kelas Siap Kerja yang diadakan oleh MakinMahir.id. Disini Anda tidak hanya bisa berlatih wawancara langsung dari HR saja, namun Anda akan mendapatkan masukan-masukan berharga dari HR sekaligus dibimbing untuk bisa menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan baik dan benar. Yuk cek halaman ini jika ingin mengikuti Kelas Wawancara Kerja Tingkat Lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *