Makin Mahir

Contoh Soft Skill di CV – Selain hard skill di CV, seorang pelamar kerja juga harus menuliskan soft skill yang dimilikinya. Pada dasarnya keberhasilan kerja seorang pegawai tidak hanya ditentukan oleh penguasaan hard skill sesuai dengan tanggung jawab pekerjaannya. Namun karakter pribadi seseorang juga mempengaruhi kinerja seorang pegawai. Sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi HRD untuk memutuskan apakah seorang calon pelamar kerja layak untuk diundang wawancara atau tidak. Apa itu soft skill, contoh dan cara penulisannya? Artikel ini akan membahas secara singkat segala hal tentang soft skill.


Pengertian Soft Skill

Seperti dilansir dari situs investopedia.com, soft skill diartikan sebagai karakter dan keterampilan interpersonal seseorang dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Di dunia kerja, soft skill dianggap sebagai pelengkap hard skill yang mengacu pada pengetahuan dan keterampilan kerja seseorang. Sosiolog mungkin menggunakan istilah soft skill untuk menggambarkan kecerdasan emosional (EQ) seseorang sebagai lawan dari kecerdasan intelektual (IQ).

Soft skill lebih menggambarkan tentang watak dan kepribadian seseorang. Bisa juga menggambarkan bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain. Sehingga keterampilan tersebut dapat menjadi penunjang seorang pegawai dalam meningkatkan produktivitas kerja. Apalagi jika pekerjaan itu harus berhubungan dengan rekan kerja atau orang lain.

Para perekrut di suatu perusahaan biasanya akan melihat keseimbangan antara hard skill dan soft skill seorang kandidat dari CV yang dibuat. Misalnya, suatu perusahaan akan menghargai karyawan yang terampil dan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Pengusaha juga akan menghargai karyawan yang mempunyai kemampuan komunikasi yang lebih baik, baik dengan rekan kerja, atasan maupun klien perusahaan.

Bahkan untuk posisi kepemimpinan (Supervisor atau Manager), soft skill ini lebih diutamakan. Misalnya, seorang manajer diutamakan yang mempunyai kemampuan berbicara di depan umum (Public Speaking), serta kemampuan mendengarkan aspirasi karyawan dan atasannya.

Penting Perlu diketahui bahwa, perusahaan biasanya lebih memilih orang-orang dengan soft skill yang cocok dengan staf lain atau yang dinilai cocok dengan budaya perusahaan.

Contoh Soft Skill di CV

Soft skill merupakan gabungan dari beberapa hal, antara lain karakter seseorang, hubungan sosial, dan kualitas kerja. Beberapa contoh soft skill yang bisa Anda sertakan dalam CV Anda adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan berkomunikasiantara lain kemampuan berbicara, bernegosiasi, menyampaikan gagasan, dan lain-lain.
  2. Kemampuan Kepemimpinanmeliputi kemampuan memotivasi orang lain, mendengarkan gagasan orang lain, mengambil keputusan, dan lain-lain
  3. Kemampuan Manajerialmeliputi kemampuan memecahkan masalah, berpikir analitis, perencanaan dan pemantauan kerja, dan lain-lain
  4. Kemampuan Kerja Sama
  5. Etika kerjaantara lain menjaga suasana kerja yang nyaman, menjaga nama baik perusahaan, loyalitas, dan lain-lain
  6. Karakter pribadidiantaranya pekerja keras, pantang menyerang, memiliki motivasi diri, rajin, teliti dan lain-lain
  7. Soft skill lainnya yang dapat menunjang pekerjaan

Menurut reed.co.uk, keterampilan komunikasi termasuk dalam kategori soft skill, bukan tergolong hard skill. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca artikel Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill.

Soft Skill Di CV

Berbeda dengan hard skill, menulis soft skill di CV tidak perlu dilengkapi dengan tingkat penguasaan. Sebab penilaian soft skill bersifat subyektif dari pelamar kerja yang akan dinilai sendiri oleh HRD saat wawancara. Mengenai format penulisan soft skill, belum ada patokan bakunya.

Contoh penulisan softskill di CV adalah sebagai berikut:


1. Soft Skill Akuntansi

  • Berpikir Analitis
  • Menyeluruh
  • Manajemen waktu
  • Mampu bekerja dalam tim
  • Pekerja keras
2. Soft Skill Petugas Layanan Pelanggan

  • negosiasi
  • Bujukan
  • Manajemen waktu
  • Berpikir Analitis
  • dapat diandalkan

3. Soft Skill Pemasaran Digital

  • Berpikir kreatif
  • Berpikir Analitis
  • Kerja tim
  • Komunikasi
  • Fleksibel
4. Soft Skill Manajer Pemasaran

  • Kepemimpinan
  • Komunikasi
  • Mediasi
  • Berpikir Analitis
  • Pemecahan masalah

Dalam menulis soft skill, hindari menuliskan soft skill yang tidak berhubungan dengan deskripsi pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya untuk pekerjaan Customer Service Officer tidak perlu menuliskan soft skill Leadership, atau untuk pekerjaan staf gudang harus mencantumkan soft skill negosiasi, dan sebagainya. Soft skill Kepemimpinan Menulis dapat ditulis pada posisi atasan, seperti Supervisor atau Manajer.

Selain soft skill yang perlu dihindari dalam CV, ada beberapa soft skill yang relevan untuk semua atau sebagian besar pekerjaan. Misalnya Dedikasi (Dedikasi) dan Loyalitas (Loyalty). Namun perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menulis soft skill, ada baiknya Anda melihat kembali bagian lain dari CV Anda.

Untuk Dedikasi karena menggambarkan keseriusan, bila menyertakan riwayat latihan, tunjukkan bahwa Anda telah secara khusus melatih suatu keterampilan secara konsisten, ini bisa menjadi bukti bahwa Anda berdedikasi pada suatu hal. Sedangkan untuk Loyalitas, pastikan Anda tidak memilikinya rekam jejak sebagai seorang nerd yang suka berpindah-pindah pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat, karena hal tersebut justru akan dianggap sebagai CV yang bohong oleh pihak HR.

Kesimpulan

Artikel diatas telah menjelaskan tentang penulisan soft skill 4 berikut ini contoh softskill di CV. Soft skill pada CV juga menjadi hal penting yang wajib Anda tulis, karena akan menentukan kesuksesan Anda di tempat kerja baru. Terkadang soft skill menjadi pembeda antara kandidat satu dengan kandidat lainnya padahal keduanya memiliki kompetensi yang seimbang sehingga membuat seorang kandidat disukai oleh HR. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menulis soft skill yang benar.

Untuk menulis CV yang dilihat HR, kini tidak perlu bingung karena banyak template CV keren yang tersedia di internet. Anda juga bisa menggunakan Advanced ID CV Maker untuk membuat CV standar HR yang keren sehingga HR bisa membuat CV Anda terlihat. Anda dapat menggunakan Pembuat CV ini secara gratis atau berbayar Ulasan CVjika anda ingin CV anda lebih maksimal dan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *