Makin Mahir

Saat ini beberapa lowongan kerja dapat dikirimkan surat lamaran kerja melalui email online. Dengan cara ini penyerahan berkas lamaran kerja akan dilakukan dengan cepat dan mudah. Kemudahan ini juga dirasakan baik oleh pihak perusahaan maupun pelamar kerja itu sendiri. Untuk itu rekan-rekan perlu mengetahui cara membuat surat lamaran kerja online melalui email yang baik dan benar di hp khususnya hp android anda masing-masing, agar anda bisa lebih cepat meraih peluang kerja. Berikut artikel Kinar singkat untuk Anda yang ingin melamar pekerjaan secara online melalui email.


Format surat lamaran pekerjaan

Karena surat lamaran kerja merupakan surat resmi untuk suatu perusahaan atau instansi, maka sebelum Anda menulis surat lamaran kerja ada baiknya Anda mengetahui bagaimana format surat lamaran kerja tersebut. Agar surat lamaran Anda formal dan terlihat profesional.

  1. Cantumkan tanggal surat (opsional jika melalui email)
  2. Tulis kepada siapa surat itu ditujukan
  3. Jangan lupa salamnya
  4. Buatlah kalimat pengantar
  5. Jelaskan identitas singkat
  6. Jelaskan tujuan surat itu
  7. Membuat kalimat & salam penutup

Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat uraian gambar dibawah ini :


format surat lamaran pekerjaan

Contoh surat lamaran kerja melalui email

Contoh surat lamaran kerja via email yang diakses melalui laptop atau PC trap.


contoh surat lamaran kerja via email

Bagi anda yang belum mengetahui cara membuat surat lamaran kerja melalui email beserta lampirannya, berikut tata cara membuat surat lamaran kerja melalui email dari hp android anda:

  1. Pertama-tama, siapkan surat lamaran kerja Anda di Google Doc. Pastikan Anda menulisnya dalam format yang benar.
  2. Menyalin isi surat lamaran kerja Anda.
  3. Buka aplikasi gmail di hp anda masing-masing. Sebab pengguna Android akan otomatis masuk ke inbox Gmail, tanpa perlu membuat akun Gmail terlebih dahulu.
  4. Lalu ketuk atau klik “Tulis” atau “Buat”
  5. Di baris “Tulis email” Anda bisa tempel hanya surat lamaran yang sudah masukmenyalin.
  6. Selesai, lanjut ke tahap pengiriman email

Cara mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email

Sebelum mengirimkan email lamaran kerja, pastikan Anda melengkapi kolom kolom lainnya dan file persyaratan lamaran kerja. Langkah-langkah mengirim email:


cara mengirim surat lamaran kerja melalui email
  1. Isi baris “Dari” dengan email Anda (biasanya terisi otomatis)
  2. Kemudian isi baris “To” dengan email tujuan, biasanya email HR perusahaan, contoh: [email protected]
  3. Untuk baris “CC” dan “BCC” merupakan salinan yang diisi dengan email divisi lain di perusahaan yang terkait dengan posisi lowongan kerja tersebut. Isilah hanya jika diminta atau biarkan kosong jika tidak diminta untuk mengirimkan salinannya. Misalnya tembusan ditujukan kepada pimpinan perusahaan dengan email [email protected].
  4. Bagian terpenting dalam email adalah subjek atau judul email. Biasanya diisi dengan keterangan isi email yaitu lamaran kerja dan jabatan. Misalnya: Surat lamaran Editor Video.
  5. Sertakan lampiran persyaratan lamaran kerja, seperti CV, scan ijazah, foto paspor, dll. Anda bisa langsung upload dari ponsel atau dari akun Google Drive Anda jika file tersedia online di Google Drive masing-masing.
  6. Kirim dengan mengklik tombol segitiga. Selesai.

Cara menulis surat lamaran kerja dalam bahasa inggris

Terkadang Anda diminta mengirimkan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Pada dasarnya pengiriman email lamaran kerja dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia memiliki format dan prosedur yang tidak jauh berbeda.


Hanya pada lamaran kerja berbahasa Inggris saja yang perlu diperhatikan penggunaannya tata bahasa dengan tepat. Hal ini biasanya menjadi penilaian HR apakah kandidat mempunyai kemampuan berbahasa Inggris secara tertulis.

Baca juga:

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris & Artinya



Penutupan


Kini Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mengirimkan surat lamaran kerja secara online. Pelajari saja cara membuat surat lamaran kerja lewat email, praktis tanpa harus memiliki laptop atau komputer atau menyewanya di rental komputer atau warnet. Setelah mengirim surat lamaran kerja melalui email, masih banyak lagi selangkah demi selangkah yang harus anda lalui agar bisa diterima bekerja, salah satunya adalah wawancara kerja. Tak ada salahnya jika Anda mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja meski belum menerima panggilan wawancara. Atau Anda bisa mengikuti tips sukses, latihan dan simulasi wawancara bersama HR Recruiter di Kelas Siap Kerja diselenggarakan oleh MakinMahir.idagar Anda lebih siap menghadapi sesi wawancara dengan HR perusahaan yang Anda lamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *