Makin Mahir

Daftar urutan posisi dalam perusahaan sangat penting untuk diketahui semua orang. Sehingga ketika diterima di perusahaan tersebut, Sahabat Kerja akan mengetahui mana yang mempunyai jabatan tinggi dan mana yang setara. Hal ini akan memudahkan kita dalam bersikap ketika bertemu.


Padahal banyak pemilik perusahaan yang menganggap dirinya setara dan tidak ingin dianggap istimewa. Kenyataannya, kita tetap harus lebih menghargai dan tidak boleh bertindak sembarangan. Makanya, begitu masuk kantor, tanyakan berbagai posisi di perusahaan langsung ke HR.

Urutan Jabatan di Perusahaan dan Tugasnya

urutan jabatan dalam perusahaan dan tugasnya

1. Direktur

Jabatan tertinggi dalam kantor perusahaan adalah dewan direksi. Biasanya jumlah direkturnya tidak hanya satu orang, melainkan terdiri dari beberapa orang. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai saham terbesar dalam perusahaan sehingga mempunyai massa yang cukup besar.

Tugas direksi adalah menentukan seperti apa garis besar usaha yang dijalankan. Mereka akan mengatur bagaimana bisnis dijalankan dalam 1 tahun ke depan. Mengapa setiap 1 tahun atau dua kali setahun mereka akan mengadakan pertemuan untuk membahas bisnis atau bisnis.

2. Direktur Utama

Itu perkembangan Direksi dan keinginannya. Biasanya direktur utama adalah mereka yang juga memiliki saham cukup besar atau ditunjuk langsung. Jadi visi dan misinya akan sama persis dengan direksi.

Orang dalam urutan posisi dalam perusahaan Tugasnya adalah mengatur segala sesuatu yang ada dalam perusahaan secara khusus. Merekalah yang akan merencanakan segala sesuatu yang diinginkan sutradara.

3. Direktur Keuangan

Hal-hal yang berkaitan dengan keuangan akan dikelola sepenuhnya oleh seorang direktur keuangan. Mereka adalah orang-orang yang mengatur keluar masuknya uang dengan kebijakan yang telah ditentukan oleh direksi utama atau direksi.


4. Direktur

Merupakan pentolan para pengelola dan mengelola segala sesuatunya sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Biasanya posisi direktur ini akan membawahi beberapa divisi sesuai dengan kemampuannya.

5. Direktur Personalia

Komposisi jabatan pada perusahaan besar umumnya memiliki manajer personalia. Seseorang pada posisi ini akan bertugas mengelola hal-hal yang berkaitan dengan kepegawaian. Hal-hal mulai dari rekrutmen hingga masalah kepegawaian lainnya seperti gaji akan diatur oleh manajer personalia.

6. Manajer

Seorang manajer biasanya akan mengawasi divisi yang mampu mereka tanggung. Ada beberapa perusahaan yang hanya mempunyai satu manajer, namun di beberapa perusahaan besar terbagi menjadi beberapa bagian. Jadi secara umum mereka adalah atasan dari staf.

7. Manajer Pemasaran

Seorang manajer pemasaran mempunyai kewajiban untuk melakukan promosi terhadap berbagai jenis produk atau jasa. Tugas mereka adalah meningkatkan penjualan suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Manajer pemasaran biasanya memiliki bawahan berupa orang-orang yang bergerak di bidang kreatif. Sehingga para staf akan diarahkan untuk melakukan pemasaran yang tepat dan meningkatkan keuntungan.


8. Manajer Pabrik

Sesuai dengan namanya, tugas seorang manajer pabrik adalah mengatur dan mengawasi kegiatan-kegiatan yang ada di dalam pabrik. Mereka akan mengatur jadwal para pekerja yang ada di sana dan mengatasi masalah atau permasalahan apa pun jika itu terjadi.

Biasanya manajer pabrik akan mengatur semua hal yang ada di dalamnya atau ke bagian yang lebih spesifik. Jadi akan ada beberapa manajer di pabrik tersebut agar fungsi produksi barang bisa berjalan dengan sempurna.

9. Staf

Tingkat posisi di perusahaan berikutnya adalah staf. Jabatan ini sebenarnya merupakan jabatan terendah dalam suatu perusahaan karena orang-orang yang ada disini tidak akan mempunyai kekuasaan apapun. Namun mereka mempunyai peranan yang sangat penting untuk menentukan apakah suatu pekerjaan dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Itu sebabnya chemistry para staf ini sangat sesuai dengan divisi yang digelutinya. Berbagai hal akan mereka lakukan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Selain itu, staf juga memiliki kemungkinan untuk dipromosikan.

10. Administrasi dan Pergudangan

Urutan jabatan di perusahaan ini berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi. Namun suatu perusahaan akan mempunyai banyak administrasi dan pergudangan yang harus dikelola dengan baik.

Mereka akan menangani hal-hal yang berkaitan dengan operasi sehari-hari. Jadi kelangsungan pekerjaan di kantor akan diatur oleh orang yang mempunyai pekerjaan tersebut.


Penutupan

Memahami urutan posisi dalam perusahaan sangat penting bagi semua orang. Jadi, bisa menempatkan diri pada posisi yang baik jika bertemu dengan seseorang yang memiliki posisi tertentu. Selain itu, Rekan Kerja juga bisa mempunyai target agar bisa dipromosikan ke level tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *