Makin Mahir

Hallo Rekan Kerja, tahukah anda salah satu psikotes yang cukup populer dan sering digunakan oleh perusahaan untuk menilai kepribadian seseorang? Selain tes MBTI, tes DiSC merupakan tes kepribadian yang sering digunakan dalam dunia kerja. Tidak hanya pada tahap seleksi kerja, tes DiSC juga dilakukan secara berkala ketika seseorang masih menjadi karyawan di suatu perusahaan.

Pada artikel ini Anda akan menemukan informasi penting tentang Tes DiSC. Simak info lengkapnya sampai selesai ya.


Definisi Tes DiSC

Tes DISC merupakan penilaian diri yang mengukur preferensi seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Tes DiSC dapat menciptakan kesadaran diri untuk memahami diri sendiri dan orang lain. Kuesioner tes DiSC online hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sebanyak 30-40 soal. Di perusahaan lain, bisa juga ada sebanyak 24 pertanyaan dalam waktu sekitar 7 menit.

Saat ini terdapat sekitar 70% perusahaan yang masih menggunakan tes DiSC dalam proses rekrutmen karyawannya, termasuk PT. Bumitekno yang menaungi Platform ID yang Semakin Maju. Tes DiSC merupakan tes psikologi yang paling populer setelah tes MBTI.

Sejarah Tes DiSC

Teori kepribadian DiSC pertama kali diperkenalkan oleh William Moulton Marston dalam bukunya Emosi Orang Normal. Buku tersebut diterbitkan pada tahun 1928. Teori Marston menyatakan bahwa ekspresi perilaku emosional dapat dikelompokkan ke dalam empat jenis kategori utama, yang bersumber dari persepsi diri seseorang dalam kaitannya dengan lingkungannya. Keempat spesies ini diberi label dengan nama Marston dominasi (D), pengaruh (Saya), kemantapan (Pasir Kepatuhan (C). Meskipun Marston adalah orang pertama yang mengemukakan teori DiSC, namun tes DiSC untuk tujuan mengenali kepribadian ini baru dikembangkan oleh Walter V. Clarke pada tahun 1956.

Tujuan Tes DiSC

Penyelenggaraan tes DiSC terhadap calon karyawan yang dilakukan perusahaan ini mempunyai beberapa tujuan tertentu, antara lain:

  1. Mengenal kepribadian lebih dalam, sehingga perusahaan dapat menentukan tindakan yang tepat untuk memotivasi karyawannya dengan baik.
  2. Meningkatkan hubungan kerja melalui pengenalan gaya komunikasi yang tepat bagi setiap pribadi karyawan.
  3. Meningkatkan kerja sama tim (kerja tim) melalui pengajaran konflik produktif di lingkungan kerja.
  4. Meningkatkan keterampilan penjualan dengan baik melalui mengidentifikasi dan merespons gaya layanan pelanggan.
  5. Memahami disposisi dan prioritas rekan-rekan dalam sebuah tim sehingga pengelolaan tim menjadi lebih efektif.

Tipe Kepribadian DiSC

Seperti dilansir dari website DiSC Profile, tipe kepribadian DiSC terdiri dari 4 komponen utama, yaitu:

  1. Ddominasi. Orang dengan kepribadian D cenderung percaya diri dan menekankan pencapaian hasil akhir.
  2. Sayapengaruh. Orang dengan kepribadian i cenderung lebih terbuka dan menekankan hubungan serta mempengaruhi atau membujuk orang lain.
  3. Skemantapan. Orang dengan kepribadian S cenderung dapat diandalkan dan mengutamakan kerja sama dan ketulusan.
  4. CKepatuhan. Orang dengan kepribadian C cenderung menekankan pada kualitas, akurasi, keahlian, dan kompetensi.

Di sini tidak ada kepribadian DiSC yang lebih unggul satu sama lain. Setiap orang menjalani hidup dengan satu jenis DiSC. Dengan begitu, preferensi perilaku seseorang dapat dipahami dan digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain secara lebih efektif.

Bagaimana Melakukan Tes DiSC

Sebelum mengikuti tes DiSC, Anda akan diberikan lembar soal yang harus Anda isi dengan jujur ​​​​sesuai atau paling dekat dengan diri Anda. Dalam mengisi jawaban tes ini, Anda akan diminta untuk memilih (silang kolom P) salah satu dari empat pernyataan yang paling sesuai dengan Anda dan salah satu yang paling tidak sesuai (silang kolom K). Jadi satu nomor soal harus ada dua tanda silang pada baris yang berbeda.

Contoh Tes DiSC

  1. Contoh soal tes excel DiSC:




  2. Contoh pertanyaan DiSC lainnya:



  3. 1

    1. bersemangat (saya)
    2. Sensitif / rasa (C)
    3. Cepat puas (S)
    4. percaya diri (D)
    2

    1. Kesabaran (S)
    2. Berpikir positif (D)
    3. Perencana (C)
    4. Suka memuji/menyanjung (I)
    3

    1. Praktis (D)
    2. Tepat waktu (C)
    3. Pemalu (S)
    4. Spontan (saya)
    4

    1. Rapi (C)
    2. Suka berbicara terus terang (D)
    3. Optimis (Saya)
    4. Sopan/hormat (S)
    5

    1. ramah tamah (S)
    2. jujur ​​(C)
    3. Hati yang kuat/kuat (D)
    4. Suka bercanda (saya)



    Catatan:

    label (D), (I), (S), (C) di atas tidak akan ada pada lembar soal. Label hanyalah contoh penanda bahwa jika memilih kecocokan sifat maka kepribadiannya lebih condong ke tipe tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika yang terpilih paling tidak cocok, maka kepribadian tersebut kurang dominan dalam diri Anda.



Kunci Jawaban Tes DiSC

Keberhasilan lulus tes DiSC terletak pada kualifikasi kepribadian apa yang diperlukan untuk posisi tertentu. Misalnya posisi staf keuangan lebih cocok untuk kepribadian dominan C. Untuk lulus tes DiSC, Anda juga perlu mengetahui contoh soal tes DiSC lengkap dan jawabannya serta cara menilai tes DiSC yang akan dibahas. di artikel berikutnya.

Penutupan

Itulah sedikit tentang tes DiSC yang perlu Anda ketahui. Tes DiSC merupakan tes psikologi yang wajib Anda pelajari karena cukup banyak digunakan oleh perusahaan. Dan siapa tahu saat Anda melamar pekerjaan di perusahaan idaman Anda, Anda akan menjumpai ujian ini.

Jangan lupa untuk mencoba tes kepribadian lain yang paling populer digunakan yaitu MBTI di halaman penilaian ID Makin Mahir, gratis. Anda juga bisa bertanya seputar dunia kerja, cara melamar, membuat CV, tips wawancara lewat Youtube dalam acara Beduk (Review Dunia Kerja) oleh Makin Mahir ID setiap hari Senin pukul 16.00 WIB gratis, daftar disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *