Pelajari Perbedaan MC Dan Moderator Berikut, Agar Tidak Salah

Dalam sebuah acara sering kita jumpai sosok MC dan moderator. Keduanya biasanya digunakan pada acara yang berbeda tergantung konteks acaranya. Sekilas tugas MC dan moderator terlihat sama, namun nyatanya terdapat perbedaan yang mendasar. Berikut ini adalah beberapa perbedaan penting antara MC dan moderator:

1. MC acara

Perbedaan pertama terletak pada jenis acara yang diselenggarakan oleh keduanya. MC biasanya mengerjakan acara yang sifatnya lebih umum. Sebut saja seperti pernikahan, pesta, dan lain sebagainya.

2. Moderator Acara

Sedangkan moderator akan bertugas memandu acara yang sifatnya lebih spesifik. Biasanya moderator akan memandu acara dalam bentuk acara diskusi atau debat yang melibatkan proses tanya jawab.

3. Alur Kerja MC

Sosok MC biasanya akan bekerja dari awal hingga akhir acara. MC akan bertugas memandu acara dari awal sampai akhir baik pembukaan maupun penutupan acara. Bisa dikatakan MC akan memegang kendali penuh atas acara tersebut mulai dari pembukaan hingga penutupan.

4. Alur Kerja Moderator

Sedangkan moderator dapat bekerja secara spesifik pada waktu tertentu. Moderator umumnya akan bertanggung jawab atas sesi acara berupa diskusi atau tanya jawab. Moderator akan menjadi penghubung dalam diskusi.

5. Konten MC

Perbedaan mendasar lainnya antara MC dan moderator adalah konten dalam bekerja. MC biasanya memiliki konten yang tertata rapi. Penataan konten MC biasanya juga lebih sistematis dan MC bisa bekerja sesuai alur tersebut.

6. Moderator Konten

Lain halnya dengan moderator yang kontennya jauh lebih improvisasi. Dalam bekerjanya moderator harus lebih banyak berimprovisasi sesuai dengan diskusi yang dilakukan. Oleh karena itu moderator harus pandai berimprovisasi dan tidak terlalu kaku dalam mengikuti alur konten.

7. Ciri-ciri MC

MC mempunyai ciri-ciri pribadi. Artinya, MC perlu mempunyai daya interaksi yang baik dengan penonton. Hal ini diperlukan agar perhatian penonton dapat tetap terjaga selama acara berlangsung.

8. Karakteristik Moderator

Sedangkan kemampuan berinteraksi dengan penonton tidak begitu penting bagi moderator. Moderator yang lebih penting adalah seseorang yang memiliki pengetahuan luas. Dengan begitu moderator dapat mengikuti alur atau konteks permasalahan yang dibicarakan.

9. Perilaku Diri MC

Dilihat dari penampilannya, sikap MC jauh lebih formal dan tegas. Biasanya penampilan atau potret diri MC juga akan disesuaikan dengan jenis acara yang dibawakan.

10. Diri Moderator

Sedangkan moderator, perilakunya jauh lebih fleksibel sesuai dengan kondisi acara dan peserta yang terlibat. Nantinya moderator harus bisa menghidupkan suasana agar diskusi menjadi lebih menarik untuk diikuti.

Itulah perbedaan antara MC dan moderator. Keduanya mempunyai peranan penting dalam suatu peristiwa tergantung pada konteks peristiwanya. Kelancaran acara juga akan sangat bergantung pada kualitas kerja MC dan moderator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *