Perempuan di Balik GeTI Incubator

Amalia Prabowo

Profil

Amalia Susilowati Prabowo, SMMM lahir di Malang, 1 April 1968. Amalia Prabowo merupakan seorang Creativepreneur Multitalenta. Ibu dua anak ini merupakan sosok perempuan yang memiliki etos kerja dan keinginan berkreasi yang sangat tinggi. Segudang portofolio karir dan prestasi selama belasan tahun mengiringi perjalanan hidup perempuan yang mempunyai hobi membaca ini.

Amalia Prabowo merupakan wujud nyata perempuan multitalenta dan mandiri.

Ia mampu menjelma menjadi wanita karir profesional dengan hasil nyata dan segudang prestasi, serta menjadi ibu yang hangat bagi anak-anaknya, bahkan anak berkebutuhan khusus di Indonesia.

Pendidikan

Wanita berusia 54 tahun ini merupakan lulusan Magister Manajemen dari IPMI International Business School pada tahun 2007. Amalia Prabowo mengambil kursus intensif di Wharton University of Pennsylvania dan University of Sydney. Ia juga merupakan alumni Universitas Gajah Mada dengan mendalami bidang Sosial Politik.

Karier

Amalia Prabowo saat ini dipercaya menduduki jabatan Direktur Eksekutif Gerakan Nasional Global Halal Hub di bawah arahan langsung Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Gerakan ekosistem yang sinergis untuk mempercepat pengembangan produk unggulan UMKM lokal berorientasi halal menuju pasar global. Sinergi kuat ini dibangun untuk mewujudkan Indonesia sebagai eksportir produk halal terbesar dunia pada tahun 2024 dan menghasilkan 1 juta sumber daya manusia unggul yang memiliki kompetensi di bidang E-Commerce Management.

Selain itu, dalam lima tahun terakhir, perempuan mandiri berkacamata ini juga aktif dan kini berperan aktif dalam membangun Export Hub, sebuah holding company yang fokus mendorong produk UMKM Indonesia go global sebagai bagian dari Authorized Global Mitra. Alibaba.com. Peran aktifnya juga telah terurai sekaligus membuktikan bahwa ekspor bukanlah industri yang hanya didominasi oleh laki-laki saja.

Amalia Prabowo saat ini juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif di PT Global Education Talenta Incubator (GeTI Incubator). Lembaga pendidikan resmi yang fokus pada pengembangan kompetensi dan keterampilan SDM Indonesia. Inkubator GeTI juga merupakan salah satu mitra resmi pelaksanaan Program Kartu Prakerja yang digagas langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Sebagai lembaga pendidikan dan platform inkubasi pengembangan kompetensi dan keterampilan, Inkubator GeTI dibawah arahan Amalia Prabowo telah berhasil mendidik 350.000 generasi muda Indonesia untuk menjadi kompeten di bidang Digital Commerce. Ia juga pernah menjadi penggagas berbagai gerakan pemberian beasiswa asesor dan beasiswa sertifikasi sebagai wujud nyata komitmennya di bidang pendidikan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia Indonesia.

Wanita yang mengikuti banyak perkembangan di era ini juga memiliki pengalaman 15 tahun bekerja di perusahaan konsultan pemasaran (advertising agency) berskala internasional yang menangani brand kelas dunia seperti Nestle, Unilever, Coca-Cola, L’Oreal, Dettol, dan lain-lain. Selama lebih dari enam tahun, Amalia Prabowo juga dipercaya menjabat sebagai CEO perusahaan periklanan multinasional asal Perancis yang juga berkantor di Indonesia, dan merupakan perusahaan periklanan terbesar di Eropa.

Aksi sosial

Selain sangat aktif di berbagai bidang perekonomian dan pendidikan, Amalia Prabowo juga dikenal sebagai aktivis sosial yang proaktif dalam berbagai kegiatan sosial. Beliau sangat prihatin terhadap para penderita Disleksia, khususnya dikalangan anak-anak. Peran aktifnya juga memberinya kepercayaan sebagai Chief of Dyslexia Parenting Support Group Jakarta.

Menghadiahkan

Melalui tim konsultan periklanan yang dipimpinnya, perusahaannya telah meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti The Best Advertising Agency – Asia Pasifik, dan The Best Advertising Agency – Indonesia. Pengalamannya yang kaya di dunia kreatif dan periklanan juga membuatnya selalu memberikan sentuhan kreatif dan inovatif pada setiap bidang dan wadah baru yang digeluti.

Berbagai aksi nyata yang digagasnya di bidang sosial pun mengantarkannya dianugerahi penghargaan “Wanita Indonesia Tangguh 2018” oleh Kick Andy dan diundang langsung ke acara di studio Metro TV. Sebuah penghargaan personal yang cukup mengharukan, mengingat berbagai aksi sosial nyata yang dilakukannya, inspirasinya ia dapatkan langsung dari kedua anak kandungnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *