Siapa Sangka, Ternyata Inilah Makna Dan Arti Letting Bagi Prajurit TNI

surat kabar militer – Tentara Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan TNI adalah tentara milik Indonesia.

Dalam sejarah perjalanannya, tentara ini telah mengalami proses pergantian nama hingga akhirnya berganti nama menjadi TNI.

Pada awal pembentukannya, tentara ini mempunyai nama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) hingga akhirnya berganti nama menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tentara Nasional Indonesia atau TNI terdiri dari tiga angkatan atau matra bersenjata yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Instansi TNI dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan setiap angkatan atau angkatan dipimpin oleh seorang Kepala Staf.

Di dalam institusi TNI, TNI menjunjung tinggi sistem senioritas. Entah itu dilihat dari pangkatnya, atau kekuatannya atau yang dikenal dengan istilah Membiarkan.

Hampir semua masyarakat pasti pernah mendengar kata atau istilah membiarkan. Lalu tahukah anda apa itu Letting dan asal kata Letting?

Penjelasan Arti dan Asal Kata Membiarkan

Membiarkan atau membiarkan adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu kelompok militer yang telah menjalani pelatihan atau pendidikan bersama.

Kata leting berasal dari bahasa Belanda yaitu Lichting yang berarti memaksa.

Dalam dunia militer atau TNI Indonesia, kata membiarkan biasanya digunakan untuk menunjukkan tahun dimana suatu kelompok telah menjalani pendidikan.

Misalnya Letak 3116/1 untuk TNI Angkatan Darat, Letak 36/1 untuk TNI Angkatan Laut, dan Letak 70 untuk TNI AU yang sekaligus menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2016.

Istilah Letting di lembaga TNI juga bertujuan untuk meningkatkan persaudaraan dan solidaritas antar sesama prajurit yang telah menyelesaikan pendidikan secara serentak.

Uniknya, setiap generasi juga mempunyai nama membiarkan. seperti let 3116/1 mempunyai nama let yaitu Ganas dan let 39/1 mempunyai nama Megalodone

Tentu saja pemilihan nama tersebut memiliki arti dan makna tersendiri bagi para prajurit tersebut.

Kesimpulannya, di TNI ada kata membiarkan atau bisa juga diartikan persaudaraan. Satu merelakan juga bisa diartikan sebagai sahabat yang merasakan suka dan duka pendidikan secara bersamaan. (Sbp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *