Tahapan Menjadi Ahli Gizi Yang Mungkin Akan Kamu Lalui

Apakah Anda tertarik menjadi ahli gizi? Sebelum menjadi seorang profesional di bidang ini, ada beberapa tahapan menjadi ahli gizi yang harus dilalui. Berikut akan dijelaskan beberapa tahapan seseorang untuk menjadi ahli gizi:

1. Tamat SMA IPA/SMK Kesehatan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih dan menyelesaikan pendidikan SMA jurusan IPA atau jurusan yang berhubungan dengan kesehatan untuk memudahkan Anda masuk ke jurusan gizi.

2. Masuk Jurusan Gizi di PTN/PTS

Setelah tamat SMA wajib masuk jurusan ilmu gizi, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tidak masalah selama Anda belajar dengan giat.

3. Menyelesaikan Masa Perkuliahan

Mempelajari ilmu gizi kesehatan tentu tidak semudah yang dibayangkan. Namun jika ingin mencapai tujuan maka program pendidikan yang telah Anda mulai harus diselesaikan dengan baik.

4. Menyelesaikan Pendidikan D3/S1 Ilmu Gizi

Belajar dengan giat dan tekun adalah kunci utama bagi Anda untuk menyelesaikan pendidikan D3 atau S1 bidang gizi. Dengan menyelesaikan ini Anda selangkah lebih maju untuk mencapai impian Anda.

5. Penyelesaian Pendidikan Pascasarjana

Tahapan menjadi ahli gizi selanjutnya adalah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan pascasarjana setelah menyelesaikan program pendidikan sarjana dari perguruan tinggi. Pendidikan pascasarjana akan membantu Anda meningkatkan pengetahuan Anda tentang kesehatan gizi.

6. Bekerja sebagai Staf Gizi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan setelah lulus kuliah adalah menekuni karir sesuai dengan keahlian yang sudah Anda miliki, yaitu menjadi tenaga gizi di suatu instansi atau tempat lain.

7. Bekerja sebagai Ahli Gizi Rawat Inap

Tahap selanjutnya setelah tenaga gizi adalah menjadi ahli gizi. Anda akan bertanggung jawab untuk meningkatkan status gizi pasien tergantung pada penyakit dan kebutuhannya.

8. Penanggung jawab Pelayanan Asuhan Gizi

Jenjang karir jika bekerja di pusat pelayanan kesehatan akan terus meningkat. Setelah staf dan ahli gizi dirawat di rumah sakit, Anda dapat dipromosikan menjadi penanggung jawab layanan perawatan gizi.

9. Menjadi Wakil Kepala Instalasi Gizi

Bila Anda sudah cukup berpengalaman dan mempunyai kemampuan untuk naik jabatan, ada kemungkinan Anda akan diangkat menjadi wakil kepala instalasi gizi di tempat kerja.

10. Menjadi Kepala Instalasi Gizi

Tahap akhir dari jenjang karir yang bisa menjadi impian adalah menjadi kepala instalasi gizi. Untuk berada di posisi ini tentu tidak mudah, dibutuhkan pengalaman dan mampu memikul tanggung jawab yang besar pula.

Tahapan menjadi ahli gizi memang terlihat tidak mudah, namun jika Anda melewatinya selangkah demi selangkah pasti bisa melewatinya. Mulai sekarang mulailah menapaki tahapan tersebut dari yang paling dasar. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *