Tertarik Bekerja Di Dunia Pendidikan, Ini Pilihan Profesi Bidang Pendidikan

Tertarik bekerja di dunia pendidikan? Ternyata pilihan profesi dalam dunia pendidikan sangatlah banyak. Bidang ini tentunya akan menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk bisa bekerja sekaligus berkontribusi bagi kemajuan pendidikan tanah air. Berikut 10 jenis profesi di bidang pendidikan yang perlu Anda ketahui:

1. Guru

Pilihan profesi pertama yang diketahui jelas berkaitan dengan dunia pendidikan tentu saja adalah guru. Profesi seperti ini sering dijadikan cita-cita banyak orang karena kestabilan selalu dibutuhkan dan perannya begitu mulia.

2. Dosen

Begitu pula dengan guru, hanya saja dosen tersebut menjangkau lembaga pendidikan tinggi yaitu universitas. Profesi ini juga banyak dibidik karena prospek gaji yang besar dan bisa menjanjikan jenjang karir yang mapan.

3. Penulis

Apalagi ada penulis yang juga lekat dengan dunia pendidikan. Khususnya bagi penulis buku pokok bahasan. Penulis kini semakin beragam, tidak hanya penulis buku cetak, tetapi juga penulis artikel, e-book, dan lain sebagainya.

4. Pustakawan

Anda pasti sudah sering mendengar tentang profesi pustakawan. Jenis pekerjaan ini dapat ditemukan di lingkungan akademik. Tugasnya mengelola perpustakaan dan melayani masyarakat yang membutuhkan fasilitas perpustakaan.

5. Pelatih Olahraga

Profesi selanjutnya yang juga erat kaitannya dengan dunia pendidikan adalah pelatih olahraga. Ibarat seorang guru, tugas yang diembannya adalah mendidik dan melatih. Namun bagi pelatih olahraga, ruang lingkupnya adalah pada bidang olahraga yang jenisnya sangat bervariasi.

6. Tutor

Profesi pendidikan berikutnya yang juga menjanjikan adalah bimbingan belajar. Tutor dikenal sebagai tenaga pengajar pada lembaga nonformal. Misalnya saja bagi lembaga bimbingan belajar yang membutuhkan guru untuk materi keilmuan tertentu.

7. Administrasi Pendidikan

Lalu ada juga profesi di bidang administrasi pendidikan. Jenis profesinya sangat beragam, seperti tenaga administrasi atau tata usaha, kepala sekolah, asisten kepala sekolah, dan lain sebagainya.

8. Instruktur

Anda juga pasti sudah tidak asing lagi dengan profesi yang bernama instruktur. Instruktur ini sangat beragam dan biasanya berhubungan dengan jenis keterampilan tertentu. Profesi ini juga sangat erat kaitannya dengan pendidikan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

9. Petugas tempat penitipan anak

Pendidikan memang dimulai sejak usia dini. Sebelum ada guru, ternyata sudah ada tenaga pengajar yang bekerja pada level lebih awal, yakni petugas tempat penitipan anak. Petugas tempat penitipan anak tidak hanya mengasuh balita, namun juga memberikan pendidikan dini bagi anak-anak tersebut.

10. Koordinator Kelas Online

Jenis pekerjaan lain yang juga sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan adalah koordinator kelas online. Profesi ini kini menjadi sangat penting seiring dengan berkembangnya teknologi dan banyaknya program pembelajaran online yang bermunculan.

Itulah tadi 10 jenis profesi di bidang pendidikan yang perlu Anda ketahui. Semua jenis profesi tersebut memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan dapat menjadi pilihan profesi Anda di masa depan. Pastikan kamu memilih profesi yang paling sesuai dengan passion kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *