CARA MEMPERBAIKI MODE AV PADA TV YANG TIDAK BERFUNGSI

FIX AV MODE PADA TV TIDAK BEKERJA

Masalah TV yang paling sering kita temui adalah tidak bisa menampilkan mode AV dan juga tidak bisa menampilkan gambar input padahal kabel input baik-baik saja saat diuji dengan TV lain.

Selain itu, terkadang TV tidak ada mode AV/hilang, serta gambar bergelombang seperti kaset rusak.

Nah, sekarang kita akan membahas secara detail apa alasannya dan apa yang harus kita lakukan.

1. Gambar kejut/gelombang

Sebelum membuka TV, pastikan terlebih dahulu kabel RCA adalah input normal dan coba TV lain. Jika masalah tidak teratasi, coba buka casing TV.

Ini biasanya karena tidak ada tegangan pada ic input video. Ini mungkin karena keterlambatan resistor input hutan av ic.

2. Mode AV ada tetapi tidak berfungsi

Damage tersebut bisa datang dari IC jungler. Cara memastikan Ic jungle corrupt, khusus cari datasheet Ic jungle sebagai input video. Setelah ketemu, coba sentuh pinnya, jika ada getaran di layar berarti ic jungle bagus, tapi jika tidak ada respon sama sekali, bisa dipastikan ic jungle tersebut rusak.

Jika ic jungle dianggap bagus, komponen lain seperti resistor, dioda, elco dll yang terhubung dengan transmisi video bisa saja rusak.

Menurut pengalaman saya, kerusakan tersebut disebabkan oleh elco 0,47uf 35v yang nilainya berubah.

Setelah mengganti Elco 0.47 uf, mode punn av bekerja kembali.

3. Mode Av No

Pada beberapa kasus dengan TV juga sering terjadi mode AV tidak ada, padahal Sermod sudah masuk. Penyebabnya adalah kerusakan memori IC. Biasanya terjadi pada TV Polytron keluaran terakhir.

BACA JUGA   Distributor Susu SGM Langsung dari Pabrik dan Harga Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *