Cara Mengatasi Toner Low Printer Brother

Halo para pembaca. Apakah Anda mengalami masalah dengan printer Brother Anda yang menampilkan pesan “toner hampir habis”? Tenang saja, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah dan efektif.

1. Setel Ulang Kartrid Toner

Salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi masalah “toner rendah” adalah dengan mengatur ulang kartrid toner. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka pintu toner, lalu tekan dan tahan tombol “secure print” selama 5 detik hingga lampu LED berkedip. Setelah itu, tutup kembali pintu toner dan coba cetak dokumennya. Namun kekurangan dari cara ini adalah tidak semua printer Brother mendukung fitur reset toner cartridge.

2. Ganti Kartrid Toner

Jika cara reset toner cartridge tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah mengganti toner cartridge yang kosong dengan yang baru. Pastikan Anda membeli kartrid toner yang sesuai dengan jenis printer Brother Anda untuk menghindari masalah yang lebih besar.

3. Ganti Unit Drum

Jika pesan “toner hampir habis” masih muncul setelah mengganti kartrid toner, masalahnya mungkin ada pada unit drum. Unit drum bertanggung jawab untuk memindahkan toner ke kertas, sehingga jika unit drum rusak atau kotor, hasil cetakan akan buruk. Ganti unit drum yang kosong dengan yang baru untuk mengatasi masalah ini.

4. Bersihkan Unit Drum

Jika unit drum masih dalam kondisi baik, namun hasil pencetakan masih buruk, mungkin unit drum perlu dibersihkan. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka pintu unit drum dan mengelap drum dengan kain lembut. Pastikan drum bersih dari debu dan kotoran sebelum menutup kembali pintu unit drum.

BACA JUGA   Cara Memasang SIM Card Samsung J2 Pro

5. Sesuaikan Pengaturan Cetak

Jika semua cara di atas tidak berhasil, masalahnya mungkin ada pada pengaturan pencetakan di komputer Anda. Coba atur pengaturan cetak ke mode “draft” atau “ekonomi” untuk menghemat toner. Namun kekurangan dari cara ini adalah kualitas cetakannya akan menurun.

6. Perbarui Firmware Pencetak

Terakhir, jika semua cara di atas masih tidak berhasil, coba perbarui firmware printer Brother Anda. Firmware yang kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah printer, termasuk masalah “toner rendah”. Pastikan Anda mendownload firmware yang sesuai untuk jenis printer Brother Anda untuk menghindari masalah yang lebih besar.

Alternatif Lain

Selain cara diatas, ada beberapa alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah “toner rendah” pada printer Brother, yaitu:

  • Menggunakan kartrid toner isi ulang
  • Gunakan kartrid toner dengan kapasitas lebih besar
  • Menggunakan fitur “penghematan toner” pada printer Brother
metode Kelebihan Kekurangan
Setel ulang kartrid toner Mudah untuk dilakukan Hanya berlaku untuk beberapa tipe printer Brother
Ganti kartrid toner Menghasilkan kualitas cetak yang baik Membutuhkan biaya yang cukup mahal
Ganti unit drum Menghasilkan kualitas cetak yang baik Membutuhkan biaya yang cukup mahal
Bersihkan unit drum Mudah untuk dilakukan Tidak selalu efektif
Atur pengaturan pencetakan Hemat toner Kualitas cetak menurun
Pembaruan firmware Atasi masalah yang lebih besar Membutuhkan koneksi internet yang stabil

FAQ

1. Apakah semua printer Brother mempunyai fitur reset kartrid toner?

Tidak, hanya beberapa tipe printer Brother yang memiliki fitur reset kartrid toner. Pastikan Anda membaca manualnya atau mencari informasi lebih lanjut di situs resmi Brother.

2. Apakah kartrid toner isi ulang aman digunakan pada printer Brother?

Tidak selalu. Kartrid toner yang diisi ulang dapat menyebabkan kerusakan pada printer Brother jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan Anda membeli kartrid toner isi ulang dari produsen terpercaya.

BACA JUGA   Makin Mahir

3. Apakah dengan menggunakan fitur “hemat toner” dapat menghasilkan kualitas cetak yang baik?

Tidak selalu. Fitur “penghematan toner” dapat mengakibatkan kualitas cetak yang buruk jika digunakan terlalu sering atau pada dokumen yang memerlukan kualitas cetak tinggi.

Kesimpulan

Dalam mengatasi masalah “toner rendah” pada printer Brother, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu mereset toner cartridge, mengganti toner cartridge, mengganti drum unit, membersihkan drum unit, mengatur pengaturan cetak, dan mengupdate printer Brother. firmware pencetak. Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pilihlah cara yang paling sesuai dengan kondisi printer Brother Anda. Jika semua cara di atas tidak berhasil, segera bawa printer Brother Anda ke teknisi terdekat untuk diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *