Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Samsung Grand Prime Biasa

Apakah Anda pengguna reguler Samsung Grand Prime?

Halo Sahabat Promo Indihome! Apakah Anda pengguna reguler Samsung Grand Prime? Atau sedang mencari cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G di Samsung Grand Prime biasa? Jangan khawatir, Anda berada di artikel yang tepat!

Mengapa Anda Harus Mengubah Jaringan 3G ke 4G?

Seiring berkembangnya teknologi, jaringan 4G menjadi jaringan pilihan para pengguna smartphone. Selain kecepatan internet yang lebih cepat, penggunaan jaringan 4G juga lebih stabil dan tidak mudah terputus seperti jaringan 3G. Oleh karena itu, tak heran jika kini banyak pengguna smartphone yang ingin mengubah jaringan 3G ke 4G.

BACA JUGA   Lowongan Kerja Crew Indomaret Cabang Purwakarta Juni 2023

Cara mengubah jaringan 3G ke 4G di Samsung Grand Prime biasa

Sebelum Anda melakukan langkah berikut ini, pastikan Samsung Grand Prime Anda memiliki jaringan 4G LTE. Untuk memeriksanya, Anda dapat masuk ke pengaturan (Settings) > jaringan seluler (Mobile Networks) > jaringan seluler yang dipilih (Preferred Network Type). Jika Anda menemukan jaringan 4G LTE pada jaringan seluler yang dipilih, berarti Samsung Grand Prime Anda sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Jika Anda sudah memastikan Samsung Grand Prime Anda mendukung jaringan 4G LTE, langkah selanjutnya adalah:

1. Aktifkan Mode Pesawat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Mode Pesawat di Samsung Grand Prime Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol power dan memilih Mode Pesawat pada opsi yang muncul.

2. Menonaktifkan Mode Pesawat

Setelah mengaktifkan Mode Pesawat, Anda harus menonaktifkannya kembali. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol power dan memilih Disable Airplane Mode pada opsi yang muncul.

3. Buka Pengaturan Jaringan Seluler

Setelah menonaktifkan Mode Pesawat, Anda harus masuk ke pengaturan jaringan seluler Anda (Jaringan Seluler). Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Jaringan Seluler.

4. Pilih Jaringan 4G

Pada opsi jaringan seluler yang dipilih (Preferred Network Type), Anda dapat memilih jaringan 4G LTE. Pilih opsi ini dan tunggu hingga jaringan 4G terhubung dengan sempurna.

5. Mulai ulang Samsung Grand Prime

Setelah memilih jaringan 4G LTE, Anda disarankan untuk me-restart Samsung Grand Prime Anda. Caranya hampir sama seperti saat Anda mengaktifkan Airplane Mode pada langkah pertama.

FAQ

1. Mengapa Saya Tidak Dapat Menggunakan Jaringan 4G Bahkan Setelah Mengikuti Langkah-Langkahnya?

Kemungkinan besar Samsung Grand Prime Anda tidak mendukung jaringan 4G LTE. Pastikan Samsung Grand Prime Anda mendukung jaringan 4G LTE sebelum mencoba langkah di atas.

BACA JUGA   Cara Main PS2 di TV Sharp Aquos

2. Apakah langkah diatas berlaku untuk semua tipe smartphone?

Tidak semua tipe smartphone memiliki cara dan langkah yang sama untuk mengubah jaringan 3G ke 4G. Namun, Anda bisa mencoba langkah di atas pada smartphone lain yang mendukung jaringan 4G LTE.

3. Apa keuntungan menggunakan jaringan 4G?

Keuntungan menggunakan jaringan 4G antara lain kecepatan internet yang lebih cepat, penggunaan jaringan yang lebih stabil, serta menghemat waktu dan biaya penggunaan internet.

4. Smartphone Apa Saja yang Mendukung Jaringan 4G LTE?

Beberapa smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE antara lain Samsung Galaxy S21 Ultra, iPhone 12, Xiaomi Redmi Note 10 Pro, dan masih banyak lagi.

5. Apakah Menggunakan Jaringan 4G LTE Bikin Kuota Internet Cepat Habis?

Tidak selamanya. Penggunaan kuota internet tergantung pada penggunaan dan kebutuhan Anda dalam menggunakan internet. Namun menggunakan jaringan 4G LTE juga bisa membantu Anda menghemat kuota internet.

6. Apakah Menggunakan Jaringan 4G LTE Membutuhkan Biaya Lebih Mahal?

Tidak selamanya. Penggunaan jaringan 4G LTE tergantung pada penyedia jaringan yang Anda gunakan dan paket internet yang Anda pilih.

7. Apa saja Penyedia Jaringan yang Menyediakan Jaringan 4G LTE?

Beberapa penyedia jaringan yang menyediakan jaringan 4G LTE antara lain Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Smartfren, dan Three (3).

8. Apakah Smartphone yang Mendukung Jaringan 4G LTE Selalu Dapat Jaringan 4G?

Tidak selamanya. Di beberapa daerah yang belum mendukung jaringan 4G LTE, smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE belum tentu bisa mendapatkan jaringan 4G. Namun jika wilayah Anda sudah mendukung jaringan 4G LTE, maka smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE bisa mendapatkan jaringan 4G.

BACA JUGA   Cara Pasang Bracket TV Samsung 32 Inch

9. Bagaimana Jika Opsi Jaringan 4G Tidak Tersedia di Pengaturan Jaringan Seluler?

Kemungkinan besar smartphone anda belum mendukung jaringan 4G LTE. Namun Anda bisa mencoba mencari informasi dan cara mengubah jaringan 3G ke 4G di smartphone yang Anda gunakan.

10. Bagaimana jika smartphone Anda tidak mendukung jaringan 4G LTE?

Anda tetap bisa menggunakan jaringan 3G atau mencari smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE.

Kesimpulan

Mengubah jaringan 3G menjadi 4G di Samsung Grand Prime biasa tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar. Namun pastikan Samsung Grand Prime Anda mendukung jaringan 4G LTE sebelum mencoba langkah berikut.

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda Sobat PromoIndihome. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman yang membutuhkan!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *