Cara Unlock STB Indihome ZTE B860H

Halo sobat PromoIndihome, kali ini kita akan membahas cara unlock Indihome ZTE B860H STB. Sebagai pengguna Indihome tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat STB yang satu ini. Namun terkadang kita ingin mengakses konten tertentu yang tidak tersedia di layanan Indihome. Nah, untuk bisa mengakses konten tersebut kita perlu melakukan unlock Indihome ZTE B860H STB. Berikut langkah-langkahnya:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses unlock, pastikan kita sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu kabel USB to USB, kabel USB to TTL, dan komputer atau laptop.

2. Buka Kasus STB

Langkah selanjutnya buka casing Indihome ZTE B860H STB. Untuk membuka casingnya kita bisa menggunakan obeng plus dan minus. Setelah dibuka, kita akan menemukan board STB yang kemudian perlu dihubungkan dengan kabel USB ke TTL.

3. Hubungkan kabel USB ke TTL

Setelah membuka casing dan menemukan board STB, selanjutnya kita perlu menghubungkan kabel USB to TTL pada board STB. Hubungkan kabel ke port serial pada board STB yang terletak di bagian bawah.

BACA JUGA   Cara Mudah Mengubah Jaringan 3G menjadi 4G pada Modem Telkomsel Flash

4. Hubungkan Kabel USB ke USB

Setelah kabel USB to TTL tersambung ke board STB, selanjutnya kita perlu menyambungkan kabel USB to USB ke board STB dan komputer atau laptop. Hubungkan kabel USB ke USB ke port USB pada board STB dan port USB pada komputer atau laptop.

5. Buka Aplikasi Terminal

Setelah semua kabel tersambung, selanjutnya kita perlu membuka aplikasi terminal di komputer atau laptop. Bagi pengguna Windows kita bisa menggunakan aplikasi PuTTY, sedangkan bagi pengguna MacOS kita bisa menggunakan aplikasi Terminal.

6. Pengaturan Parameter Seri

Setelah membuka aplikasi terminal, selanjutnya kita perlu mengatur parameter serial di aplikasi tersebut. Parameter yang perlu diatur adalah baud rate (115200), bit data (8), paritas (tidak ada), bit stop (1), dan kontrol aliran (tidak ada).

7. Nyalakan STB

Setelah semua parameter sudah diatur, selanjutnya kita perlu menyalakan STB. Tunggu hingga STB menyala dan masuk ke tampilan menu. Jangan tekan tombol apa pun di STB.

8. Masuk ke Mode Pemulihan

Setelah STB menyala, selanjutnya kita perlu masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol power pada STB selama 10 detik. Setelah itu lepaskan tombol power dan tekan tombol OK pada remote STB.

9. Masuk ke Bootloader

Setelah masuk recovery mode, selanjutnya kita perlu masuk ke bootloader dengan cara menekan tombol power pada STB selama 10 detik. Setelah itu lepaskan tombol power dan tekan tombol OK pada remote STB.

10. Masuk ke Prompt Perintah

Setelah masuk ke bootloader, selanjutnya kita perlu masuk ke command prompt dengan menekan tombol power di STB selama 10 detik. Setelah itu lepaskan tombol power dan tekan tombol OK pada remote STB.

BACA JUGA   Cara Menghidupkan TV Jika Tombol Power Rusak

11. Masukkan Perintah

Setelah masuk ke command prompt, selanjutnya kita perlu memasukkan perintah untuk unlock Indihome ZTE B860H STB. Perintah yang perlu dimasukkan adalah: “fastboot -i 0x19d2 oem unlock-go”. Setelah memasukkan perintah, tekan tombol enter pada keyboard.

12. Proses Buka Kunci Sedang Berjalan

Setelah memasukkan perintah maka proses unlock akan berjalan. Tunggu hingga prosesnya selesai. Jangan putuskan sambungan antara STB dengan komputer atau laptop anda saat proses sedang berjalan.

13. Masuk ke Mode Pemulihan Lagi

Setelah proses unlock selesai, selanjutnya kita perlu masuk ke recovery mode kembali dengan menekan tombol power di STB selama 10 detik. Setelah itu lepaskan tombol power dan tekan tombol OK pada remote STB.

14. Masuk ke Bootloader Lagi

Setelah masuk ke recovery mode, selanjutnya kita perlu masuk lagi ke bootloader dengan cara menekan tombol power di STB selama 10 detik. Setelah itu lepaskan tombol power dan tekan tombol OK pada remote STB.

15. Masuk ke Command Prompt Lagi

Setelah masuk ke bootloader, selanjutnya kita perlu masuk ke command prompt lagi dengan menekan tombol power di STB selama 10 detik. Setelah itu lepaskan tombol power dan tekan tombol OK pada remote STB.

16. Masukkan Perintah Lagi

Setelah masuk lagi ke command prompt, selanjutnya kita perlu memasukkan perintah lain untuk mengaktifkan STB yang sudah unlock. Perintah yang perlu dimasukkan adalah: “fastboot -i 0x19d2 oem lock”. Setelah memasukkan perintah, tekan tombol enter pada keyboard.

17. Proses Aktivasi Berjalan

Setelah memasukkan perintah maka proses aktivasi akan berjalan. Tunggu hingga prosesnya selesai. Jangan putuskan sambungan antara STB dengan komputer atau laptop anda saat proses sedang berjalan.

BACA JUGA   Cara Log In IndiHome TV

18. Tutup casing STB

Setelah proses aktivasi selesai selanjutnya kita perlu menutup case Indihome ZTE B860H STB. Ganti obeng plus dan minus untuk menutup casing.

19. Mulai ulang STB

Setelah casing ditutup, selanjutnya kita perlu me-restart STB dengan cara menekan tombol power pada STB. Tunggu hingga STB menyala dan masuk ke tampilan menu.

20. STB Indihome ZTE B860H Berhasil Dibuka

Setelah proses restart selesai maka Indihome ZTE B860H STB sudah berhasil di unlock. Kita sudah bisa mengakses konten yang tidak tersedia di layanan Indihome. Semoga beruntung!

Kesimpulan

Itulah cara unlock STB Indihome ZTE B860H. Proses ini memang memerlukan beberapa keterampilan teknis, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Jangan lupa berhati-hati saat membuka case STB dan menyambungkan kabel. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *