Gak Ada Ijazah? Berikut Pilihan 10 Contoh Pekerjaan Tanpa Ijazah

Tidak semua orang berkesempatan mendapatkan pendidikan yang baik karena faktor ekonomi, rendahnya minat akademis dan alasan lainnya. Meski begitu, bagi Anda yang mungkin belum memiliki ijazah terakhir atau putus sekolah, tetap berpeluang sukses di masa depan. Asalkan mempunyai niat dan kemauan yang tinggi, kesempatan ini bisa Anda coba untuk contoh pekerjaan tanpa ijazah di Indonesia.

Angka buta huruf di Indonesia mengalami penurunan dari waktu ke waktu, meskipun ada sebagian masyarakat yang tidak tamat sekolah. Sekalipun anda mempunyai ijazah SD atau SMP, bahkan tidak mempunyai ijazah, anda masih mempunyai kesempatan untuk bekerja yang menghasilkan uang. Berikut ini contoh pekerjaan tanpa ijazah yang bisa Anda lakukan:

1. Sopir

Anda bisa mencoba bekerja sebagai sopir angkot, sopir pribadi, atau sopir online yang sedang tren di era modern ini.

2. Sopir taksi

Ojek online tidak memerlukan ijazah asalkan memiliki kendaraan, SIM, dan perangkat seluler yang terkoneksi internet.

3. Pekerja proyek

Menjadi pekerja proyek konstruksi menjadi pilihan bagi Anda yang belum memiliki ijazah. Lagi pula, Anda bisa belajar menjadi kuli, mengetahui teknik-teknik mengerjakan proyek bangunan, dan berkesempatan menjadi tukang bangunan yang terampil di kemudian hari.

4. Teknisi

Untuk menjadi seorang teknisi tidak harus lulus sekolah dengan ijazah, namun bisa belajar pada orang yang lebih ahli, belajar dari internet atau media lainnya. Menjadi teknisi otomotif, teknisi peralatan elektronik dan lain-lain, sah-sah saja.

5. Peternakan

Anda tidak memerlukan ijazah untuk menjadi peternak sukses selama Anda memiliki kemampuan belajar merawat hewan ternak dengan baik.

6. Pertanian

Untuk menjadi petani sukses yang bisa menghasilkan tanaman dengan potensi keuntungan besar, kenapa tidak? Pertanian merupakan sektor penting yang dibutuhkan setiap saat bukan?

BACA JUGA   Cara Menyadap Pembicaraan Telepon Telkomsel Tanpa Aplikasi

7. Menjahit

Membuka usaha menjahit atau bergabung dengan konveksi bisa menjadi pilihan tersendiri bagi pria dan wanita meski tidak memiliki ijazah. Anda hanya perlu mengikuti kursus menjahit agar bisa bekerja grosir atau bergabung di jasa konveksi.

8. Usaha binatu

Tak perlu ijazah asal bisa mencuci dan menyetrika pakaian dengan benar, oke!

9. Toko online

Semua orang sudah melek internet meski putus sekolah, jadi cobalah pekerjaan sebagai reseller atau dropship toko online yang menghasilkan keuntungan besar saat ini.

10. Pembuat Konten

Menjadi seorang konten kreator di aplikasi digital tidak memerlukan ijazah, namun harus memiliki kemampuan mengedit video atau foto yang baik. Anda boleh saja menjadi seleb atau youtuber terkenal, namun pastikan Anda benar-benar memiliki keahlian di bidang tersebut. Konten komedi yang membutuhkan keterampilan, kemampuan akting yang baik, dan tim editing yang berkualitas dapat membantu Anda mencapai kesuksesan.

Tentu saja pendidikan tetap memberikan nilai tersendiri bagi pengembangan karir Anda di masa depan. Ada baiknya Anda melanjutkan pendidikan agar bisa mengubah masa depan dengan pekerjaan yang baik. Contoh pekerjaan tanpa ijazah bisa dilakukan oleh siapa saja, namun bagi anda yang mempunyai wawasan dan bekal yang lebih baik bisa menunjang pekerjaan tersebut agar berkembang lebih profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *