Interview Kerja: 5 Ciri Kamu Gagal!

wawancara

Salah satu tahapan rekrutmen yang dapat menentukan lolos atau tidaknya Anda diterima di suatu perusahaan adalah wawancara. Biasanya hasil wawancara tidak langsung diberitahukan oleh perekrut ketika proses wawancara selesai, namun jika kamu mengalami ciri-ciri tersebut, bisa jadi itu pertanda kamu tidak lolos ke tahap selanjutnya! Lalu apa saja ciri-cirinya?

Pewawancara tidak menanyakan keahlian dan pengalaman kerja Anda

Pertanyaan tentang keterampilan dan pengalaman kerja wajar untuk ditanyakan selama proses ini. Artinya mereka tertarik dengan latar belakang, pengalaman, dan keterampilan Anda.

Jika tidak, bisa jadi itu salah satu ciri kamu gagal. Hal ini biasanya terjadi karena Anda tidak memberikan jawaban yang benar pada pertanyaan awal. Sering-seringlah berlatih wawancara dan persiapkan jawaban terbaik agar Anda dapat menghindari hal ini.

Wawancaranya singkat

Ciri yang kedua adalah jika prosesnya berlangsung singkat. Jika pewawancara merasa kualifikasi Anda tidak sesuai dengan persyaratan posisi tersebut, biasanya mereka tidak akan membahas lebih lanjut tentang keahlian dan pengalaman Anda. Oleh karena itu proses wawancara dapat berlangsung dalam waktu singkat.

Pewawancara tidak menunjukkan minat pada Anda

Tanda ketiga ini paling mudah untuk Anda perhatikan. Ketika pewawancara tidak menunjukkan ketertarikan pada Anda, bisa jadi itu salah satu ciri Anda gagal dalam wawancara. Misalnya saja ketika mereka terlihat tidak bersemangat atau tertarik dengan jawaban yang Anda berikan.

Menanyakan hal-hal yang tidak relevan selama wawancara

Getters, pernahkah Anda ditanyai pertanyaan saat proses wawancara yang tidak ada kaitannya dengan latar belakang atau bahkan posisi yang Anda lamar? Kalau iya, bisa jadi ini salah satu ciri kamu gagal dalam wawancara.

BACA JUGA   Cara TM Telkomsel 2500 | PromoIndihome

Saat proses ini harus berlangsung, pewawancara akan menanyakan segala hal yang dapat membuktikan bahwa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar. Jika tidak, mereka mungkin tidak tertarik merekrut Anda.

Pewawancara tidak memberikan informasi penting terkait posisi yang dilamar

Ciri selanjutnya adalah jika Anda tidak diberikan penjelasan mengenai posisi yang dilamar. Padahal informasi ini tentu penting bagi Anda agar bisa menilai apakah posisi tersebut cocok untuk Anda atau tidak.

Agar lebih siap dalam proses rekrutmen, Anda bisa mengikuti kelas pelatihan dari Inkubator GeTI di sini. Inkubator GeTI sebagai partner resmi Prakerja menyediakan berbagai kelas pelatihan yang dapat Anda pilih sesuai minat Anda. Ayo ikuti kelasnya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *