Kucing Punya 7 Nyawa? Ini Penjelasannya

LIKEIN, PALU – Kemampuan kucing bertahan hidup saat terjatuh dari ketinggian, banyak rumor yang menyebut hewan ini punya tujuh nyawa. Namun berdasarkan penjelasan ilmiah fisika dan faktor biologis mendukung kemampuannya menghindari cedera saat terjatuh.

Kucing bisa bertahan hidup saat terjatuh dari ketinggian bukan karena keajaiban atau memiliki tujuh nyawa.

Likein.id melansir dari channel YouTube Everything Science dengan video bertajuk “Bagaimana Kucing Bertahan Saat Jatuh?” Bahwa dari sudut pandang fisika dan biologi, kucing seharusnya mampu bertahan saat jatuh dari ketinggian.

Menurut video tersebut, dari segi fisika, kucing dapat bertahan hidup saat jatuh dari ketinggian karena kucing memiliki rasio massa : luas permukaan yang sangat rendah, sehingga tidak dapat jatuh dengan cepat, rata-rata kucing rumahan hanya dapat jatuh secepat 26 meter per detik sedangkan manusia hanya bisa jatuh dengan kecepatan 50 m/detik.

Dalam klip tersebut juga disebutkan bahwa dari segi biologi, kucing mampu membalikkan badannya tanpa menyentuh apapun di udara yang disebut dengan “Aerial righting refleks”.

Kucing juga memiliki kaki yang fleksibel dan kuat sehingga mampu menyerap energi benturan saat terjatuh.

“Saat terjatuh, kaki kucing sangat fleksibel dan berotot, dan pada dasarnya berfungsi sebagai peredam kejut,” kata video pada 4:52. (CR6/Fadhila)

BACA JUGA   Video Shooting: Ini 11 Tekniknya yang Wajib Dipelajari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *