Llusan IPA? Berikut Rekomendasi 10 Pekerjaan Lulusan SMA IPA

Di era digital ini, kamu harus mengasah kemampuanmu agar bisa bersaing dengan lulusan lain yang membutuhkan pekerjaan yang sama. Meski lulusan SMA dianggap lebih remeh karena persaingan dengan lulusan perguruan tinggi lebih ketat, namun Anda tetap berpeluang mendapatkan pekerjaan yang minimal mensyaratkan lulusan IPA. Beragamnya pekerjaan bagi lulusan sains sekolah menengah dapat membantu Anda mendapatkan masa depan yang lebih cerah, baik bekerja penuh waktu maupun paruh waktu.

Anda bisa melamar pekerjaan lulusan sains SMA dengan memanfaatkan keterampilan yang ada. Ada apa saja ya? Berikut rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk Anda:

1. Asisten gigi

Anda bisa bekerja sebagai asisten dokter gigi yang membantu menyiapkan peralatan, menata ruang pemeriksaan, menjalankan prosedur sesuai arahan dokter gigi, dan lain sebagainya.

2. Staf pertanian

Ilmu yang dipelajari di sekolah dapat membantu anda yang berprofesi sebagai tenaga pertanian yang membantu proses penanaman dan pengujian hasil pertanian.

3. Operator produksi

Anda bisa menjadi staf operator produksi di pabrik atau industri lainnya.

4. Pegawai BUMN

Lulusan SMA IPA juga bisa melamar pekerjaan menjadi pegawai BUMN, misalnya lulusan SMA baik IPA atau IPS bisa menjadi pramugari atau pramugari maskapai penerbangan atau kereta api Indonesia.

5. ABK

Lulusan IPA SMA juga dapat bekerja sebagai Awak Kapal atau ABK yang bekerja sesuai jurusannya masing-masing. Jenjang karir ABK sangat jelas sehingga tingkat persaingan untuk mendapatkan posisi tersebut cukup ketat. Selain itu, Anda harus bekerja sesuai jangka waktu yang diberikan mulai dari tiga bulan, enam bulan hingga satu tahun.

6. Karyawan pabrik

Anda bisa melamar pekerjaan di pabrik yang memberikan persyaratan pendidikan minimal SMA.

BACA JUGA   Ingin Jadi Prajurit TNI, Berikut Tahapan Tes Jasmani dan Samapta Masuk TNI

7. Pegawai Puskesmas

Anda mempelajari Biologi, Fisika dan Kimia sebagai bekal untuk melamar pekerjaan sebagai pegawai klinik kesehatan.

8. Pramuniaga

Meskipun siswa SMA IPA dikenal memiliki karakter yang lebih pendiam dibandingkan anak IPS yang suka bergaul, Anda juga bisa melamar pekerjaan sebagai sales atau pramusaji. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bekerja paruh waktu di sela-sela studi.

9. Staf keamanan

Lulusan SMA IPA, baik laki-laki maupun perempuan, dapat menjadi petugas keamanan di pertokoan atau perkantoran asalkan memenuhi persyaratan tertentu.

10. TNI/Polri

Lulusan SMA IPA yang memenuhi syarat fisik dan potensi akademik sehingga lolos seleksi penerimaan menjadi pegawai negeri bisa menjadi pilihan terbaik. Pastikan Anda memenuhi seluruh persyaratan yang diberikan sebelum memulai seleksi dan mengikuti pelatihan sesuai ketentuan yang berlaku.

Dari prospek kerja lulusan IPA SMA di atas, Anda bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan karakter dan kemampuan Anda. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion sangatlah penting agar Anda dapat meningkatkan karir dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *