Lulusan SMA? Ini 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMA

SMA merupakan program wajib belajar 12 tahun yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia seiring dengan kemajuan zaman. Di lapangan, semua instansi atau perusahaan menentukan pegawai minimal lulusan SMA untuk mengisi lowongan tertentu. Semakin bonafid suatu perusahaan maka semakin tinggi kualifikasi karyawan yang dibutuhkan. Anda yang baru lulus SMA, bisa memilih referensi kerja yang cocok untuk lulusan SMA ini.

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA di Indonesia

Kalaupun Anda ingin bekerja sambil belajar, Anda bisa mencoba pilihan karier berikut ini:

1. Karyawan pabrik

Rata-rata pabrik besar, apalagi pabrik yang mempunyai jaringan nasional dan internasional, menetapkan lulusan SMA/sederajat sebagai kualifikasi pekerjanya.

2. Karyawan toko

Anda bisa memilih pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA adalah pegawai toko. Saat ini, sebagian besar toko menugaskan lulusan SMA/sederajat yang mampu melayani, menerima pesanan, atau melakukan penghitungan stok dan keuangan lebih baik dibandingkan karyawan lulusan SMP atau di bawahnya.

3. TNI

Anda bisa mendaftar menjadi calon BINTARA TNI AD, AL atau AU sesuai dengan lowongan yang tersedia. Pastikan memenuhi persyaratan lain yang diberikan seperti kesehatan jasmani dan rohani serta siap ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia setelah masa pendidikan selesai.

4. Polisi

Selain bertugas di TNI, Anda juga bisa memilih profesi lain yang Anda minati sebagai anggota polisi. Persyaratan yang diperlukan tentunya harus dipenuhi seperti halnya TNI, kemudian bagi Anda yang lolos seleksi perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai S&K yang berlaku.

5. Penulis

Diperlukan pendidikan yang baik jika ingin menjadi seorang penulis, terlebih lagi perlu melakukan penelitian dalam menulis karya tertentu. Namun, Anda yang baru lulus SMA bisa menjadi penulis di berbagai platform digital asalkan Anda bertanggung jawab atas karyanya. Selain itu, pastikan Anda selalu mengikuti tren dan adaptif terhadap segala perubahan di era digital ini.

BACA JUGA   Tahapan Menjadi Dokter Hewan Yang Mungkin Akan Kamu Lewati

6. Pembuat konten

Anda tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu jika ingin menjadi seorang pembuat konten di berbagai platform digital, namun pastikan Anda menjadi seorang pembuat konten yang berkualitas dan bertanggung jawab.

7. Pramugari/pramugari

Lulusan SMA/sederajat dapat menjadi pramugari atau pramugari pada perusahaan penerbangan di Indonesia. Pendidikan pramugari atau pramugari selama satu tahun setelah SMA bisa menjadi pilihan jika Anda memang ingin mempersiapkan diri untuk lolos seleksi pekerjaan yang memberikan gaji sebesar itu.

8. Petugas Kereta Api

PT. KAI membuka lowongan kerja sebagai pramugari kereta api atau pramugari dengan status pegawai BUMN Indonesia.

9. Pemasaran penjualan

Menjadi sales marketing di berbagai perusahaan ternama, kenapa tidak? Anda yang pandai berkomunikasi bisa mengambil prospek cerah yang menawarkan gaji besar, apalagi bisa memenuhi target penjualan perusahaan.

10. Kasir

Lulusan SMA IPS yang pandai di bidang ekonomi dapat mencoba bekerja sebagai kasir di toko atau tempat jasa lainnya.

Yuk, coba salah satu lowongan kerja yang cocok untuk lulusan SMA di atas! Jika Anda bisa bekerja sambil melanjutkan pendidikan, maka peluang menjadi orang sukses dengan pendidikan dan karir sangat potensial di masa depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *