Makin Mahir

Sebelum melamar langsung ke suatu perusahaan atau instansi, ada baiknya untuk mengetahui contoh amplop lamaran kerja secara lengkap. Contohnya, surat lamaran yang dikirim atau diantar langsung ke lokasi bisa menarik minat perekrut atau HR.


Namun jika bagian amplop lamaran kerja yang dikirim berantakan, HR langsung malas melakukan pemeriksaan. Padahal, meski isi amplopnya sangat menarik, risiko tidak diperiksa sangat tinggi. Jadi, jangan anggap remeh hal sepele seperti ini.

Apa yang Harus Ditulis di Bagian Depan Amplop Lamaran Kerja?

Ada beberapa jenis data yang harus disertakan dalam amplop lamaran kerja. Dengan memasukkan data-data tersebut, maka amplop akan memenuhi standar dan memudahkan proses rekrutmen oleh personel atau HR.

Biasanya di dalam amplop akan tertulis komponen-komponen penting berikut ini:

  1. Identitas Diri Lengkap
  2. Identitas lengkap harus dituliskan dari nama sampai alamat. Penulisan ini diperlukan karena beberapa perusahaan mengirimkan file tawaran pekerjaan atau surat penawaran langsung ke alamatnya

    Selain itu jangan lupa sertakan juga email dan kontak berupa nomor ponsel. Kedua hal ini juga sangat penting karena memudahkan perusahaan untuk menghubungi rekan kerja ketika ada wawancara atau penerimaan.

    Intinya, jangan hanya menuliskan nama lengkap saja. Pasalnya, jumlah orang yang akan diterima di perusahaan tersebut terkadang sangat banyak. Sehingga pemilihan umumnya akan dilakukan lebih spesifik dan mencari orang yang benar-benar cocok.

  3. Kode Jabatan dan Kualifikasi
  4. Jangan lupa masukkan kode posisi yang Anda lamar. Kode posisi biasanya ditempatkan di pojok kanan atas. Pencantuman kode ini sangat penting untuk memudahkan proses seleksi dari penerima file hingga HR.

    Jika di file lowongan kerja tidak ada kode yang ditampilkan. Jelaskan secara spesifik tentang posisi yang ingin Anda lamar. Dengan begitu, proses lamaran pekerjaan bisa lebih mudah dilakukan.

    Jika tidak ada kode dari jabatannya atau tuliskan jabatannya secara lengkap. File yang dikirim dapat langsung dibuang dan tidak ada seleksi. Jadi mau ditanya atau tidak silahkan sertakan kodenya.

  5. Alamat perusahaan
  6. Jangan lupa sertakan alamat perusahaan dan juga nama pihak yang akan Anda tuju. Biasanya bisa langsung menggunakan nama atau bisa juga menuliskan tim rekrutmen atau HRD dari perusahaan.

    Dengan begitu, surat bisa diterima lebih cepat dan jelas. Selain itu juga akan menunjukkan nilai kesopanan dan etika dalam berkirim surat. Penulisan alamat ini sangat penting jika file dikirim melalui pos. Kalau kirim langsung ke perusahaan juga harus disertakan.


Contoh Amplop Lamaran Kerja yang Tepat

  1. Contoh Amplop Lamaran Kerja Tulisan Tangan
  2. Jika ingin serupa menggunakan tulisan tangan, disarankan untuk menuliskannya dengan rapi. Usahakan untuk menulisnya sendiri dan jangan ditulis oleh orang lain karena akan sulit membaca karakternya.

    Contoh Amplop Lamaran Kerja Tulisan Tangan

  3. Contoh Amplop Lamaran Kerja Rumah Sakit
  4. Jika Anda ingin menulis di amplop lamaran kerja rumah sakit, disarankan untuk menuliskan posisi tertentu. Biasanya jumlah pelamar akan sangat banyak sehingga penulisan kode atau jenis jabatan akan memudahkan proses seleksi.

    Contoh Amplop Lamaran Kerja Rumah Sakit

  5. Contoh Amplop Lamaran Kerja Bank
  6. Hampir sama ketika melakukan proses lamaran di rumah sakit. Kode harus dibuat lebih spesifik. Sehingga pada saat melakukan pengarsipan dapat berjalan lebih mudah.

    src=”https://www.suratlamaran.my.id/wp-content/uploads/2021/11/Contoh-Amplop-Lamaran-1.png” alt=”contoh amplop lamaran kerja bank” target=”_blank” rail =”tidak mengikuti”>

  7. Contoh Amplop Lamaran Kerja Guru
  8. Amplop lamaran kerja harus mencantumkan nama lengkap beserta tanda pengenal lainnya. Jadi ketika Anda mendapatkan kualifikasi, Anda dapat dihubungi dengan cepat.

    Contoh Aplikasi Amplop Pekerjaan Guru

  9. Contoh Amplop Lamaran Kerja Melalui Pos
  10. Jika Anda ingin mengirim file lamaran menggunakan kantor pos, disarankan untuk menuliskan alamat perusahaan secara lengkap. Jika tidak ditulis lengkap ada kemungkinan surat lamaran tidak sampai.

    Contoh Amplop Lamaran Kerja Melalui Pos

  11. Contoh Amplop Lamaran Kerja Perawat
  12. Lowongan kerja perawat biasanya jenisnya sangat beragam. Pada amplop yang digunakan untuk melamar, pastikan untuk menuliskan secara spesifik jenis lowongan yang dibuka. Jadi tidak akan ada salah pilih.

    Contoh Amplop Lamaran Kerja Perawat

  13. Contoh Amplop Lamaran Kerja di PT
  14. Selalu ikuti format yang diminta oleh PT atau perusahaan. Terkadang mereka memiliki desain khusus yang perlu diserahkan. Salah satu caranya adalah dengan menuliskan alamat dan identitas di komputer.

    contoh amplop lamaran kerja di pt

    Contoh amplop lamaran kerja yang dibahas di atas bisa menjadi gambaran sebelum memutuskan untuk mengirimkan lamaran. Jadi, disarankan untuk menulisnya dengan hati-hati. Jika perlu, Anda bisa menulis di kertas lain untuk dipelajari terlebih dahulu.

BACA JUGA   Lowongan Kerja Operator PT ATA Internasional Industri Cikarang 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *