Makin Mahir

Mungkin pekerjaan sebagai akuntan bukanlah sesuatu yang glamor. Meski demikian, profesi tersebut tetap menarik banyak perhatian. Jika Anda salah satunya, maka penting untuk memilikinya keahlian akuntansi di CV.


Keterampilan Akuntansi dalam CV yang Penting untuk Dikuasai

Meskipun keterampilan yang dibutuhkan mungkin bergantung pada perusahaan atau instansi, ada beberapa keterampilan umum yang harus dikuasai. Lalu, apa saja keahlian akuntansi tersebut dan bagaimana cara menuliskannya di CV?

  1. Kemampuan analitis
  2. Sebagai seorang akuntan, diperlukan ketelitian yang mumpuni. Anda harus berorientasi pada detail untuk bekerja di bidang ini. Mengingat job desc didalamnya seringkali harus menyaring catatan keuangan yang besar. Oleh karena itu, kemampuan tersebut bisa Anda asah dengan berpikir analitis. Cara mudahnya adalah dengan rajin membaca dan melakukan beberapa kegiatan penjurnalan. Untuk menuliskannya di CV Anda, nyatakan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melihat laporan analitis dengan cermat dan cepat.


  3. Keterampilan Komunikasi Interpersonal
  4. Keterampilan akuntansi di CV Hal penting lainnya adalah keterampilan interpersonal. Mengingat akuntan harus menjelaskan setiap temuannya kepada klien dan rekan kerja. Mengingat tidak sedikit dari mereka yang belum memiliki pemahaman mendalam mengenai konsep keuangan. Agar dapat berkomunikasi dengan baik secara interpersonal, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya tetap tersenyum, bangun kebersamaan, jangan banyak mengeluh, dan tentunya kendalikan emosi dengan baik. Perlu diingat bahwa akuntan berfungsi sebagai penerjemah data dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, salah satu keterampilan yang harus diasah dalam hal ini adalah mengubah data numerik, tabel, dan grafik menjadi informasi yang mudah dipahami. Dalam CV Anda bisa mencantumkan bahwa Anda memiliki kemampuan interpersonal yang baik sehingga menunjang karir di bidang akuntansi.


  5. Berpikir kritis
  6. Sebagai seorang akuntan yang berprofesi, bersiaplah menghadapi berbagai macam ketidaksesuaian dan ketidakakuratan. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dampaknya bisa serius bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk berpikir kritis ketika dihadapkan pada data keuangan berskala besar. Bagaimana cara berpikir kritis? Anda dapat mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang terjadi dan fokus mendengarkan. Anda dapat mencantumkannya di CV Anda bahwa Anda dapat menangani situasi kritis dengan mempertimbangkan setiap variabel dan risiko.


  7. Menguasai Microsoft Excel (Spreadsheet)
  8. Meskipun aktivitas akuntansi saat ini didukung oleh berbagai macam software, namun menguasai spreadsheet sangatlah penting. Ada berbagai macam tugas yang harus diselesaikan di dalamnya sehingga diperlukan keterampilan yang memadai.
    Keterampilan akuntansi di CV hal ini tidak boleh diabaikan karena berkaitan langsung dengan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda dapat melatih keterampilan spreadsheet Google atau Microsoft Excel. Pelajari keterampilan ini sedini mungkin untuk menunjang karir di bidang akuntansi. Kemahiran mengoperasikan Microsoft Excel atau platform khusus akuntansi yang beredar saat ini juga penting untuk dicantumkan dalam CV.








  9. Kredibilitas dan Integritas dalam bekerja
  10. Pada dasarnya pekerjaan apapun memerlukan kepercayaan baik dari diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, bangunlah kredibilitas sebaik mungkin agar orang lain dapat mempercayai Anda. Tak terkecuali profesi akuntansi yang memegang otoritas keuangan penting di perusahaan. Pastikan Anda membangun diri yang kredibel yang nantinya bisa menjadi investasi untuk meraih karir cemerlang.


  11. Memiliki Ketahanan Mental yang Kuat
  12. Seorang akuntan memerlukan sikap mental yang kuat dalam bekerja. Profesi ini tidak selalu merupakan jalur karier yang mudah. Namun, Anda bisa berlatih menempa diri sendiri agar nantinya terbentuk pribadi yang tangguh dan kuat mental.


    Keterampilan akuntansi di CV itu cukup bervariasi dan Anda harus mempraktikkannya sedini mungkin. Apalagi persaingan kerja di bidang ini cukup ketat karena merupakan salah satu profesi yang banyak diminati di berbagai tempat.

BACA JUGA   Lowongan Kerja Operator PT Stanli Trijaya Mandiri September 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *