Makin Mahir

Salah satu psikotes yang sering ditemui dalam seleksi kerja adalah Tes Intelegensi Alpha Army. Tesnya relatif mudah, tidak memerlukan banyak pemikiran, namun batas waktunya sangat singkat. Oleh karena itu, Rekan Kerja perlu memperhatikan masalah konsentrasi ketika mengerjakannya.

Berbeda dengan tes psikologi untuk mengetahui kepribadian, tes alfa tentara hal ini dapat dinilai benar atau salah, tergantung petunjuk dan jawaban dari peserta. Tanpa panjang lebar berikut Kinar akan memberikan contoh dan kunci jawaban army alpha test kepada rekan-rekannya semua.


Apa itu Tes Kecerdasan Alfa Angkatan Darat?

contoh soal tes kecerdasan alpha tentara

Menurut Wikipedia, tes ini pertama kali dilakukan pada tahun 1917 oleh tim yang dikembangkan oleh Robert Yerkes. Awalnya tes ini digunakan dalam proses rekrutmen militer AS selama perang dunia untuk mengevaluasi fungsi intelektual dan emosional tentara. Karena kegunaannya yang pertama untuk keperluan militer makanya tes ini dinamakan Army Alpha.

Tes Kecerdasan Alfa Tentara merupakan tes yang berisi instruksi (perintah) tertentu dari pemberi tes kepada peserta, yang nantinya peserta harus melakukan semua instruksi tersebut pada lembar jawaban yang telah disediakan.

Para peserta biasanya akan mendapat lembar jawaban berupa gambar datar dan angka. Nantinya penguji akan memberikan instruksi tertentu yang harus dilakukan pada lembar jawaban. Petunjuk ini dapat berbeda antara satu tes dengan tes lainnya, jadi jika Anda menghadapi tes ini, perhatikan baik-baik instruksi penguji. Jangan khawatir, biasanya tidak ada perhitungan matematika yang rumit pada tes ini.

BACA JUGA   Makin Mahir

Tujuan Tes Intelijen Alpha Angkatan Darat

Dalam dunia kerja, Army Alpha Test dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta atau calon pegawai dalam memahami perintah. Dan karena setiap soal mempunyai batas waktu yang singkat (sekitar 5 detik per soal), maka tes ini juga bertujuan untuk mengetahui keakuratan dan konsentrasi calon pegawai.

Bagaimana cara melakukannya

Bagaimana cara melakukan tes Army Alpha ini? Sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu memperhatikan petunjuk yang dibacakan oleh penguji dan melakukannya sesuai perintah.

Baca juga:
Jenis-Jenis Psikotes Pekerjaan yang Sering Dijumpai dan Cara Mengerjakannya

Contoh Soal Tes Kecerdasan Alpha Army

Untuk lebih jelasnya apa itu army alpha test dan bagaimana cara melakukannya, langsung saja lihat contoh soal tesnya.

  1. Masalah 1:


  2. contoh 1 tes kecerdasan alpha tentara


    Petunjuk: Tulislah bilangan genap kurang dari 4 pada lingkaran dengan urutan tersebut dan tuliskan huruf “X” pada lingkaran ke-4


    Menjawab:


    jawaban 1 tes kecerdasan alpha tentara


  3. Masalah 2:

  4. contoh 1 tes kecerdasan alpha tentara


    Petunjuk: Jika Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia, maka buatlah tanda “+” pada lingkaran di tengahnya; Jika tidak maka lingkari kata “TIDAK”


    Menjawab:



    jawaban 2 tes kecerdasan alpha tentara


  5. Masalah 3:


  6. contoh 3 tes kecerdasan alpha tentara


    Petunjuk: Tulislah huruf “A” yang terletak di luar persegi, tetapi di dalam lingkaran dan segitiga; Kemudian tuliskan huruf “B” yang terletak di dalam persegi, tetapi di luar lingkaran dan segitiga.


    Menjawab:



    jawaban 3 tes kecerdasan alpha tentara


  7. Masalah 4:


  8. contoh 4 tes kecerdasan alpha tentara


    Petunjuk: Gambarlah garis di bawah huruf yang tepat sebelum huruf “E”, dan buat juga garis melintasi huruf kedua sebelum “M”


    Menjawab:



    jawaban 4 tes kecerdasan alpha tentara





  9. Masalah 5:


  10. contoh 5 tes kecerdasan alpha tentara


    Petunjuk: Perhatikan bahwa gambar dibagi menjadi 5 bagian. Tuliskan angka 6 atau 8 pada 2 bagian yang lebih kecil dan angka antara 1 dan 5 pada bagian yang paling besar


    Menjawab:



    jawaban 5 tes kecerdasan alpha tentara


    Anda dapat melihat contoh tes alpha tentara lainnya di bawah ini:



    contoh soal tes kecerdasan alpha tentara


    Catatan:
    Contoh Soal Tes Army Alpha tiap perusahaan mungkin berbeda dengan contoh di atas. Pencantuman petunjuk soal juga bisa berbeda-beda, tergantung HR atau tim penguji di masing-masing perusahaan.



    Jawaban Tes Kecerdasan Alpha Angkatan Darat


    Untuk 5 contoh soal pada gambar terakhir, berikut kunci jawaban dan penjelasannya.


    Kunci jawaban





    Penjelasan


    1. Gambar kedua, keenam dan ketujuh memuat angka ganjil lebih besar dari 5 yaitu 9, 7 dan 95; sedangkan gambar keempat berisi bilangan genap kurang dari 8 yaitu 4.
    2. Kombinasi huruf vokal dan angka ganjil artinya baik huruf vokal maupun angka ganjil berada dalam satu gambar, oleh karena itu gambar yang memenuhi syarat adalah gambar dengan kombinasi A3 dan 7E.
    3. Kriterianya adalah gambar segitiga dan angkanya kurang dari 8. Maka hanya gambar segitiga yang angkanya 9 saja yang dicoret.
    4. Penjelasannya sama dengan nomor 3, hanya kriterianya saja yang berbeda.
    5. Cukup jelas dan mudah.








    Penutupan


    Setelah menyimak contoh soal tes Intelijen Alfa Angkatan Darat di atas, seharusnya tidak terlalu sulit untuk dilewati. Dan karena tujuan tes ini hanya untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap petunjuk, maka peserta tes sangat dianjurkan untuk mendengarkan baik-baik perintah yang dibacakan oleh penguji, sehingga dapat menjawab dengan benar.


    Jika Anda ingin mencoba tes psikologi lainnya, Anda bisa mampir ke halaman penilaian makinmahir.id. Anda bisa mencoba psikotes ini secara gratis, cukup dengan membuat akun pribadi di makinmahir.id.

BACA JUGA   Makin Mahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *