Mau Kerja Di Pabrik? Ini Syarat Melamar Kerja Di Pabrik Yang Biasanya

Mencari pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Melamar pekerjaan mungkin terdengar mudah secara teori, namun kenyataannya banyak tantangan yang harus dihadapi. Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan di pabrik, yuk simak syarat-syarat melamar pekerjaan di pabrik berikut ini untuk memperlancar usaha anda dalam mendapatkan pekerjaan.

1.CV

Syarat pertama adalah CV atau Curriculum Vitae yang merupakan syarat umum dalam melamar pekerjaan. CV ini merupakan dokumen yang menunjukkan daftar riwayat hidup beserta jenjang karir. Melalui CV, manajemen pabrik dapat mengenal lebih jauh karakter dan kualitas Anda.

2. Copy Ijazah

Kemudian biasanya Anda juga akan diminta untuk menyerahkan copy atau fotokopi ijazah. Biasanya ijazah yang dibutuhkan adalah ijazah pada jenjang pendidikan terakhir yang sesuai dengan persyaratan pabrik. Perhatikan baik-baik apakah ijazah perlu dilegalisir terlebih dahulu atau tidak.

3. Copy Kartu Identitas

Syarat selanjutnya adalah fotokopi kartu identitas atau KTP. Ini juga merupakan persyaratan penting karena akan menjadi bukti identitas yang akan ditinjau oleh produsen. Pastikan salinan KTP ini jelas agar informasi di dalamnya dapat terbaca secara lengkap.

4. SKCK

Syarat melamar pekerjaan di pabrik yang tak kalah penting adalah SKCK. SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK ini merupakan bukti bahwa Anda tidak pernah memiliki catatan kriminal dan merupakan warga negara yang baik.

5. Foto Paspor

Jika Anda melamar pekerjaan di pabrik, Anda juga akan diminta untuk menyerahkan foto paspor. Perhatikan baik-baik berapa banyak foto paspor yang perlu Anda kumpulkan dan berapa ukurannya.

6. Kartu Kuning

Anda juga harus menyiapkan kartu kuning yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kartu kuning ini merupakan dokumen yang sangat dibutuhkan jika ingin melamar pekerjaan. Namun tidak semua pabrik menjadikan dokumen ini sebagai persyaratan.

BACA JUGA   Lowongan Kerja Operator PT Yasunli Abadi Utama Plastik

7. Sertifikat

Biasanya Anda juga akan diminta untuk mengumpulkan sertifikat sebagai bukti pencapaian Anda. Dokumen ini akan menjadi bukti pendukung bahwa Anda memang layak diterima bekerja.

8. Surat lamaran kerja

Syarat yang juga tidak boleh dilewatkan saat Anda melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Surat ini dibuat sendiri oleh pelamar yang ingin mendaftar dan harus disiapkan dalam bahasa resmi.

9. Surat Keterangan Kesehatan

Pihak pabrik juga biasanya akan meminta pendaftar untuk menyerahkan surat keterangan sehat. Surat ini digunakan sebagai bukti bahwa Anda dalam keadaan sehat dan siap bekerja.

10. Surat Pengalaman Kerja

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya maka Anda dapat mengirimkan surat pengalaman kerja. Surat ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi manajemen pabrik mengenai riwayat pekerjaan Anda sebelumnya.

Itulah syarat-syarat melamar pekerjaan di pabrik yang perlu Anda ketahui. Namun perlu diketahui bahwa setiap produsen mungkin memberlakukan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu kondisi apa saja yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *