Mau Sertifikasi? Ini Dia 10 Cara Mendapatkan Sertifikasi Guru

Untuk meningkatkan karir dan meningkatkan pendapatan, guru perlu mengambil sertifikasi. Sertifikasi ini merupakan bagian penting yang akan mengangkat gelar Anda jika Anda bekerja sebagai guru. Berikut ini akan dibahas 10 cara mendapatkan sertifikasi guru yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Aktif dalam Mengajar

Untuk mendapatkan sertifikasi guru, Anda harus aktif mengajar terlebih dahulu. Hanya guru yang aktif mengajar yang bisa mendapatkan sertifikasi. Salah satu syaratnya adalah guru tetap mengajar dalam masa pengangkatan tertentu, baik PNS maupun non-PNS.

2. Simpan Catatan Pengajaran yang Baik

Pastikan Anda menyimpan catatan pengajaran yang baik. Artinya, Anda berperilaku baik sebagai guru dan mempunyai prestasi yang membanggakan. Jangan sampai Anda mencoreng nama baik Anda sebagai guru dan melakukan kesalahan atau pelanggaran.

3. Mendapatkan Mata Pelajaran Kualifikasi

Anda juga harus mengajar mata pelajaran sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang Anda peroleh. Hal ini penting karena hanya guru yang mengajar sesuai kualifikasi pendidikan yang dapat mengikuti program sertifikasi.

4. Memenuhi Persyaratan Umum

Selanjutnya ada beberapa persyaratan umum yang harus Anda penuhi. Pastikan untuk mengetahui detail kondisi umum yang dibutuhkan terlebih dahulu. Misalnya persyaratan usia, kondisi fisik dan mental, serta persyaratan lainnya.

5. Melengkapi Persyaratan Dokumen

Selain persyaratan umum, penting juga untuk melengkapi persyaratan dokumen dan menyerahkannya. Ada beberapa jenis dokumen yang harus disiapkan sebagai syaratnya. Mulai dari ijazah, SK, izin PPG dari pemerintah daerah dan ketua yayasan, SKCK, dan lain sebagainya.

6. Mendaftar ke LPTK

Cara mendapatkan sertifikasi guru yang selanjutnya tentu saja dengan melakukan registrasi atau registrasi. Pendaftaran ini dilakukan di LPTK atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Biasanya ada masa pendaftarannya, pastikan mendaftar pada waktu yang telah disediakan.

BACA JUGA   Cara Registrasi Super Soccer TV

7. Membayar Biaya Pendidikan

Tahap selanjutnya, Anda bisa langsung membayar uang sekolah atau biaya pendidikan PPG. Biayanya Rp7,5 juta hingga Rp9 juta. Jika urusan biaya sudah selesai maka Anda bisa segera mendapatkan pendidikan.

8. Bergabung dengan Program PPG

Segera ikuti program PPG atau Pendidikan Profesi Guru sesuai ketentuan yang berlaku. Program pendidikan ini biasanya berlangsung selama 2 semester saja.

9. Mengikuti Pre-test SimPKB

Bagi guru yang ingin mengikuti PPG pada masa jabatannya dapat mengikuti tes awal SimPKB terlebih dahulu. SimPKB sendiri merupakan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

10. Menyelesaikan Program PPG

Kalau sudah memulai harus diselesaikan. Menyelesaikan program PPG dengan hasil yang optimal. Pastikan untuk melakukan yang terbaik selama mengikuti pendidikan agar hasilnya memuaskan dan sertifikasi dapat diterima.

Begitulah cara mendapatkan sertifikasi guru. Sertifikasi ini sangat penting untuk dimiliki. Guru yang sudah mendapat sertifikasi biasanya lebih sejahtera karena jabatannya juga lebih tinggi dan gaji yang ditawarkan bisa jauh lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *