Mengenal Cosmo the Spacedog Dalam Komik Marvel

Pada tanggal 25 November 2022, para penggemar Marvel kembali disuguhkan dengan jam tangan terbaru The Guardians of the Galaxy Holiday Special. Film pendek tentang kisah Guardians dapat disaksikan secara streaming di Disney+ Hotstar. Dalam cerita ringan yang terinspirasi Natal ini, karakter baru bernama Cosmo the Spacedog muncul. Dalam salah satu adegan film ini terdapat seekor anjing Golden Retreiver. Anjing berpakaian astronot itu tampaknya bisa berkomunikasi dengan Rocket Racoon.

Cosmo di Spesial Liburan Penjaga Galaxy

Sutradara James Gunn sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa Cosmo the Spacedog akan menjadi salah satu karakter penting di dalamnya Penjaga Galaxy Vol. 3. Anjing astronot memulai debutnya di adegan pasca-kredit Guardians of the Galaxy vol.1. Dia tampaknya menjadi bagian dari koleksi The Collector ketika museumnya dihancurkan oleh Power Stone. Kini, untuk pertama kalinya Cosmo ‘berbicara’ di Holiday Special dan diisi suaranya oleh Maria Bakalova (aktris film Borat).

Cosmo the Spacedog memulai debutnya di komik Marvel

Anjing astronot yang memiliki kekuatan telekinesis pertama kali debut di komik Marvel Nova (Vol. 4) #8 yang diterbitkan pada November 2007. Cosmo the Spacedog diciptakan oleh penulis Dan Abnett dan ilustrator Andy Lanning.

Kosmo dan Nova

Dikisahkan, Cosmo (Earth-616) merupakan hewan uji Program Luar Angkasa Soviet (СССР). Pesawat ini diluncurkan ke orbit Bumi sebagai bagian dari percobaan namun pesawat ruang angkasanya keluar dari orbit pada tahun 1960an, dan akhirnya mengirimkannya ke Knowhere. Pada titik tertentu selama pergeseran spasial, sinar kosmik bermutasi ke dalam dirinya, memberinya kekuatan psionik. Setelah itu, ia menjadi Kepala stasiun keamanan planet Knowhere.

Cosmo dalam komik Marvel

Saat skuad Guardians of the Galaxy pertama kali dibentuk, Planet Knowhere direkomendasikan sebagai basis operasi oleh Nova. Cosmo mengizinkan tim untuk menggunakan Knowhere sebagai basis mereka dan membantu mereka bila diperlukan, terutama dengan penggunaan sistem transportasi Continuum Cortex. Cosmo juga mempunyai kekuatan telepati yang cukup kuat. Ia mampu melakukan manipulasi seperti mengendalikan pikiran lawan, melumpuhkan mentalnya hingga menciptakan trik ilusi.

BACA JUGA   Mengenal Gorr, The God Butcher dalam Komik Marvel

Cosmo si Anjing Luar Angkasa di kehidupan nyata

Laika, hewan pertama yang ke luar angkasa

Meskipun Cosmo merupakan karakter fiksi dalam komik Marvel, namun referensi pembuatannya diambil dari kisah nyata. Pada tahun 1957, seekor anjing Moskow bernama Laika menjadi bagian dari program Uni Soviet untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa Sputnik 2. Laika adalah hewan pertama yang mengorbit di luar Bumi. Anjing dengan ras Mongrel ini dianggap sebagai pahlawan yang berjasa dan dijadikan monumen bersejarah di Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *