Mengenal Istilah “Metroidvania” Dalam Dunia Gaming – Subkultur Media

Sebuah istilah yang lahir dari gabungan dua game legendaris

Ada banyak sekali tema dan genre dalam dunia game. Seperti RPG, Fighting, Adventure dan Shooter adalah beberapa nama genre yang sering kita jumpai. Namun pernahkah Club Culture mendengar istilah “Metroidvania”?

Metroidvania merupakan subgenre dari dunia gaming yang tercetus dari gabungan dua game legendaris yaitu Metroid dan Castlevania. Istilah ini digunakan untuk menyebut genre game 2d Side Scroller yang memiliki karakteristik permainan yang sama dengan kedua game tersebut.

Sejarah permainan Metroidvania

Sejarah diawali dengan dirilisnya game dari Nintendo bertajuk Metroid pada bulan Agustus 1986. Game bertema petualangan luar angkasa dengan grafis 8bit. Bercerita tentang federasi galaksi yang mengirimkan Bounty Hunter dalam misi menghancurkan Mother Brain. Biomekanik yang mengendalikan benteng bajak laut luar angkasa. Dalam game ini pemain memainkan karakter Bounty Hunter bernama Samus Aran

perjalanan

Menurut wikipedia, Saat itu Game Metroid meraih popularitas tinggi di kategori genrenya. Belum lama ini muncul game bernama Castlevania pada bulan September 1986. Latar belakangnya sedikit menyeramkan, menceritakan tentang tokoh utama bernama Simon dalam berburu vampir dan monster di kastil terkutuk. Castlevania juga mendapat sambutan yang baik seperti Metroid. Ditambah lagi dengan ciri-ciri permainannya yaitu Penggulung samping 2d.

Ciri-ciri permainan kedua game ini mempunyai peminat yang cukup banyak. Tak sedikit deretan judul game yang bermunculan sejak saat itu, mengadaptasi ciri-ciri tersebut. Seorang pengembang game asal Jepang bernama Koji Igarashi secara tidak sengaja menciptakan nama Metroidvania untuk menggambarkan genre game yang mirip dengan keduanya.

Jenis permainan Metroidvania

Pada dasarnya game berjenis Metroidvania memiliki gameplay klasik non-linier. Dimana pemain dapat melakukan gerakan Double Jump atau menempel pada tembok. Kemudian pemain juga bisa mendapatkan kemampuan untuk menghadapi rintangan di setiap tahapannya. Biasanya selalu ada karakter bos yang menghalangi pemain untuk mendapatkan kemampuan baru tersebut. Sebut saja game stabil Mario Bros yang berjalan ke kanan. Game Metroidvania jauh lebih cocok bagi pemain untuk melewati setiap rintangan yang diberikan. Berikut tiga game modern populer yang masuk dalam kategori Metroidvania:

BACA JUGA   32 Tahun Dragon Ball Z: Mengupas Tenkaichi Budokai yang Terinspirasi Pulau Bali - Subkultur Media

Ksatria Berongga

Ori dan Hutan Buta

Sel Mati

Itulah Budaya Klub seputar istilah Metroidvania. Mungkin ada di antara Anda yang merupakan penggemar subgenre ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *