Mengenal Marvel Ironheart Sang Penerus Iron Man

Publik kembali dihebohkan dengan agenda-agenda besar yang mengisi jadwal film dan serial Marvel Cinematic Universe. Fase 5 dan 6 resmi diumumkan oleh Kevin Feige melalui panel di acara San Diego Comic Con pada 23 Juli 2022. Fase keempat MCU akan ditutup dengan film sekuel Black Panther yang bertajuk Macan Kumbang Hitam: Wakanda Selamanya. Di hari yang sama, Marvel Studios merilis trailer dan memperkenalkan pemeran film tersebut. Kehadiran karakter baru seperti Namor (Tenoch Huerta) akan meramaikan film ini. Karakter baru lainnya adalah Riri Williams yang diperankan oleh Dominique Thorne. Sosok anak jenius di komik Marvel yang merupakan penerus Iron Man dengan kode nama Ironheart.

Seperti apa Ironheart di komik Marvel? Akankah karakter ini memiliki andil besar dalam proyek Marvel Cinematic Universe di masa depan? Selanjutnya saya akan mencoba membedah sedikit asal muasal Ironheart.

Tumbuh dari masa lalu yang tragis

Hati Besi, Komik Marvel

Ironheart adalah karakter Marvel yang diciptakan oleh Brian Michael Bendis dan Mike Deodato. Pertama kali diperkenalkan sebagai Riri Williams di komik Manusia Besi Tak Terkalahkan Marvel (Vol.3) #7 yang terbit pada tahun 2016. Sebelum akhirnya dikenal dengan judul Ironheart pada tahun 2016 Manusia Besi Tak Terkalahkan (Vol.4) #3
pada tahun 2017. Riri Williams dibesarkan di Chicago bersama ibu kandung dan ayah tirinya. Ia belum pernah bertemu dengan ayah kandungnya yang meninggal akibat peristiwa perampokan saat masih dalam kandungan. Riri kecil sulit bergaul dengan anak seusianya. Orang tuanya mencari solusi dengan membawanya menemui terapi profesional. Ternyata orang tuanya baru mengetahui kalau Riri merupakan anak yang sangat jenius.

Riri Williams suka melakukan eksperimennya sendiri di garasinya. Rasa penasarannya membawanya mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan mekanika. Hingga akhirnya Riri bertemu dengan sosok Natalie. Seorang gadis yang kagum dengan kejeniusan Riri. Ia akhirnya memiliki seorang teman yang bisa memahami karakter dan hobinya. Hingga akhirnya kejadian tragis menimpa dirinya. Ketika dia berusia 13 tahun, sebuah acara komunitas yang dihadiri keluarganya ditembak dengan peluru. Ayah tirinya yang melompat saat ingin melindungi dirinya Natalie tewas di tempat. Sayangnya, satu-satunya teman Natalie juga menjadi korban meninggal dunia akibat kejadian tersebut.

BACA JUGA   Mengenal Lebih Jauh Kitab Darkhold di Jagat Marvel

Menyandang nama Ironheart dan menggantikan Iron Man

Hati Besi, Komik Marvel

Beberapa tahun kemudian Riri Williams berhasil masuk MIT. Ia yang memiliki tekad untuk melindungi Chicago, kemudian mencoba membuat baju besinya sendiri seperti Tony Stark. Ia mendapat banyak alat dan perlengkapan tempat ia mengenyam pendidikan. Meski aktivitasnya dianggap ‘ilegal’, Riri tetap berani membuat armor sendiri. Riri Williams juga berhasil membuat Armornya sendiri, dan sering melakukan tes. Namun, pihak Keamanan MIT dan petugas dikejutkan dengan sosok Riri berbaju besi yang beterbangan. Pada akhirnya, dia harus melarikan diri.

Lalu bagaimana Ironheart bisa lahir di semesta Marvel? Saat dia melarikan diri dari petugas, dia bertemu dengan beberapa penjahat yang melarikan diri dengan truk dari New Mexico. Riri akhirnya menabrakkan armornya untuk menghentikan truk. Armornya hancur, dan Riri tidak bisa kembali ke MIT karena perbuatannya. Sekembalinya ke rumah, ibunya khawatir dan tidak ingin Riri memulai hidupnya yang berbahaya. Tak lama setelah perbincangan Riri dan ibunya, sosok Tony Stark datang ke rumah mereka. Tony kagum dengan Riri dan ingin merekrutnya menjadi superhero.

Hati Besi, Komik Marvel

Ia kemudian membantu Tony ketika terjadi konflik Civil War melawan tim Captain Marvel. Di akhir pertarungan, Tony Stark terluka parah bahkan mengalami koma. Selama Iron Man absen, Riri berusaha mengisi peran tersebut. Dengan bantuan AI Tony Stark, Riri menciptakan Armor yang lebih kompatibel, dengan nama kode Ironheart. Riri juga memulai tugasnya sebagai Ironheart selama ketidakhadiran Iron Man. Ia juga bergabung dengan Ms Marvel, Miles Morales, Nova dan membentuk tim The Champions.

Riri Williams dalam film Macan Kumbang Hitam: Wakanda Selamanya

Riri Williams, Studio Marvel

Karakter Marvel Ironheart akan debut di film tersebut Macan Kumbang Hitam: Wakanda Selamanya. Meski mungkin namanya masih belum tentu disebutkan. Namun dalam trailernya, Marvel memperlihatkan Riri Williams menempa besi seperti Tony Stark. Ada juga adegan dimana dia bertemu Shuri di laboratorium susu Wakanda. Kemungkinannya, dia akan menggunakan Vibranium untuk membuat armor Ironheart dan berakting di film tersebut.

BACA JUGA   Mengenal Arti Logo Persinas ASAD

Dengan agenda besar sebuah proyek bernama Kisah Multiverse, mungkin Ironheart akan berperan besar dalam proyek-proyek Marvel Cinematic Universe di masa depan. Mengingat para Avengers yang kehilangan pahlawan berbaju besi seperti Iron Man. Rasanya Ironheart ditakdirkan untuk mengisi peran itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *