Pingin Jadi DOSEN PNS? Berikut Ini 10 Cara Menjadi Dosen PNS

Apakah Anda tertarik bekerja sebagai dosen PNS? Jenis pekerjaan ini memang sangat menggiurkan dengan posisi karir yang stabil dan penghasilan yang memuaskan. Yuk simak cara menjadi dosen PNS berikut ini agar bisa mempersiapkan diri.

1. Memiliki Motivasi

Pertama-tama, mempunyai motivasi untuk menjadi dosen PNS. Profesi ini memang memiliki gengsi yang tinggi, namun untuk mendapatkannya diperlukan kerja keras. Jika tidak mempunyai motivasi yang kuat maka akan sulit mencapainya.

2. Mengambil Pendidikan S2

Untuk menjadi seorang dosen, Anda harus memiliki pendidikan minimal magister atau setingkat S2. Oleh karena itu, setelah lulus sarjana, Anda bisa langsung mengambil program magister linier agar bisa menjadi dosen.

3. Dapatkan Beasiswa

Sebenarnya hal tersebut bukanlah syarat mutlak yang diperlukan agar Anda bisa menjadi seorang dosen. Hanya saja jika bisa mendapatkan beasiswa maka peluang menjadi dosen akan lebih besar. Hal ini disebabkan adanya nilai tambah karena telah mendapatkan beasiswa khususnya beasiswa luar negeri.

4. Bergabunglah dengan Penelitian

Cobalah bergabung dengan proyek penelitian tertentu. Hal ini juga tidak mutlak namun akan menambah nilai yang Anda miliki. Apalagi jika penelitian tersebut merupakan proyek besar dan mempunyai dampak penting.

5. Rekor Banyak Prestasi

Usahakan untuk mencatat prestasi sebanyak-banyaknya selama kuliah. Hal ini juga penting karena akan menjadi nilai tambah ketika Anda mendaftar menjadi dosen. Prestasi menjadi salah satu faktor yang akan diperhatikan, jadi pastikan Anda memilikinya.

6. Rajin Mencari Informasi

Calon dosen PNS harus rajin mencari informasi setiap harinya. Jika memang ini adalah profesi idaman anda maka carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai profesi tersebut. Cari tahu juga seperti apa alurnya agar bisa menjadi dosen PNS.

BACA JUGA   Tri Sukses Generus adalah Fakih dan Faham, Berakhlaqul Karimah serta Mandiri

7. Pencarian Lowongan Dosen

Cara menjadi dosen PNS selanjutnya adalah dengan mencari lowongan dosen terlebih dahulu. Anda harus menjadi dosen terlebih dahulu, baru kemudian bisa mengikuti seleksi PNS untuk mendapatkan profesi tersebut. Pastikan Anda mencari lowongan dosen di universitas yang Anda inginkan.

8. Mengikuti Rekrutmen Dosen

Kemudian Anda dapat mengikuti proses rekrutmen untuk menjadi dosen di universitas pilihan Anda. Pastikan Anda mengikuti rekrutmen dengan benar dan mengikuti semua aturan.

9. Ikuti Seleksi CPNS

Jika Anda sudah berhasil menjadi dosen, Anda bisa langsung mengikuti seleksi CPNS. Ingat, seleksi CPNS cukup sulit karena pesaingnya banyak sekali. Jadi persiapkan dirimu sebaik mungkin dan belajarlah dengan giat.

10. Menjalani Prosedur Pelatihan Dasar PNS

Bagi Anda yang lolos seleksi CPNS, harus mengikuti serangkaian prosedur agar bisa diangkat menjadi PNS sesungguhnya. Ikuti saja prosedur yang harus dijalankan, termasuk salah satunya pelatihan dasar atau lanjutan.

Begitulah cara menjadi dosen PNS. Memang Anda akan menempuh perjalanan jauh, namun pastikan hal tersebut tidak menyurutkan semangat Anda. Tetap semangat menjalani semua proses agar cita-cita menjadi dosen PNS tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *